Review Sesi Evaluasi & Monitoring Office Assistant Bersama PT. Amman Mineral Nusa Tenggara

Untuk membentuk citra perusahaan atau instansi yang baik maka perlu dilakukan sebuah tindakan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berada dalam bagian rumah tangga perusahaan. Pelayanan yang baik dan sesuai dengan standard perusahaan adalah cerminan dari pelayanan yang baik dari perusahaan tersebut.

Salah satu cara yang dapat dipilih oleh suatu perusahaan atau instansi agar dapat memperoleh sumber daya alam (SDM) yang berkualitas adalah dengan mengembangkan serta meningkatkan kemampuan SDM perusahaan tersebut, dengan cara melakukan training secara berkala. Akan tetapi, dengan training secara berkala saja tidaklah cukup tanpa adanya evaluasi, control, dan monitoring dalam manajemen mengenai Evaluasi tingkat kinerja pelayanan.

Melalui program Evaluasi dan monitoring yang sesuai kebutuhan, SDM suatu perusahaan akan terbina dan produktif dalam jangka waktu relatif panjang. Hal itu sangat efektif dan efisien untuk meningkatkan pelayanan serta membentuk image yang positif sebuah perusahaan atau instansi.


Berkaitan dengan hal itu, tak henti-hentinya kami Bina Mutu Bangsa selalu memprioritaskan pendalaman materi dan mutu pelatihan yang telah kami sampaikan kepada client kami untuk menciptakan hasil yang baik dan memuaskan. Pada Jumat, 21 Februari 2020 yang lalu, untuk kedua kalinya kami mengadakan pelatihan dengan PT. Amman Mineral Nusa Tenggara dengan fokus kepada Sesi Evaluasidan monitoring dibidang Office Assistant.
Ketika Bina Mutu Bangsa datang kembali ke PT. Amman Mineral Nusa Tenggara, kami melihat terjadi perubahan yang signifikan dari kinerja para pegawai yang kami latih pada pertemuan pertama, terutama dari mereka yang membidangi Office Assistant.

Kinerja mereka telah sesuai dengan Standard Operation Procedure atau SOP seperti apa yang telah diajarkan oleh tim instruktur Bina Mutu Bangsa pada waktu itu. Mulai dari Security shift malam yang kami temui pertama kali hingga akhirnya bertemu dengan Office Boy/Girl, terlihat perubahan yang sangat berarti. Sambutan hangat dari para pegawai PT. Amman membuat kami sangat berkesan.

Kami tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan menjalani sesi evaluasi dan pendalaman materi saat bertemu kembali dengan para peserta pelatihan PT. Amman khususnya Office Assistant. Pada sesi training, evaluasi dan monitoring peserta diberikan evaluasi mengenai standard table set up di dining room, standar pelayanan dalam melayani tamu, user dan karyawan, tata cara penyimpanan dan perawatan wine di wine cellar, penerapan decoy system untuk penyimpanan peralatan saji dan hidang di pantry agar tersusun rapi, dan penyimpanan serta penggunaan chemical untuk mencuci di pantry basah.

Hal ini sangat penting dan berguna agar para karyawan dapat mengerti mengenai hygiene dan sanitasi pada peralatan makanan dan minuman yang akan digunakan oleh para pimpinan apabila ada perjamuan makan. Karena hal ini menyangkut tentang sejauh mana peralatan makan tersebut dijamin kebersihannya untuk digunakan.
Lalu para karyawan memahami dengan baik dan benar mengenai tata cara penyimpanan wine di wine cellar, hal ini berguna untuk mendapatkan kualitas minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh para pimpinan maupun tamu perusahaan yang berkunjung.

Penerapan decoy system untuk penyimpanan peralatan saji dan hidang di pantry agar tersusun rapi juga materi yang tidak boleh dilewatkan. Sangat beralasan bagian ini dijelaskan, karena jika tidak disusun secara rapi, yang dikhawatirkan timbul hal yang tidak inginkan nantinya seperti peralatan saji akan jatuh dan pecah.

Para peserta diberikan materi standar pelayanan dalam melayani tamu agar dapat meningkatkan kepuasan pimpinan dan tamu lalu dalam menjalankan tugasnya, para peserta dapat bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) perusahaan.

Pada sesi ini instruktur juga mereview, melakukan penilaian dan memonitoring mengenai pemahaman, serta kehandalan office assistant mengenai materi dan praktek yang diberikan pada saat training melalui lembar assesment sheet dan form evaluasi penilaian tingkat kinerja pelayanan yang dilampirkan pada laporan ini.
Catatan yang diambil oleh instruktur Bina Mutu Bangsa sebagai berikut :

  1. Peserta pelatihan mengikuti pelatihan dengan baik dengan motivasi untuk dapat memberikan pelayanan terhadap pimpinan dan tamu dengan memuaskan.
  2. Perlu adanya pengawasan agar pekerjaan office assistant dapat lebih baik lagi.

Kegiatan evaluasi dan monitoring ini sangat bermanfaat bagi para peserta untuk mengingatkan kembali para peserta mengenai materi dan praktek pada saat training agar dapat diterapkan didalam pekerjaan sehari-hari sebagai office assistant.

Bina Mutu Bangsa sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada PT. Amman Mineral Nusa Tenggara yang telah mempercayakan kami kembali untuk memberikan training yang kali ini digelar dengan sesi evaluasi dan monitoring.
Semoga evaluasi dan monitoring dapat dilakukan secara berkala dengan melibatkan pihak manajemen sebagai controller / pengawas, untuk membentuk prosedur-prosedur pelayanan yang diterapkan di PT. Amman Mineral Nusa Tenggara.

Sukses selalu PT. Amman Mineral Nusa Tenggara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by