Pelatihan Office Boy Untuk Perusahaan Anda

Tingkat pelayanan dari suatu perusahaan menjadi kesan pertama sebagai tolak ukur keseluruhan service dan manajemen yang akan berdampak kepada citra baik perusahaan tersebut. Pelayanan dengan tata cara yang baik kepada karyawan internal perusahaan, atasan ataupun tamu eksternal akan mampu meningkatkan kinerja karyawan ataupun kesan terhadap tamu yang datang ke perusahaan tersebut. Oleh karena itu untuk mewujudkan hal tersebut di dalam perusahaan dibutuhkan pelayan (office boy) yang terampil dalam bersikap, tata krama dan skill yang memadai.

Tidak sedikit orang yang berstigma pekerjaan mereka adalah pekerjaan level bawah, tidak jauh berbeda dengan pembantu rumah tangga, hanya saja OB kerja di kantoran dan PRT kerjanya di rumah. Karena mayoritas OB adalah kaum lelaki dan area kerjanya berada di lingkungan kantor, maka kalau toh ada perlakuan yang tidak baik yang sering terjadi kepada OB tidak sampai berupa tindakan fisik seperti halnya kasus-kasus penganiyaan yang terjadi pada pembantu rumah tangga, namun cenderung tindakan sewenang-wenang atau perbuatan tidak menyenangkan dalam bentuk verbal, seperti umpatan dan caci-maki.

Office boy adalah sebuah pekerjaan mulia dan termasuk salah satu bagian dari tulang punggung aktifitas kegiatan perkantoran, Secara umum tugas seorang office boy terbagi dalam tiga jenis pekerjaan, yakni tugas rutin, tugas berkala dan tugas insidental dengan rincian sebagai berikut:

Pertama adalah tugas rutin yang meliputi membersihkan dan merapikan ruangan dan perlengkapan kantor serta melayani permintaan untuk keperluan karyawan, Kedua adalah tugas rutin berkala yang meliputi membersihkan kaca ruang kerja yang dilakukan dua kali seminggu serta menyiram dan merawat tanaman yang dilakukan dua kali seminggu, Ketiga adalah tugas insidental yang meliputi penyediaan minuman/makanan serta melayani keperluan tamu-tamu perusahaan dan penyediaan minuman/makanan serta melayani keperluan rapat/pertemuan/training serta melaksanakan tugas tertentu sesuai permintaan coordinator/ supervisor office boy.

Dalam rangkaian pekerjaan office boy/ girl, ada tahapan pekerjaannya. Tidak hanya soal membawa nampan, menyiapkan kopi dan teh, menyiapkan makan siang, dan sebagainya, juga memerlukan tata cara dan etikanya. Tidak sekedar menyiapkan semua peralatan tersebut, namun magic word sangat diperlukan. Senyum, sapa, salam, sapa, sopan dan santun sangat diperlukan dalam sebuah pelayanan. Kesadaran profesi sebagai seorang pelayan pada sebuah industri, menjadi elemen utama pada pelatihan kami. SOP pelayanan sangat diperlukan dalam ranah pelayanan internal maupun eksternal kantor. Sikap hospitality sangat diperlukan dalam diri seorang office boy. Slogan yang kami tekankan kepada para office boy pada setiap kantor adalah.”Kita orang terhormat yang melayani orang terhormat.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?