BELAJAR HOTEL MANAGEMENT PENTING UNTUK SUKSESNYA SEBUAH INDUSTRI HOSPITALITY

Manajemen hotel adalah studi dan praktek efektif serta seni untuk menjalankan bisnis hotel, restoran dan bisnis pariwisata lainnya yang berhubungan dengan bidang perjalanan supaya akan lebih lancar, nyaman, dan berkualitas sehingga memenuhi bahkan melebihi harapan konsumen, yang pada tujuannya adalah menghasilkan margin keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan. Tanpa adanya manajemen perhotelan yang efektif, tidak akan ada standar untuk pelayanan di hotel atau agen perjalanan.

Dalam menjalankan sebuah industri dibidang perhotelan, menguasai knowledge atau skill mengenai manajemen perhotelan sangatlah penting. Demi kemajuan hotel itu sendiri, setidaknya ilmu-ilmu dalam manajemen hotel yang melibatkan kombinasi berbagai keterampilan seperti manajemen pemasaran, pengembangan sumber daya manusia, manajemen keuangan, keterampilan hubungan antar manusia, ketangkasan, dan lain-lain perlu dipelajari dengan baik. Hal inilah yang mendasari PT. Krama Yudha Tiga Berlian berkeinginan meningkatkan mutu dan skill di bidang hospitality pada manajemen di sebuah properti yang mereka miliki.

Tidak asing lagi bagi kita mendengar nama PT. Krama Yudha Tiga Berlian. Perusahaan tersebut adalah distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia sejak tahun 1970 dari Mitsubishi Motors Corporation dan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation. Ternyata ada satu hal yang baru kita tahu, yaitu PT. Krama Yudha Tiga Berlian tidak hanya berkecimpung di dunia otomotif saja melainkan juga memiliki sebuah properti di Lombok, Nusa Tenggara Barat berkonsep villa yang bernama Gili Kama.

Bina Mutu Bangsa dalam hal ini dipercaya untuk mengadakan kerjasama pelatihan hospitality short course hotel management dengan PT. Krama Yudha Tiga Berlian agar para pegawai perusahaan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan skill dalam manajemen di villa yang mereka kelola.

Pelatihan hotel management terjadi selama 2 bulan (Januari dan Februari). Dalam mengadakan pelatihan, Bina Mutu Bangsa membaginya menjadi satu kali pertemuan dalam seminggu. Berbagai materi telah mereka terima dari  Organization Chart, Sistem Pelaporan Front Office, Pengendalian Operasional Tata Graha, Analisa Pendapatan dan Pengeluaran, Devirsifikasi Produk dan Harga Paket hingga materi terakhir pelatihan yaitu Konsep Pemasaran. Seluruh materi disebutkan diatas yang  diajarkan langsung oleh tim instruktur Bina Mutu Bangsa disaring dari beberapa kategori seperti Pengantar Hotel, Front Office, Housekeeping, Food and Beverage, dan Pemasaran Hotel.

Tujuan pelatihan ini adalah memberikan bekal pengetahuan tentang produktivitas pelayanan untuk menghadapi perubahan terhadap kebutuhan dan keinginan tamu berorientasi kepada pemenuhan harapan tamu, memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para pegawai sebagai operator dalam menjalankan tugas dengan standard operational procedure di setiap unit kerja pelayanan sesuai tipe hotel, dan memberikan bekal pengetahuan dalam kemampuan pengelolaan dengan menggunakan teknik-teknik manajemen pengelolaan dalam upaya meningkatkan volume penjualan dan mengurangi tingkat kegagalan produksi atau kegagalan dalam pemberian layanan.

Kami Bina Mutu Bangsa bangga karena dapat dipercaya oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Kami berharap, dengan terlaksananya pelatihan ini dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan bekerja secara profesional dari para pegawai Gili Kama yang dinaungi PT. Krama Yudha Tiga Berlian. Semoga dengan apa yang disampaikan oleh Bina Mutu Bangsa dan yang dilakukan PT. Krama Yudha tak ada yang sia-sia dan dapat dilaksanakan oleh pegawai Gili Kama sebaik mungkin hingga seterusnya.

“MENINGKATKAN PADA DASARNYA MERUBAH. MENJADI SEMPURNA ADALAH PERUBAHAN YANG DILAKUKAN BERULANG-ULANG”

Salam hospitality!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by