Review Pelatihan “Barista” Bina Mutu Bangsa

Penyajian kopi yang nikmat tidak hanya dipengaruhi oleh biji kopi yang berkualitas namun juga proses pembuatannya. Oleh karena itu, peran seorang barista di setiap kedai kopi maupun cafe sangat vital dan dituntut menjadi seorang profesional.

Apa yang anda ketahui tentang Barista? Di dalam benak anda mungkin orang yang mengolah kopi, membuat, kopi dan bekerja di coffee shop. Memang yang asumsi anda mengenai hal tadi adalah benar. Namun sebagai seorang Barista tak hanya berkutat membuat kopi. Tentu anda sering melihat pria yang bertugas dibalik meja dan memperhartikan kelihaian dalam meracik kopi yang nikmat. Barista adalah orang yang bertugas meracik kopi yang pahit menjadi nikmat dan menjadi nikmat dan memiliki keunikan  tersendiri, barista berasal dari bahasa Italia yang artinya “pelayan bar”. Tidak hanya itu seorang barista juga memilki sense of art, terbukti dari caffe latte art yang dia buat agar mempercantik tampilan kopimu.

Demi tujuan untuk selalu mengedukasi dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik, Bina Mutu Bangsa membuka kelas Barista yang dalam prakteknya diselenggarakan di salah satu coffee shop yang berlokasi di Kalisari, Jakarta Timur yaitu Kopi Dado. Kelas Barista yang dibuka dengan sejumlah tujuh murid nantinya akan dikirim ke Arab Saudi untuk bekerja disana.

Pelatihan Barista berjalan selama 4 hari, terhitung dimulai pada Jum’at 13 maret dan dilanjutkan kembali pada tanggal 16-18 maret 2020. Kelas kali ini mengajarkan pada pembuatan Espresso/Latte/Cappuccino, pengenalan alat-alat pembuatan kopi, teknik Steam Milk, Kalibrasi, dan belajar Latte Art.

Pengenalan beberapa kopi perlu untuk dipelajari bagi siswa yang belajar. Pada dasarnya kopi yang biasanya para pelanggan pesan adalah Espresso maupun Cappuccino dan Latte yang mana hal ini utama diajarkan oleh para siswa untuk perlu mereka ketahui. Karakteristik pada kopi-kopi tersebut wajib mereka ketahui mulai dari tekstur kopi dan indera penciuman yang baik agar dapat membedakan kopi yang mereka hidangkan.

Konsisten rasa ini penting, mengingat penikmat kopi kembali dan kembali lagi ke sebuah kedai kopi karena karakter rasa yang ngangenin. Tapi apa jadinya, jika mereka tidak menemukan rasa yang membuat mereka untuk menyembangi kedua kalinya, bisa jadi tidak ada yang ketiga. Perlahan, pengunjung akan mulai berkurang, hanya karena karakter rasa sudah tak sama lagi. Inilah sebabnya penting untuk menjaga konsistensi rasa, dengan kalibrasi sebelum kedai kopi mulai beroperasi.

Suhu yang baik untuk proses milk steaming adalah 60° c. Dan tujuan dari milk rolling adalah untuk menghaluskan foam yang sudah kita buat. Proses ini dilakukan terus hingga suhu susu sudah mencapai suhu yang diinginkan. Susu yang terlalu panas juga dapat menghilangkan rasa manis dari susu. Ini adalah salah satu hal yang penting juga diajarkan pada para siswa.

Dan yang terakhir Latte Art. Penting untuk dipelajari siswa karena keindahan harusnya seiring sejalan dengan kenikmatan. Bayangkan sebagai seorang Barista bertemu dengan banyak pelanggan dengan berbagai macam karakter dan kadang mood yang tidak terduga. Dengan adanya latte art diharap membuat pelanggan terkesan dan mengembalikan mood pelanggan menjadi ceria kembali.

Kami berharap semuanya tak ada yang sia-sia dengan apa yang kami ajarkan dan kami sampaikan. Dan yang terpenting, teruslah bersemangat untuk selalu belajar, selalu terdorong untuk mencari tahu segala hal dan berkarya sepenuh hati.

Terima kasih telah mempercayakan Bina Mutu Bangsa School of Hospitality. Sukses selalu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by