Bagaimana Bekerja di Industri Hospitality?

Istilah hospitality belum banyak dikenal orang. Secara sederhana, hospitality adalah suatu sikap yang terdapat pada orang-orang yang terlihat tulus memenuhi atas keinginan dan kebutuhan hingga orang itu senang atau dikenal juga dengan pelayanan.

Dewasa ini, semakin disadari bahwa aspek pelayanan semakin memegang peranan penting dalam setiap kegiatan usaha, bukan saja pada kelompok hospitality industry, tetapi juga pada bidang-bidang usaha yang secara tradisional memasarkan produk-produk yang berwujud fisik.

Ada kecenderungan bahwa bidang-bidang usaha yang secara tradisional hanya menawarkan produk yang bersifat fisik saat ini, juga mulai mengemas produk-produknya dengan menambahkan elemen pelayanan secara terpadu untuk semakin memikat dan menarik para pelanggannya.

Contoh perusahaan-perusahaan yang produknya berupa barang fisik seperti: Barang-barang elektronik, arloji, mobil, dan sebagainya, meramu strategi pemasarannya dengan memberikan suatu pelayanan tambahan seperti jaminan/garansi uang kembali jika dalam periode tertentu produknya tidak memuaskan pelanggannya.

Tujuan bisnis dalam hospitality industry adalah menciptakan keuntungan melalui penciptaan dan pemeliharaan kepuasan pelanggan (Kotler, Bowen & Makens, 2006). Pelanggan akan bertahan dan tertarik jika kebutuhan mereka terpenuhi bukan saja atas kebutuhan secara fisik, tetapi juga secara non fisik, antara lain yang menyangkut aspek pelayanan tersebut.

Ternyata, kepuasan pelanggan tersebut akan tercapai ketika penjual memiliki sikap hospitality, sikap melayani orang lain dengan hati. Sikap yang penuh keramahan, senyum, ramah tamah, dan sopan. Pernahkah Anda bertanya kepada diri sendiri, sudahkah Anda melayani pelanggan Anda dengan hati? Lalu, jika terjadi complaint, apa yang akan Anda lakukan untuk menghindari complaint tersebut?

Sementara, apakah hanya dengan pelanggan Anda bersikap ramah? Apakah di lingkungan Anda sekarang — baik kantor, sekolah, kampus, rumah — Anda tidak perlu bersikap ramah? Tentu jawabannya tidak. Manusia akan senang dan merasa dihargai ketika Anda memiliki sikap hospitality dalam diri Anda.

Pada lingkungan Anda sekarang bekerja, Seorang office boy, cleaning service, waitress, driver, security hingga level top management, haruslah saling ramah, saling sapa, saling senyum agar tercipta suasana kerja yang harmonis, tidak saling menyalahkan, bahkan saling membantu, sehingga berdampak baik pada lingkungan Anda bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?