Pelatihan Manajemen Pengelolaan Hotel The Arsy Syariah Guesthouse

Semakin berkembangnya aktifitas yang dilakukan masyarakat modern sekarang ini pasti akan membuat mereka mencoba melakukan peningkatan hidup baik dari segi individu maupun bisnis. Banyak orang yang telah membuka perusahaan mereka sendiri guna mendapatkan peluang dan profit demi mengubah sektor finansial mereka.

Tetapi kadang kekecewaan bisa menyelimuti mereka, apa yang mereka harapkan untuk mendapat hasil yang baik malah berujung kegagalan. Banyak hal-hal yang membuat suatu perusahaan mengalami kerugian, target yang ingin dicapai tak sesuai dengan harapan hingga yang paling buruk perusahaan yang mereka jalankan mengalami collapse.

Lalu bagaimana di masa sekarang, dimana industri telah menerapkan revolusi industri 4.0? Perusahaan dimana pun saat ini diwajibkan untuk menerapkan industri 4.0. Bukan wajib dalam artian karena perintah suatu aturan namun dimana mereka ingin nama perusahaan serta produknya semakin dikenal banyak orang, maka siapapun yang bermain dalam perusahaan wajib “jemput bola” yaitu dengan menerapkan industri 4.0. Apa artian sebenarnya industri 4.0?

Industri 4.0 secara sederhananya yaitu pemanfaatan teknologi digital bagi sebuah entitas bisnis. Sebuah badan usaha seperti perhotelan sampai restoran pun melakukan sebuah kolaborasi dengan platform-platform, dengan marketplace, kemudian startup terkemuka agar mudah memperkenalkan produknya ke masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh The Arsy Syariah Guesthouse. Penginapan yang berbasis di kota Tasikmalaya ini mengadakan kerjasama pelatihan dengan Bina Mutu Bangsa dalam training manajemen pengelolaan dan marketing.

Training yang dijalankan pada tanggal 5-8 Juni 2020 terdiri atas beberapa fokus seperti yang pertama yaitu memberikan pelatihan kepada The Arsy bagaimana menghitung potensi kamar yang dapat terjual. The Arsy memiliki 24 kamar, dan upaya apa yang dapat dijalankan agar jumlah kamar tersebut dapat terjual. Strategi itulah yang kami ajarkan atau sampaikan dalam training tersebut.

Kemudian, memberikan arahan kepada The Arsy bagaimana menentukan paket harga bagi tamu yang long stay di hotel tersebut. Pastinya paket-paket “harga spesial” ataupun promo tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang akan menginap dengan jangka waktu yang lama.

Lalu berikutnya, hal yang paling penting berikutnya adalah memberikan pelatihan kepada The Arsy bagaimana mengelola manajemen keuangan. Manajemen keuangan sendiri memiliki banyak peran penting dalam kelancaran urusan bisnis seperti alokasi dana, peluang investasi, menjaga atau melindungi dana, keputusan keuangan, dan perencanaan keuangan.

Setelah itu belajar untuk memasarkan produk olahan makanannya yang mana berkaitan dengan FnB Product. Berapakah harga yang akan dipatok apabila mereka juga menawarkan menu-menu makanan untuk breakfast yang tercantum sekaligus dengan harga kamar. Hal ini sangat perlu dipelajari terlebih guesthouse mereka kelak dipiih menjadi tempat acara yang membutuhkan jamuan makan.    

Dan yang tak ketinggalan pemanfaatan teknologi untuk terciptanya industri 4.0 seperti kolaborasi dengan platform-platform, pengenalan google bussiness yang akan berfungsi mempermudah calon klien mengetahui informasi bisnis seperti nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat e-mail, jam operasional, nama website resmi perusahaan, foto kantor, hingga review klien.

Tak lupa juga, kegiatan pelatihan yang dijalankan memprioritaskan protokol kesehatan seperi menggunakan face shield, mencuci tangan agar bersih untuk memulai suatu kegiatan, menggunakan hand sanitizer, dan menggunakan masker untuk kenyamanan, keamanan dan kelancaran para peserta,  instruktur dan berbagai pihak yang mengikuti pelatihan ini.

Terima kasih pada The Arsy Syariah Guesthouse yang telah mempercayakan kepada Bina Mutu Bangsa untuk mengadakan training manajemen pengelolaan dan marketing. Semoga apa yang telah dilakukan oleh The Arsy Syariah Guesthouse tak ada yang sia-sia dan sangat bermanfaat.

Komentar ditutup.

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by