Heboh!!! Pentingnya Manner dalam Profesi Seorang Driver.

Pentingnya Manner dalam Profesi Seorang Driver

Review: PT. Semen Padang

 

Memasuki tahun-tahun pengembangan SDM, perusahaan berlomba-lomba meningkatkan kapasitas, kemampuan dan kompetensi para SDM di dalam perusahaan tersebut. Salah satu divisi atau profesi yang dituju oleh perusahaan adalah driver, karena driver dalam sebuah perusahaan adalah bagian yang teramat penting dalam kelancaran operasional sebuah perusahaan.

Anda bisa bayangkan jika:

  1. Tidak ada driver, bagaimana petinggi atau atasan sebuah perusahaan bisa menjalani pekerjaannya dengan baik apabila tidak ada driver? Bagaimana jika ada dokumen yang harus diantar? Bagaimana perusahaan harus memberikan service tambah kepada tamu luar yang akan berkunjung ke perusahaan tersebut?
  2. Ada driver, tetapi mereka tidak mengetahui Standard Operating Procedure bagaimana menjadi driver yang seharusnya? Mereka ada, tetapi mereka tidak tahu bagaimana sopan santun, mereka tidak tahu berpenampilan dan berkomunikasi yang baik?

Apakah perusahaan yang Anda pimpin menginginkan hal itu terjadi? Tentu tidak, bukan? Bina Mutu Bangsa meyakini, Anda sebagai bagian dalam perusahaan, tentu ingin semua SDM yang ada di perusahaan Anda menjadi lebih baik dalam segala hal.

Berprofesi sebagai driver dalam sebuah perusahaan, apalagi perusahaan milik negara, tentu tidak bisa asal-asalan, karena tanggung jawab yang diemban begitu besar. Melayani tamu dari internal (Direksi, VO, Manager maupun staff), dan sesekali membawa tamu dari luar kantor (Kementrian, investor, dll) menjadi tugas bagi para driver tersebut.

Bina Mutu Bangsa bangga menjadi bagian dari kerja sama dengan PT. Semen Padang, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terletak di Indarung, Padang, Sumatera Barat, untuk melatih para driver korporasi yang mereka miliki demi pengembangan knowledge, skill maupun manner mereka.

Pelatihan driver tersebut terjadi selama 2 bulan (November dan Desember), Bina Mutu Bangsa telah melatih 30-an driver mereka yang terbagi dalam 2 batch. Batch 1 terdiri dari 15 orang, dan batch ke-2 terdiri dari 18 orang. Berbagai materi telah mereka terima dari awareness, grooming and greeting, communication skill, safety and defensive driving, hingga pembentukan SOP kepada setiap individu telah kami jalankan.

Bina Mutu Bangsa memiliki harapan bahwa setiap manusia yang berprofesi menjadi driver perusahaan, mengerti betul bahwa pelayanan di dalam keseharian, bukan semata ketika mengendarai mobil, namun bagaimana tata tertib atau aturan dalam mempersiapkan diri sebelum bekerja, ketika sampai di kantor, bagaimana memberikan standard salam kepada tamu, hingga bagaimana prosedur penjemputan tamu ketika menjemput tamu di bandara.

Proses dan cara berkomunikasi para driver tersebut ketika memberikan salam dan menyapa rekan kerja dalam keseharian sampai kepada ketika menghadapi tamu luar yang baru pertama kali bertemu juga tidak kalah penting. Bagaimana melakukan komunikasi verbal dan non-verbal agar mereka menghargai profesi mereka, juga kami sampaikan selama pelatihan.

Mudah-mudahan, tidak ada yang sia-sia bagi apa yang sudah dilakukan bagi Semen Padang. Terima kasih kami ucapkan kepada PT. Semen Padang (Persero), semoga ke depan PT. Semen Padang (Persero) menjadi lebih baik dan membawa perubahan bagi Padang pada khususnya dan bangsa Indonesia. Terima kasih sudah menjadi salah satu perusahaan yang concern akan pengembangan para driver.

Salam hospitality, salam keramah-tamahan, demi mewujudkan Indonesia yang semakin berbudaya, maju dan semakin memiliki kompetensi agar SDM di Indonesia tidak kalah bersaing dengan negara lain, berani menerima tantangan dengan tangan terbuka.

Menjadi ramah tidak sulit, bukan? J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by