3 HAL YANG MENJADI ALASAN PENTINGNYA MEMILIKI ETIKA DALAM DIRI SEORANG CLEANING SERVICES

Cleaning service adalah suatu pekerjaan yang tidak kalah penting bagi suatu perusahaan. Jasa seorang cleaning service terbilang cukup besar. Bagaimana tidak, dengan adanya cleaning service rasanya tempat-tempat seperti rumah sakit, perkantoran, hotel dan lainnya akan selalu bersih serta higienis baik di dalam maupun diluar ruangan.

Bicara mengenai cleaning service, pekerjaan yang memang ditugaskan untuk membersihkan ini rata-rata banyak ditemui saat membersihkan toilet kantor, gedung bioskop, tangga, lantai-lantai ruangan, bahkan lift sekalipun. Semua itu dilakukan agar terciptanya kenyamanan, kebersihan, dan pemandangan yang enak dipandang juga untuk menunjang aktivitas sehari-hari anda. Namun, cleaning service tidak melulu sekadar datang, bersih-bersih, lalu pulang bila jam kerjanya sudah selesai. Ada hal yang lebih penting dari itu, seorang cleaning service haruslah mempunyai etika yang baik.

MENGAPA ETIKA SANGAT PENTING UNTUK DIPERHATIKAN?

Etika adalah hal utama yang harus dimiliki, selain skill tentunya. Seorang cleaning service yang disenangi atasannya, biasanya bukan karena skillnya, tetapi karena etikanya yang baik. Seorang cleaning service harus memperhatikan betapa pentingnya mempunyai etika yang baik. Karena, etika yang baik dari seorang cleaning service berperan besar untuk menjaga nama baik tempat dimana ia bekerja, dihargai oleh orang-orang, dan secara tidak langsung dampak yang timbul yaitu terciptanya kesuksesan perusahaan tersebut. Lalu, apa saja etika yang harus diperhatikan oleh seorang cleaning service, berikut ini beberapa pemaparannya :

1. Etika saat bekerja

Hal utama yang harus diperhatikan oleh seorang cleaning service yaitu etika saat bekerja. seorang cleaning service wajib memprioritaskan prinsip 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) saat bertemu dengan orang-orang dikala sedang bekerja. Etika tersebut dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman dan hangat serta menjaga nama baik perusahaan.

2. Etika saat berkomunikasi

Kemudian ini juga tidak kalah pentingnya dengan yang pertama tadi. seorang cleaning service perlu memperhatikan etika saat berkomunikasi baik kepada atasan maupun rekan kerjanya ataupun klien. dengan adanya etika yang baik dalam berkomunikasi, kerjasama yang dilakukan lebih nyaman. Karena, komunikasi yang terjalin tanpa etika yang baik pula dapat merusak keharmonisan antar personal di tempat kerja. Berikut hal-hal yang perlu diketahui dalam etika saat berkomunikasi :

  • Menjaga nada bicara
  • Menatap lawan bicara saat diajak berbicara
  • Tidak memotong pembicaraan
  • Gunakan bahasa yang sopan dan santun saat berbicara
  • Tidak memotong pembicaraan
  • Hindari pembicaraan yang sifatnya menjelekkan orang lain

3. Etika saat berpakaian

Mungkin inilah sesuatu hal yang rasanya sepele namun ternyata penting. Dalam berpakaian, seorang cleaning service harus memperhatikan etika dalam berpakaian serta mengikuti standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan. Agar seorang cleaning service dapat menjaga citranya serta dapat dikatakan berdedikasi tinggi. Untuk membentuk apa yang dituliskan di atas, Bina Mutu Bangsa hadir untuk memberikan pelatihan dan keterampilan serta mampu menerapkan standar operasional prosedur yang tepat agar cleaning service di kantor anda terbentuk menjadi cleaning service yang professional. Jadi, bagi anda yang membutuhkan pelatihan cleaning services, menghubungi Bina Mutu Bangsa adalah pilihan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by