Asah Jiwa Wirausaha Anda Dengan Mengikuti Pelatihan Kewirausahaan Mandiri

Kemampuan seseorang dalam berkarir tentunya berbeda-beda. Ada tipe yang ahli bekerja secara manajerial dan administratif contohnya seperti pegawai kantoran namun tidak bisa berbisnis dan mengembangkan ide kreatifnya, ada yang hanya dapat berwirausaha bahkan tidak menutup kemungkinan ada yang dapat menghandle atau menjalankan keduanya.

Pada masa dahulu, mayoritas orang lebih dominan memilih kerja kantoran dengan job desk yang telah ditentukan mengikuti alur setiap harinya dan enggan untuk mengembangkan ide dan kreatifitas serta tantangan seperti wirausaha.

Lalu bagaimana dimasa sekarang? Peran wirausaha condong ke arah yang positif, lebih banyak peminat dan tidak lagi dipandang sebelah mata. Beberapa penelitian bahkan mengindikasikan bahwa pemilik bisnis mikro, kecil, dan atau menengah percaya bahwa mereka cenderung bekerja lebih keras, menghasilkan lebih banyak uang, dan lebih membanggakan daripada bekerja di suatu perusahaan besar.

ilustrasi wirausahawan
source : freepik.com

Dewasa ini gencar sekali ajakan untuk melakukan wirausaha. Salah satu pemicunya adalah mulai tingginya tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan serta jumlah pengangguran yang meningkat akibat pandemi Covid-19. Pemerintah juga mulai membuka jalan untuk memulai wirausaha dengan mudah.

Wirausaha adalah seseorang yang melakukan aktivitas dengan pandai atau berbakat untuk mengenalkan produk baru pada konsumen dan mampu mengembangkan produk baru serta mampu mengatur permodalannya.

Fungsi dan Peran Wirausaha

Fungsi dan peran wirausaha dapat dilihat dengan dua pendekatan, yakni secara mikro dan makro. Secara mikro, wirausaha memiliki dua peran yaitu sebagai penemu (innovator) dan perencana (planner). Sebagai penemu, wirausaha menemukan dan menciptakan sesuatu yang baru, seperti produk, teknologi, cara, ide, organisasi, dan sebagainya.

Sebagai perencana, wirausaha memiliki peran merancang tindakan dan usaha baru, merencanakan strategi usaha yang baru, merencanakan ide-ide dan peluang dalam meraih sukses, menciptakan organisasi perusahaan yang baru, dan lain-lain.

Secara makro, peran wirausaha adalah menciptakan kemakmuran, pemerataan kekayaan, dan kesempatan kerja yang berfungsi sebagai mesin pertumbuhan perekonomian suatu negara.

Bicara mengenai usaha atau wirausaha, sudah tidak asing lagi telinga kita mendengar tentang UMKM atau Usaha Kecil Mikro Menengah.

UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi. Pemberdayaan UMKM terbukti menjadi penggerak roda perekonomian nasional dengan kontribusi dan perannya dalam menyerap tenaga kerja lebih banyak dibanding entitas bisnis lainnya, membuktikan bahwa UMKM mampu menekan jumlah angka pengangguran dan kemiskinan.

Dikutip dari tukarpikiran.net, Setidaknya ada 4 keuntungan dari aktivitas wirausaha yang akan Anda lakukan :

  • Harga Diri dan Menyediakan Lapangan Kerja Baru
source : freepik.com

Seseorang yang memiliki sebuah usaha mandiri dan kegiatan berwirausaha akan mendapatkan tempat tersendiri di dalam masyarakat, seperti disegani ataupun dihormati, dan dianggap memiliki wibawa tertentu. Jika dahulu banyak yang berpandangan malu jika tidak bekerja pada sebuah perusahaan atau instansi, maka hal ini terlihat sebaliknya fenomena yang terbalik. Sekarang telah banyak contoh pengusaha sukses yang menjadi contoh bagi banyak orang, apalagi jika mampu memberikan porsi peluang kerja bagi orang lain yang sangat dibutuhkan.

