BMB BERI PELATIHAN KETERAMPILAN BARISTA UNTUK PERSIAPAN PENSIUNAN TNI AU

Barista menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin berwirausaha secara mandiri. Apalagi, barista sedang menjadi trend di industri FnB karena kelihaian meracik kopi. Bak sedia payung sebelum hujan, memutuskan terjun ke dunia barista bisa menjadi “next planning” seseorang dalam menghadapi masa persiapan pensiun.

Menghadapi masa persiapan pensiun, seorang pegawai harus memiliki perencanaan yang matang. Perlu diingat, pensiunnya seorang pegawai jelas disertai dengan kehidupannya yang tentu berubah drastis. Bayangkan apa yang akan dialami seorang pensiunan jika hal berikut terjadi:

  • Nilai pensiunan tidak sebesar gaji saat produktif bekerja
  • Memiliki uang namun tidak tahu harus digunakan untuk apa
  • Tidak memiliki kegiatan produktif lainnya dan tidak ada income rutin atau income passive pasca pensiun

Apabila itu terjadi, dana pensiunan akan cepat habis karena tidak dapat terkontrol pengeluarannya tanpa diimbangi pemasukan yang sepadan. Sementara itu, fakta membuktikan bahwa 7 dari 10 pensiunan di Indonesia mengalami masalah keuangan pasca pensiun. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi?

Ternyata para pensiunan belum bisa menentukan apa yang ingin dilakukan ke depannya sehingga uang pasca pensiunan bisa saja terbuang sia-sia. Maka dari itu, Menjadi barista dan membuka kedai kopi merupakan alternatif untuk dijalani pasca pensiun. Selain karena industri kopi yang merebak dan tak ada sepinya, membuat kedai kopi pun dapat dibuka secara sederhana tanpa perlu adanya tempat yang tergolong mewah.

Bersamaan dengan hal tersebut, Bina Mutu Bangsa bersama Dinas Administrasi Personel Angkatan Udara (DISMINPERSAU) TNI Angkatan Udara mengadakan “Pelatihan Keterampilan Barista” pada tanggal 10-14 Oktober dan Sertifikasi Profesi oleh LSP Pariwisata Maestro Indonesia pada 15 Oktober 2022 di Head Office Bina Mutu Bangsa, Cimanggis, Depok.

Dalam Pelatihan Keterampilan Barista, DISMINPERSAU TNI Angkatan Udara tidak hanya membekali skill membuat kopi untuk calon pensiunan saja, terlebih lagi DISMINPERSAU TNI Angkatan Udara menggandeng Bank BTPN yang bertujuan memberikan edukasi tentang pengelolaan dana pensiunan pasca purna tugas.

Selain itu, di akhir pelatihan terdapat uji kompetensi yang digelar bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yaitu LSP Pariwisata Maestro, uji kompetensi tersebut adalah tolok ukur pencapaian kompetensi di bidang terkait, yaitu barista. Setelah dinyatakan kompeten, peserta diberikan sertifikat yang berguna untuk memberikan peluang besar berkarir di bidang FnB khususnya barista.

Mula Gultom (Anggota TNI AU) Salah Satu Peserta Pelatihan Keterampilan Barista, Menjajal Mesin Kopi Dengan Membuat Foam Susu

Pelatihan dari Disminpersau TNI Angkatan Udara adalah langkah konkret dengan memberikan pelatihan keterampilan barista sebagai upaya meningkatkan kemampuan prajurit kemudian bisa dijadikan bekal untuk berwirausaha di bidang food and beverages sebagai bagian dari perencanaan disaat menjelang masa purna tugas.

Baca Juga: Pelatihan Food Product Kelurahan Cimpaeun

3 Manfaat dan Pentingnya Pelatihan Persiapan Masa Pensiun

Sesi Foto Bersama Anggota TNI AU Dengan Tim Marketing Bank BTPN

Pelatihan karyawan tidak selalu berbicara mengenai skill dalam pekerjaan, tetapi ada juga pelatihan untuk mempersiapkan masa pensiun. Pelatihan karyawan ini diadakan agar dapat mempersiapkan dengan matang dan tenang saat menjalankan pensiun.

Perusahaan sudah mulai memperhatikan dan mempersiapkan pelatihan karyawan untuk masa pensiun, guna tetap memberikan kesejahteraan sesudah selesai bekerja. Maka dari itu terdapat 3 manfaat dan pentingnya pelatihan persiapan masa pensiun bagi karyawan, yaitu:

– Mulai Memahami Pentingnya Kesehatan dan Gaya Hidup

Usia produktif dan usia masa pensiun akan sangat berbeda dalam menjalani gaya hidup. Pelatihan karyawan dengan tema masa persiapan pensiun ini dibutuhkan oleh setiap orang agar ketika masuk dalam usia pensiun, tidak perlu lagi mengkhawatirkan apa yang akan dialami secara psikis dan fisik. Dalam pelatihan persiapan masa pensiun ini akan diajarkan untuk mulai memahami gaya hidup sehat saat sudah tidak bekerja di kantor lagi, dimana kesehatan akan menjadi hal utama yang harus dirawat.

– Menanamkan Mindset Mandiri

Pelatihan masa persiapa pensiun akan memberikan mindset untuk semakin mandiri. Terkadang saat menjalani masa pensiun akan ada rasa tidak berguna dan tidak produktif seperti saat bekerja. Pelatihan ini akan menanamkan mindset bahwa kita dapat bersikap positif lagi dengan keadaan yang ada saat ini.

Masa pensiun juga akan membuka banyak peluang usaha baru yang dapat dijalankan dan mendapatkan keuntungan. Dengan begitu, mindset seseorang menjadi lebih mandiri dapat termotivasi dengan banyaknya hal yang dapat dilakukan saat menjalani masa pensiun.

– Merencanakan Keuangan Dengan Baik

Keuangan juga menjadi hal yang sensitif saat seseorang memasuki masa pensiun. Perencanaan keuangan yang baik akan membuat kondisi keuangan stabil saat sudah tidak bekerja. Mengatur anggaran yang dikeluarkan saat masa pensiun juga dapat perusahaan berikan dengan program training online khusus bagi karyawan. Sehingga mereka akan tahu kemana uang akan mengalir dan bagaimana untuk menginvestasikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *