3 Alasan Bagi Kamu Yang Hobby Masak, Kenapa Harus Ambil Kursus Masak (Food Production)

Pada dasarnya, masak merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang wanita. Biarpun dewasa ini, sudah banyak ditemukan tukang masak adalah para pria. Bahkan, Chef di hotel bintang 5, restoran, kapal pesiar, adalah laki-laki. Lalu, kenapa masak sebenarnya adalah kodrat para wanita? Karena secara filosofi, memasak termasuk kegiatan yang mengekspresikan rasa cinta kepada seseorang, rasa cinta kepada suami dan anak-anaknya.

Kembali kepada bahasan memasak, pada akhirnya wanita mereka harus memaksa dirinya untuk bisa memasak. Memasak memang bisa otodidak, namun juga bisa mengikuti food production course. Apa sih bedanya antara otodidak dengan mengikuti kursus? Berikut Bina Mutu Bangsa coba berikan perbedaan:

  1. Time schedule Otodidak vs Kursus

Memang benar sekali waktu yang dibutuhkan untuk belajar memasak secara otodidak cukup lama, karena kita tidak tahu pasti metode, bahan dan ukuran yang digunakan. Walaupun sudah melihat panduan di Youtube secara detail, namun hasil masakan selalu jauh dari ekspektasi yang diinginkan. Trial and error akan menyita waktu lebih lama. Belum lagi ketika memasak hasilnya gosong, besoknya ketika mencoba lagi, sudah tidak gosong tapi malah keasinan rasanya, setelah itu sudah tidak asin dan tidak gosong, bisa jadi adonannya bantet dan tidak sesuai dengan ekspektasi, sehingga kemudian masih banyak lagi yang harus diperbaiki, sehingga menyita waktu yang lama.

Sementara jika mengikuti kursus, Anda akan dipandu oleh Chef berpengalaman, sehingga dari jenis bahan, ukuran, dan cara memasak, bahkan hasil masakan, Anda tidak akan mengalami kesusahan seperti Anda belajar otodidak. Jenis masakan yang akan Anda pelajari juga tidak monoton, dari local food, Chinese food, hingga Western style.

  1. Biaya Otodidak vs Kursus

Biaya tentu menjadi perbedaan mendasar. Kalau otodidak, Anda hanya belanja, lalu mulai memasak dengan panduan baik dari buku atau Youtube. Sementara jika Anda mengikuti kursus, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk pembelajarannya. Yang tidak kalah penting, Anda harus benar-benar mencari tempat kursus yang baik dan biayanya make sense. Carilah tempat kursus yang biayanya hanya belanja dan jasa memasaknya, karena Anda tidak perlu membeli berbagai pisau dan barang kebutuhan memasak lain untuk dibawa pulang.

  1. Hasil dan Rasa Otodidak vs Kursus

Anda bisa menjamin bahwa kalau otodidak, hasil dan rasa masakan Anda akan langsung lezat sesuai ekspektasi? Tanpa bermaksud mengecilkan semangat Anda, sepertinya point nomor 1 sudah menggambarkan hal itu bisa tercapai setelah Anda mencoba beberapa kali. Sementara jika Anda kursus, jika hasil, rasa serta bentuknya tidak sesuai, silahkan Anda tida usah membayar! Karena, bukan barang aneh lagi kalo belajar kursus masak dapat menghasilkan hasil makanan yang lebih bagus dari segi tampilan maupun dari segi rasa. Apalagi dibimbing langsung oleh instrukur yang berkompeten yang sudah berpengalaman, pernah menjadi chef, maka hasilnya akan sesuai dengan ekspektasi yang kita inginkan seperti membuat makanan khas bintang lima.

So, bagi Anda yang berminat dengan short course Food Production silahkan bergabung dengan Bina Mutu Bangsa, karena banyak keunikan metode dan ilmu yang dapat Anda sadur dan Anda praktekkan. Anda dapat menyusun menu harian untuk hidangan di rumah dengan berbagai jenis masakan (Local Food, Western, Chinese dll), atau Anda bisa berwirausaha membuka makanan dengan rasa dan tampilan bintang 5, tapi harga kaki 5. Di Bina Mutu Bangsa, Anda akan didampingi oleh Chef yang kompeten dan tidak pelit ilmu, Anda bisa bertanya tentang hal apapun tentang dunia perkulineran dengan jawaban yang memuaskan pula.

Hmmm….

Pada akhirnya, hidup memang pilihan. Tidak apple to apple memang kalo kita bandingkan belajar masak sendiri atau ikut kursus. Masing-masing punya plus minusnya. Mau bayar ya kursus, mau gratis ya belajar sendiri. Mau cepet bisa masak yaa kursus, kalo mau santai ya belajar sendiri. Silakan memilih! ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^