Dalam istilah masyarakat, bahwa seorang pengusaha yang baik dianggap sebagai penyelamat bagi mereka yang membutuhkan lapangan pekerjaan. Peran seorang pengusaha yang dapat menyediakan kesejahteraan bagi sesama adalah sebuah tindakan yang arif dan mulia.

  • Kebebasan Financial atau Penghasilan Mandiri
source : freepik.com

Jika Anda melihat segi financial seorang pengusaha, maka mereka yang telah memiliki usaha sendiri jelas telah mampu memberikan dan mendatangkan penghasilan yang jauh berbeda dan cenderung lebih baik dibandingkan dengan menjadi seorang pegawai. Penghasilan seorang pegawai akan ditentukan pada akhir periode tertentu, tentu saja besarannya tidak jauh berbeda setiap bulannya. Sedangkan penghasilan seorang pengusaha, besar kecilnya tergantung dari seberapa besar usaha tersebut diperjuangkan dan mereka dapat menentukan target yang ingin dicapai. Masa kejayaan dapat dicapai dan dipertahankan sesuai dengan usaha dan seberapa besar perjuangan untuk itu. Kebebasan financial sepenuhnya milik pelaku usaha itu sendiri, memanajemen usaha menjadi tanggung jawab pribadi yang harus selalu disinkronkan dengan kondisi yang ada.

  • Ide-Ide Kreatif dan Motivasi Positif
source : freepik.com

Sebagai seorang pengusaha dituntut untuk memiliki keahlian dalam menjalankan dan mempertahankan jenis usahanya masing-masing. Oleh karena itu ide-ide kreatif dan motivasi positif harus selalu tersedia, dengan kata lain seorang pengusaha akan selalu memiliki ide kreatif untuk terus mengadakan pembaharuan dalam bentuk baru yang menarik untuk menggaet para konsumen. Motivasi positif tentunya menjadi pola untuk terus memiliki sikap pantang menyerah untuk menggapai kesuksesan dalam berusaha

  • Tentukan Sendiri Masa Depan Anda
source : freepik.com

Tentu saja masa depan menjadi taruhannya jika Anda telah mengikrarkan diri untuk menjadi seorang pengusaha. Pengusaha yang sukses relatif dan dominan untuk mendapatkan masa depan yang cerah dibandingkan seorang pegawai yang telah bertahun-tahun bekerja. Sebagai seorang wirausahawan tidak pernah bersinggungan dengan hal-hal diberhentikan dengan hormat atau yang lebih kasar adalah dipecat. Pengusaha tidak mengenal batasan masa kerja, tidak akan pernah kena pensiun dan malahan dapat diteruskan oleh generasi selanjutnya. Akan menjadi sebuah bisnis keluarga yang turun-temurun dapat Anda wariskan sampai tujuh turunan, dan sekaligus menjadikan masa depan dalam berwirausaha tidak pernah putus, dan akan selalu dilanjutkan oleh generasi berikutnya.

Sebagai lembaga vokasional, Bina Mutu Bangsa turut hadir dalam memberikan kontribusi untuk mempersiapkan wirausahawan baru guna mencetak wirausahawan yang profesional, tangguh dan mandiri. Dengan hadirnya Program Pelatihan Kewirausahaan Mandiri menjawab kebutuhan anda untuk menjadi seorang wirausahawan.

Program Pelatihan Kewirausahaan Mandiri ini terdiri dari dua kategori pelatihan yaitu pelatihan soft skill dan hard skill. pelatihan soft skill berisi materi mengenai pembentukan karakter wirausaha, membuat perencanaan usaha, service excellence dan communication skill. Untuk pelatihan hard skill berisi materi pembuatan produk dan kemasan, teknik pemasaran serta pengendalian biaya dan keuangan.

Mari, asah kemampuan, ide serta kreatifitas Anda dalam berwirausaha dengan mengikuti pelatihan kewirausahaan mandiri dan jalankan bisnis Anda untuk masa depan yang lebih terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by