Latar Belakang Program Konsultan Hotel & Restoran

Hotel dan Restoran adalah salah satu bentuk perdagangan jasa yang dikelola secara professional dan padat karya , sebagai industri jasa yang baik, tentu apabila Hotel dan Restoran mampu memberikan citra bahwa untuk mendapatkan keuntungan adalah dengan memberikan kepuasan bagi para pelanggannya.

Berkaitan dengan hal itu,maka pengusaha Hotel & Restoran seharusnya dapat memberikan pelayanan maksimal, karena , kekuatan usaha Hotel & Restoran adalah bagaimana pelaku usaha Hotel & Restoran dapat memberikan jasa sesuai atau melebihi harapan para pelanggannya.

Model pelayanan hotel dan Restoran adalah model pelayanan yang merupakan kesatuan tiga unsur yaitu produk (barang/jasa), perilaku dan sikap serta suasana lingkungan, dimana produk adalah bentuk fisik di setiap unsur hotel & restoran, sikap adalah sikap seluruh manajemen , sedangkan suasana adalah atmosfir atas perpaduan dari keduanya serta lingkungan yang nyaman dan kondusif.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut , maka diperlukan pelayanan yang standar dan konsisten di seluruh elemen pelayanan oleh seluruh sumber daya Hotel & Restoran, biasanya pengusaha hotel & restoran menggunakan manajemen dari hotel hotel yang sudah memiliki nama atau franchise , namun konsep seperti ini tentu saja akan berdampak kepada biaya dan kesesuaian antara kehendak pemilik hotel, dengan standard konsep yang di miliki oleh  hotel atau restoran tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut kami sebagai hotel consultan yang telah berpengalaman dalam bidang perhotelan memberikan solusi kepada pengusaha hotel untuk dapat mengoperasionalkan hotelnya dengan standard pengelolaan sesuai dengan konsep sumber daya yang dimiliki .

 

Tujuan Program Konsultan hotel & Restoran

  • Membantu owner (pemilik hotel/restoran) dalam melakukan persiapan pengelolaan penyelenggaraan hotel & restoran dengan BMB sebagai pelaksana pengelolaan persiapan.
  • Membantu menentukan konsep hotel / restoran, standar SDM (sumber Daya Manusia) dan standar pengelolaan hotel / restoran sesuai dengan keinginan owner (pemilik hotel / restoran).
  • Meningkatkan kemampuan pengelolaan, melaksanakan dan memimpin dengan mempergunakan teknik-teknik manajemen pengelolaan hotel & restoran yang baik untuk mengurangi tingkat kegagalan produksi (kesalahan dalam pemberian pelayanan kepada tamu).
  • Membantu owner mendapatkan profit yang lebih besar, karena profit yang didapat seluruhnya dari pengelolaan hotel / restoran bisa dimiliki dan diambil oleh owner  tanpa harus membagi keuntungan dengan pihak Hotel / Restoran franchise.