5 HAL POSITIF BAGI KALIAN YANG BEKERJA DI DUNIA PERHOTELAN

Bagi anda yang baru kuliah di Hotel Management atau SMK dan akan mengambil bidang ini untuk berkarir di dunia perhotelan, mungkin pemikiran umum pertama kali yang terlintas adalah melihat orang-orang yang bekerja di hotel pasti memiliki penampilan yang rapi, wangi, sikap dan perilakunya yang ramah tamah, tempat kerjanya atau hotel sebagai tempat bekerja sangat mewah, brand atau merek dari hotel itu sangat terkenal di dunia, bisa kerja di luar negeri, mendapat gaji yang bisa dibilang wah dan lain sebagainya.

Hal tersebut memang benar-benar terjadi apabila anda memutuskan untuk bekerja di hotel. Lewat tulisan ini mungkin akan menjadi penggambaran untuk anda yaitu 5 hal positif yang bisa anda dapatkan bil berkarir di industri perhotelan. Hmm seperti apa sih? Yuk simak berikut ini.

  1. Jenjang Karir

Jenjang karir sangat menjanjikan di hotel, dan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di luar Indonesia dalam satu brand yang sama. Syaratnya Cuma harus rajin belajar, banyak menyerap ilmu dari atasan, dan pastinya berprestasi.

  • Fasilitas Kesehatan

Pada umumnya di hotel sudah tersedia fasilitas klinik dengan dokternya, buka selama 24 jam. Disediakan untuk para karyawan hotel yang mengalami cidera baik itu ringan maupun berat, biasanya hotel sudah memiliki kerjasama dengan rumah sakit tertentu, dan biaya ditanggung oleh hotel.

  • Seragam

Jika ditempat kerja lain, mungkin tiap hari kita mengenakan seragam yang berbeda-beda, dan seragam tersebut adalah baju kita sendiri yang harus kita siapkan dan kita cuci setelah digunakan. Di hotel, anda tidak perlu khawatir untuk mencuci setelah digunakan, karena hotel sudah menyediakan fasilitas laundry untuk mencuci seragam anda. Biasanya setiap karyawan hotel diberikan 3 set pakaian yang digunakan untuk bekerja.

  • Pelatihan

Tiap bulan training calendar di mading Human Resource Department atau HRD mungkin penuh dengan jenis training baik itu internal maupun eksternal atau mendatangkan ahli dari luar hotel, training tersebut bisa anda pelajari dan anda pilih sesuai dengan keinginan dan minat anda kedepannya nanti. Terlebih, ada juga training berbahasa asing yang berguna untuk anda yang ingin meningkatkan level bahasa anda. Tidak ada yang tahu bila anda mengikuti kursus Bahasa Jepang dan hasilnya sangat memuaskan, bisa jadi anda akan dipindahkan posisinya dari Waitress menjadi GRO atau Sales Marketing yang khusus menangani tamu asal Jepang. Menarik bukan?

  • Pendapatan

Berbicara mengenai pendapatan, apa sih bedanya pendapatan di hotel dengan tempat lain? Pastinya karena di hotel kita tidak hanya mendapatkan service charge, dan tip.

Pastinya untuk beberapa departemen di hotel yang bertemu langsung dengan tamu (front office, restaurant, bar, housekeeping). Termasuk juga meal allowance atau makan gratis satu kali dalam waktu bekerja anda. Lumayan bukan? Anda dapat menghemat uang saku. Sekadar informasi bagi anda, di hotel bintang lima Jakarta, jabatan paling rendah di Housekeeping Department yaitu Housekeeping Attendant yang tugasnya membersihkan kamar dan area hotel, gaji plus service charge di luar tip, bisa mendapatkan sekitar 4-5 juta rupiah/bulan. Bagaimana?

Diluar hal tersebut diatas, masih banyak lagi hal positif lainnya yang bisa anda dapatkan bila anda berkarir di dunia perhotelan. Dan jangan lupa bahwa setiap orang memiliki pengalaman positif yang berbeda-beda saat bekerja di hotel.

Berkaitan dengan hal diatas, bila anda adalah seseorang yang sangat ingin berkarir atau bekerja di industri perhotelan, dan anda ingin belajar mengenai “hal-hal apa saja yang harus dipelajari jika ingin bekerja di perhotelan” datang ke Bina Mutu Bangsa sekarang juga.

Bina Mutu Bangsa memiliki program pendidikan perhotelan 1 tahun (Reguler)

Program kursus perhotelan intensif 1 tahun setara D1 sebagai salah satu program kursus unggulan LKP Bina Mutu Bangsa yang menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang profesional di bidang perhotelan yang berkualitas, bekerja cerdas, menguasai pengetahuan, cakap dalam keterampilan, penguasaan teknologi dan mempunyai networking, serta berkepribadian budaya bangsa agar mampu berkompetisi di era global serta untuk mencetak tenaga terampil siap kerja di bidang perhotelan tingkat ahli pratama yang siap untuk melaksanakan kegiatan operasional back office maupun front office.

Program ini dirancang khusus melayani siapa saja yang ingin cepat berkarya dan bekerja di dunia perhotelan khususnya bagi mereka dari latar belakang pendidikan SMA/SMK sederajat. Skill & knowledge yang akan dipelajari mengenai introduction to hospitality, housekeeping operation, customer service, public area operation, telephone operator, front office operation, Hotel & Administration system, food production, food & beverage service serta mata kuliah lainnya diajarkan melalui teori dan praktek secara langsung.

Durasi belajar untuk program kursus perhotelan intensif 1 tahun setara D1 yaitu 6 bulan belajar teori dan praktek di lembaga dan 6 bulan berikutnya praktek di dunia industri perhotelan / On the Job Training. 

Kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajarannya menggunakan kurikulum yang mengacu pada SKKNI (Standard Kompetensi kerja Nasional Indonesia) dan kurikulum yang dibutuhkan oleh dunia industri perhotelan serta senantiasa diperbaharui mengikuti perkembangan tren Industri Hospitality sekarang.

Program kursus perhotelan intensif 1 tahun setara D1 ini akan dibimbing langsung oleh praktisi yang berpengalaman di bidang perhotelan serta dosen-dosen yang mengajar di universitas negeri dan swasta ternama di Jakarta. sehingga tidak dapat diragukan lagi kualitas pembelajarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by