short course: TOUR & TRAVEL

 

Industri pariwisata di kancah internasional merupakan penghasil devisa terbesar dunia dan merupakan faktor penting dalam neraca pembayaran di banyak negara. Hal tersebut menjadikan seorang pemandu wisata mempunyai peran yang penting dalam menjalankan bisnis pariwisata pada sebuah negara.

Kursus dan pelatihan pemandu wisata sangat lah penting agar terbentuk pemandu wisata yang profesional dan handal. Oleh karena itu bina mutu bangsa menawarkan program kursus dan pelatihan yaitu short course tour & travel yang dirancang khusus bagi mereka yang ingin memperdalam pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) di bidang pariwisata terutama sebagai pemandu wisata.

Program short course ini terbukti praktis dan efektif untuk meningkatkan skill dan karakternya agar lebih professional dalam berkarir di industri hospitality khususnya pemandu wisata. Tujuan diselenggarakan short course ini adalah untuk mencetak tenaga terampil siap kerja di bidang pariwisata yang siap untuk melaksanakan operasional sebuah perjalanan wisata mulai dari perencanaan dan pelaksanaan wisata.

Skill & knowledge yang akan dipelajari mengenai introduction to hospitality & tourism, communication skill, service excellent, sop & code ethic, guiding technique, travel planning, etc serta mata kuliah lainnya diajarkan melalui teori dan praktek secara langsung. Durasi belajar untuk program short courseditempuh dalam waktu 3 bulan dengan proporsi belajar 30% teori dan 70% praktek.

Kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajarannya menggunakan kurikulum yang mengacu pada SKKNI (Standard Kompetensi kerja Nasional Indoseia) dan kurikulum yang dibutuhkan oleh dunia industri perhotelan serta senantiasa diperbaharui mengikuti perkembangan tren Industri Hospitality sekarang.

Program short course ini akan dibimbing langsung oleh praktisi yang berpengalaman di bidang perhotelan serta dosen-dosen yang mengajar di Universitas Negeri dan Swasta ternama di Jakarta