Gapai Pembangunan Bangsa dengan Pelatihan Kewirausahaan Corporate Social Responsibility

Dalam implementasinya, setiap perusahaan tidak lepas dari yang namanya mencari keuntungan, profit, ataupun menginginkan omzet yang telah ditargetkan. Sah-sah saja, perusahaan mana yang tidak ingin untung? Namun, rasanya belum lengkap jika segi keuntungan semata yang dilirik namun dampak sosialnya tidak dapat dirasakan atau secara spesifik tidak ada tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) dari perusahaan tersebut kepada masyarakat sekitar.

Padahal, tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) dinilai sangat berperan penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat sekitar perusahaan itu. Mengadakan kegiatan tersebut sejatinya akan berdampak dengan banyaknya masyarakat sekitar yang terselamatkan ekonominya dengan mendapatkan pembekalan skill dan pengetahuan mengenai berwirausaha misalnya.

Perusahaan harus sadar, kemajuan bangsa bukan berarti hanya berkutat untuk memperkuat sektor-sektor pembangunan yang digeluti pada bidangnya, tetapi dari hal terkecil dahulu sebagai dasarnya yaitu bagaimana memberdayakan masyarakat sekitar agar mengurangi angka pengangguran, sehingga perbaikan ekonomi masyarakat kecil dapat diatasi. Otomatis, kemajuan bangsa juga turut tercapai atas peran perusahaan yang baik dengan melakukan kegiatan corporate social responsibility.

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep bahwa perusahaan memiliki dan mempunyai berbagai tanggung jawab termasuk kepada semua yang berkepentingan seperti konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan juga lingkungan dalam segala aspek operasional yang melingkupi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Secara singkat, CSR atau kepanjangan dari corporate social responsibility adalah bentuk tanggungjawab sosial perusahaan pada masyarakat dan negara. Perusahaan dituntut untuk tidak hanya memikirkan keuntungan finansial bagi kepentingannya sendiri dan seluruh bagian yang terlibat di dalamnya, tetapi juga kepada masyarakat luar, terutama di lingkungan sekitarnya.

Dalam menjalankan program corporate social responsibility , perusahaan harus mempunyai perencanaan yang jelas dan setiap aktivitasnya harus mendasarkan keputusan yang tidak semata hanya berdampak dalam segi ekonomi (keuntungan atau deviden) semata, namun juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan dari setiap keputusan yang diakibatkan dari keputusan tersebut baik efek jangka pendek maupun jangka panjang.

Beberapa bentuk corporate social responsibility dapat berupa pembangunan fasilitas umum, pelestarian lingkungan, penanganan bencana alam, bantuan kesehatan, bantuan sosial, beasiswa pendidikan, dan juga bantuan pemodalan UMKM.

Dalam konsep corporate social responsibility (CSR) termasuk salah satunya UMKM (Usaha Miko Kecil Menengah) merupakan stakeholders dari Perusahaan sehingga sangat perlu untuk diberdayakan. Dengan memberikan program CSR dalam bentuk edukasi kewirausahaan kepada masyarakat agar dapat berwirausaha mandiri sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi dan membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.

Pelatihan UMKM Bina Mutu Bangsa bersama dengan PT Sasakura Indonesia

Tidak dipungkiri, kemungkinan terdapat beberapa perusahaan yang berencana menggelar kegiatan corporate social responsibility, namun terkendala dengan bentuk tanggung jawab sosial itu sendiri seperti apa nantinya yang akan diberikan, karena perusahaan ingin benar-benar ada perubahan yang signifikan kepada masyarakat dan program tersebut berhasil dijalankan dengan baik serta membawa perubahan yang nyata, jauh dari kata sia-sia.

Untuk itu, Bina Mutu Bangsa memberikan penawaran berupa program pelatihan kewirausahaan corporate social responsibility yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kewirausahaan serta menciptakan wirausahawan yang mandiri dan tangguh. Bentuk pelatihan dirancang secara khusus yang dapat disesuaikan dengan potensi lokal yang ada serta mengacu pada pelatihan soft skill dan hard skill.

Pelatihan kewirausahaan corporate social responsibility perusahaan berupa soft skill yang diberikan untuk merubah mindset untuk menjadi wirausaha yang mandiri dan pelatihan hard skill yang diberikan mengedepankan kemampuan dan keterampilan dalam mencetak sebuah produk yang dapat menjadi produk unggulan dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada.

Kita harus percaya bahwasanya memajukan sebuah bangsa dapat dimulai dari hal-hal yang berasal dari sekitar kita, misalnya perusahaan yang melakukan kegiatan corporate social responsibility. Karena dengan melakukan corporate social responsibility, perusahaan berperan besar menciptakan potensi lokal yang unggul dan sangat menjanjikan.

Buktikan bahwa perusahaan Anda memiliki kontribusi pada masyarakat dengan mengadakan pelatihan corporate social responsibility bersama Bina Mutu Bangsa sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by