5 Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Kerja Barista

Berapa banyak dari kita yang salah dalam berasumsi kalau kerja barista just make a coffee. No, that’s not simple like that. Karena sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan barista dan perlu diketahui agar nantinya benar-benar dikatakan barista profesional.

Lalu, apa saja hal-hal yang perlu dilakukan atau diperhatikan barista selain make a cup of coffee? Berikut adalah beberapa ulasannya :

  1. Well-manner

Source : bestifyme.com

Tak ada habisnya jika membahas mengenai sikap. Dengan sikap, orang lain dapat menilai diri kita antara mendapat image yang baik atau tidak. Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek , orang, atau peristiwa. Hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu. Untuk seorang barista, sikap baik wajib menjadi prioritas.

Setiap orang yang berkomunikasi pastinya mendambakan lawan bicaranya memiliki sikap yang baik, sopan santun atau dapat disebut well-manner. Tidak dipungkiri, masih banyak ditemui seorang barista yang menerima tamu atau pelanggan namun tidak memiliki sopan santun seperti tidak memberikan senyuman, menunjukkan gestur yang kurang baik, cara berkomunikasi yang kurang baik, dan cenderung menunjukkan sesuatu hal yang buruk didepan customer.

Ingat, barista adalah ikon dari coffeeshop itu sendiri karena merupakan ujung tombak bagi kepuasan pelanggan. Jika baristanya baik dan sopan santun, maka penilaian pelanggan pada coffeeshop tersebut juga baik. Maka dari itu, sebelum meracik kopi, ada baiknya barista memperbaiki sikap yang kurang baik agar menjadi sikap yang well-manner dan selalu dipertahankan.

  • Perbanyak Hubungan atau Relasi Pecinta Kopi

Source : nasirullahsitam.com

Tekun mempelajari segala sesuatu hal yang baru pada bidang kita sendiri itu sangat diwajibkan tak terkecuali barista. Jika ada barista merasa jago meracik kopi, bisa jadi mereka belum bertemu dengan yang lebih professional lagi (bahkan mengantongi sertifikat profesi).

Lalu, poin plus memperbanyak hubungan atau relasi untuk barista sendiri agar barista mendapat pengetahuan baru tentang olah mengolah kopi. Banyak belajar itu penting dan tidak boleh cepat berpuas diri karena seperti pepatah mengatakan, diatas langit masih ada langit.

  • Menjadi Trainer Barista

Kamu sebagai barista juga dapat mengajarkan kepada mereka yang ingin belajar dunia kopi atau menjadi peracik kopi dengan menjadi trainer barista. Berbagi ilmu itu hal yang baik kok, sob!

Kamu bisa mengajukan diri pada lembaga pelatihan yang memiliki produk barista untuk menjadi trainer-nya atau bisa juga mengajar secara mandiri. Apalagi di masa sekarang, barista menjadi salah satu pekerjaan yang ramai peminat, jadi hal ini pasti sangat menguntungkan bagi kamu. Pilih yang mana?

  • Goodlooking

Source : Freepik.com

Tidak melulu barista harus memiliki wajah yang cantik atau tampan, karena nyatanya semua itu relatif di mata orang-orang yang berbeda. Jika hanya cantik atau tampan tetapi tidak memenuhi aspek pada poin pertama tadi, semua dijamin pasti akan sia-sia.

Yang dimaksud goodlooking  disini adalah kamu sebagai barista harus terlihat rapih dan bersih. Apabila kukunya panjang sebaiknya dipotong, rambut sudah terlihat panjang mulai dirapihkan, memakai pewangi seperti parfum pada saat bertugas, dan kita sebagai barista juga menggunakan seragam atau apron yang telah disediakan untuk barista saat bertugas (apabila mendapat seragam khusus barista dari kedai tersebut).

  • Utamakan Teamwork Dengan Rekan Satu Tim

Sebuah kedai kopi bagi kebanyakan barista dapat menjadi ruang lingkup kecil yang sangat menyenangkan. Pada saat seperti itu, kamu sebagai barista harus dapat mengakrabkan diri dengan orang-orang disekitar maupun rekan satu tim.

Tidak hanya ramah dan sopan kepada pelanggan, namun barista juga harus ramah dan dapat bekerjasama dengan rekan satu tim. Setelah itu, teamwork yang telah terjaga pasti akan membuat kedai kopi semakin kokoh serta meminimalisir kemungkinan kesalahan. Itulah 5 hal-hal yang perlu dilakukan saat kerja barista. Kalian sebagai anak barista milenial tak sulit menjalankannya bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by