Gak Cuma Barista! Ternyata Housekeeping Juga Dapat Kerja Di Luar Negeri

Entah seperti apa ceritanya ketika kita ngobrol dengan sanak saudara atau teman mengenai suatu profesi/pekerjaan apa yang sekiranya bisa bekerja di luar negeri, kebanyakan mereka akan menyebutkan profesi yang sudah tidak asing ditelinga orang banyak, satu contoh yang dapat bekerja diluar negeri dan akan disebut seperti barista.

Misal barista, profesi yang berurusan dengan seni meracik kopi. Dikabarkan jika berkarir sebagai barista memiliki peluang untuk bekerja di luar negeri apalagi barista kelas wahid, tak perlu diragukan lagi peluangnya untuk dapat meracik kopi di negeri orang, dan itu adalah fakta.

Pun dengan usia seseorang yang hendak bekerja di luar negeri biasanya orang-orang dengan usia yang masih muda sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk berkarir. Tapi apakah kamu pernah terpikir, ada sebuah profesi selain barista misalkan, yang dapat kerja di luar negeri serta usia yang sudah tidak muda lagi. Jawabannya, Ada!

Kembali lagi ke pembahasan jika kita ngobrol dengan teman atau saudara mengenai profesi apa sih yang dapat kerja di luar negeri? Satu yang pasti tidak setiap orang akan menjawab bahwa housekeeping merupakan salah satu profesi yang dapat berangkat kerja di luar negeri.

Housekeeping atau sebutan lainnya yaitu tata graha merupakan suatu bagian departemen dalam perhotelan yang berkaitan dengan masalah kebersihan. Housekeeping menjadi salah satu pilar penting yang sering dianggap remeh kebanyakan orang padahal perannya sangat penting. Singkatnya, tak ada housekeeping, tak ada kebersihan

.

Tapi ada situasi dimana orang yang ingin menjadi housekeeping namun dia tidak memiliki skill dan pengetahuan sama sekali yang berkenaan dengan dunia housekeeping. Mau tak mau dia wajib belajar secara teori maupun prakteknya, dan disitulah peranan lembaga pelatihan sebagai lembaga yang akan meng-educate mereka secara menyeluruh dalam dunia tata graha. 

Bukankah itu suatu kenekatan?

Bisa dibilang ini bukanlah kenekatan namun itu semua adalah niat dan kemauan apalagi sudah menyangkut faktor ekonomi. Memangnya ada orang yang sebelumnya tidak pernah berkecimpung di dunia housekeeping tapi ingin berkarir disana, bagaimana nantinya? Jawabnya, tentu ada!

Senada dengan hal tersebut, Bina Mutu Bangsa kedatangan empat orang siswa yang mengambil kelas short course housekeeping yang akan berangkat ke United Kingdom (UK) sebagai bentuk pembekalan, peningkatan skill dan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai dunia tata graha.

Mereka adalah Suparwi (41 tahun) asal Pati, Arief Syarifudin (33 tahun) asal Majalengka, dan Zaenul (39 tahun) asal Wonogiri. Apa sih motivasi mereka untuk kerja di luar negeri menjadi housekeeping bahkan memilih UK sebagai negara destinasi mereka disaat usia tidak lagi muda?

Kebanyakan mereka yang berniat untuk kerja di luar negeri adalah demi memperbaiki ekonomi serta adanya keinginan lain yang ingin mereka capai, dan dengan kerja di luar negeri sebagai housekeeping, harapan mereka untuk meningkatkan pendapatan atau tabungan hidup serta tercapainya suatu keinginan yang lain dapat terealisasikan.

Mereka memilih Bina Mutu Bangsa sebagai lembaga pendidikan untuk belajar housekeeping karena menurut mereka, ingin mencari lembaga yang telah berpengalam serta ahli dalam bidang perhotelan khususnya housekeeping yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Belajar housekeeping disini meliputi hospitality dalam housekeeping, pengenalan alat-alat kebersihan, berbagai macam bahan chemical untuk pembersih debu dan kotoran, room section, make up room, public area, making bed, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sampai situ saja, mereka juga melakukan observasi dengan mendatangi salah satu hotel di Jakarta Selatan, Grandkemang untuk mengenalkan kepada mereka secara langsung bagaimana keadaan industri perhotelan khususnya bagian housekeeping yang mana secara langsung nantinya berkaitan dengan pekerjaan mereka.

Apalagi khususnya Indonesia sedikit memiliki privilege, yaitu bangsa yang dikenal ramah dan sopan oleh pelancong internasional. Maka hal ini bisa dibilang akan mempermudah mereka yang akan kerja di luar negeri karena bukan hal yang sulit untuk men-service mereka secara pelayanan prima. Apalagi bidang housekeeping, pasti jagonya menuntaskan masalah kebersihan.

Terbukti, usia tua tak menghalangi jalan mereka untuk meraih kesuksesan yang diimpikan selama ini, apalagi kerja di luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by