Office Boy, Profesi Yang Diremehkan Tapi Penting Bagi Perusahaan

APA ITU OFFICE BOY

Jika kita mendengar kata office boy apa yang anda pikirkan pertama kali? Yap, gambaran anda pasti seorang karyawan yang tugasnya membantu membersihkan ini itu dikantor. office boy atau disingkat OB yaitu karyawan pesuruh yang mempunyai banyak tugas rutin. mulai dari menyapu lantai, membersihkan sampah-sampah, melayani permintaan fotokopi, merapikan meja kursi, menghidangkan makanan dan minuman dan sebagainya.

Tak ayal, mereka juga mempunyai tugas yang sifatnya kondisional yaitu dimintai pertolongan oleh sekian banyak karyawan untuk berbagai keperluan terkait dengan urusan kantor. Bahkan, untuk urusan yang tidak ada sangkut pautnya dengan kantor sekalipun. Didalam sistem kerjanya terdapat OB yang standby 24 jam, namun ada juga model rotasi shift kerja.

SEBAGIAN ORANG MENGANGGAP REMEH OFFICE BOY SEBAGAI PEKERJAAN RENDAHAN

Pada kenyataannya, masih banyak orang yang mempunyai stigma bahwa pekerjaan menjadi office boy adalah pekerjaan rendahan, pekerjaan level bawah, tidak jauh berbeda dengan pembantu rumah tangga namun hanya saja office boy kerja dilingkungan kantor sedangkan PRT kerja di rumah. Pekerjaan seperti itu mereka anggap sebelah mata dan gengsi untuk bergaul dengan seorang office boy.

PENTINGNYA SEORANG OFFICE BOY DALAM RANAH PEKERJAAN

Tapi tahukah anda apa sih jadinya jika tidak ada seorang office boy dalam kantor? Mungkin inilah alasan untuk anda pahami khusunya bagi orang-orang yang masih menganggap remeh pekerjaan ini. Saat memasuki kantor, kita sudah disuguhi dengan pemandangan lingkungan kerja yang bersih, meja tertata rapi, lantai sudah disapu dan dipel, gelas-gelas kotor pun sudah siap untuk digunakan kembali, di meja anda sudah dihidangkan makanan dan minuman. Semua itu tidak lepas dari peran seorang office boy.

Tatkala seorang office boy tidak masuk kerja dengan alasan tertentu rasanya kondisi dalam lingkungan kerja tak senyaman dengan yang disebutkan tadi diatas. Coba bayangkan ketika anda masuk kerja, anda melihat lingkungan kerja yang tidak bersih dan anda pun merasa risih, bukan begitu ? Ketika anda terbiasa meminta pertolongan kepada seorang office boy untuk memfotokopi, ataupun hal-hal yang menyangkut urusan kantor namun office boy tidak ada, tentu anda merasa sulit sendiri. Mau minta tolong kepada rekan kerja pun rasanya tidak mungkin karena mereka tentu mempunyai urusannya masing-masing. Dalam kondisi sedemikian rupa anda pasti bercermin bahwa inilah kami, penghuni kantor yang tak acuh akan lingkungan kantor. Jika seperti ini anda akan merasa sadar bahwa betapa pentingnya peran dari seorang office boy. Pekerjaan menjadi office boy  juga sangat mempengaruhi keberhasilan suatu kantor.Walaupun sebagian orang menganggap pekerjaan yang dilakukan seorang office boy adalah pekerjaan yang tidak penting.

Seorang office boy dapat membantu setiap karyawan untuk membantu memberikan surat kepada setiap karyawan. Setiap karyawan akan bekerja dengan baik jika ruangan bersih, pekerjaan juga akan cepat dikerjakan jika suasana kantor menyenangkan. Jika ada tamu yang berkunjung ke kantor, office boy dapat menyuguhkan minuman untuk tamu tersebut.Intinya, pekerjaan sederhana ini dapat dikatakan penting juga untuk menunjang keberhasilan suatu kantor. Tak bisa dianggap remeh kan?

Bina Mutu Bangsa hadir memberikan solusi yang dikemas dalam rangkaian paket pelatihan office boy. Pelatihan office boy bertujuan untuk meningkatkan kompetensi (knowledge, skill & attitude) dalam pelayanan makan dan minum . Selain itu bina mutu juga menanamkan pemahaman bahwa seorang office boy adalah profesi terhormat because “We are a gentlemen to serve gentlemen”.

So.. office boy anda akan melayani anda, direksi anda serta tamu kehormatan anda layaknya perjamuan mewah dengan pelayanan standar internasional .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by