Hospitality : Penjelasan Singkat Hingga Ranah Bisnis

Pernah gak sih kamu mendengar kalimat hospitality? Apa kamu benar-benar tahu apa itu arti kalimat hospitality? Nah, kita akan coba jabarkan secara singkat apa itu hospitality beserta contoh bisnis hospitality.

Singkatnya, hospitality adalah hubungan antar manusia, yang didasari oleh kasih dan keinginan untuk menolong manusia lain. Hospitality bukan hanya hal-hal perhotelan dan yang hanya ditemui di hotel, namun dapat ditemukan dimanapun. Hospitality bukan sekedar standar operasional yang harus dihafal, namun lebih dari pada itu merupakan suatu tindakan untuk menyambut dan melayani orang lain dengan dasar kasih dan ketulusan.

Hospitality : merujuk pada hubungan antara guest/tamu dan host/pelayanan dan juga merujuk pada aktivitas/kegiatan keramahtamahan yaitu : penerimaan tamu dan hiburan untuk para tamu dengan kebebasan dan kenyamanan.

Para pelaku hospitality ingin membuat para tamu yang mereka bantu dan layani merasa senyaman mungkin hingga seolah mereka sedang berada di rumah mereka sendiri, bukannya sedang berlelah-lelah bepergian. Mengapa? Karena tindakan hospitality sesungguhnya didasari oleh rasa mengasihi dan menghormati orang lain.

Di zaman ini, seiring berkembangnya teknologi, interaksi nyata antar manusia semakin berkurang. Tata krama, sopan santun, dan keramah-tamahan yang seharusnya merupakan common sense yang dimiliki oleh setiap manusia semakin luntur dan sulit ditemui.

Ruang lingkup dalam usaha hospitality sangatlah luas, dan juga kadang-kadang sedikit rancu untuk membuat dikotomi mana usaha hospitality dan mana yang bukan termasuk usaha hospitality. Namun, pada kenyataannya saat ini hampir setiap bisnis/usaha jasa adalah usaha yang hospitality oriented.

Bisnis hospitality secara umum dapat diartikan sebagai bisnis jasa yang sangat tergantung pada pelayanan terhadap tamu. Keramahtamahan merupakan modal utama agar bisnis hospitality bisa berkembang dengan baik.

Contoh usaha yang tergolong dalam bisnis hospitality adalah hotel, ruang pertemuan, rumah sakit, klinik kesehatan, apotik, salon kecantikan, pusat kebugaran, pusat rekreasi, dan sebagainya. Bahkan dalam arti luas sebetulnya hampir semua usaha di bidang jasa, dapat dikatakan berkaitan dengan bisnis hospitality, termasuk juga perbankan dan asuransi.

Tantangan untuk mereka yang bekerja di bidang hospitality, kewaspadaan tetap perlu namun tanpa mengurangi standar pelayanan yang baik pada tamu, terlepas dari apakah tamu itu pelanggan atau bukan.

Hospitality seringkali disalahartikan sebagi rumah sakit. Mengapa? Tentu ini tidak terlepas dari kata hospital yang berada di dalam kata hospitality itu sendiri. Namun pada dasarnya, hospitality merupakan sikap keramahtamahan yang dilakukan antara sesama manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by