Ingin Kursus Barista? Bina Mutu Bangsa Adalah Pilihan Yang Tepat Untuk Anda

Keinginan yang kuat untuk menciptakan sesuatu atau bahkan terjun ke dalam profesi yang didambakan kadang tidak dibarengi dengan skill  dan pengetahuan yang mumpuni di bidangnya. Namun menyerah bukan opsi yang bijak untuk dipilih dalam menghadapi masalah tersebut. Dengan mengambil kursus, masalah tersebut dapat diatasi sehingga mereka mendapat ilmu secara teori maupun praktek di bidang yang diinginkan.

Begitu pula dengan dunia perkopian seperti salah satunya profesi sebagai barista. Bagi mereka yang ingin menggali potensi sebagai peracik kopi yang handal juga butuh yang namanya kursus barista apalagi tidak semua orang paham pengetahuan tentang kopi serta cara membuatnya dengan tepat. Mengapa? karena dengan kursus barista, mereka diajarkan untuk membuat kopi yang tepat dan benar maupun pengetahuan yang lebih dalam mengenai barista.

Untuk masa sekarang, membuka kedai kopi atau coffeeshop memang menjanjikan, karena mempertimbangkan di masa sulit sekarang ini yang disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19 dan berdampak buruk  bagi sebagian orang. Tentunya ini adalah salah satu peluang bagi anda yang sedang mencari kerja, atau pekerja yang terdampak akibat pandemi seperti saat ini.

Agar siap menjadi barista dan mampu mengelola, sekaligus mengembangkan usaha gerai kopi racikan sendiri adalah dengan mengikuti kursus barista dan kursus bisnis kedai kopi.

Menjadi barista dan  mengelola coffeeshop adalah beberapa profesi yang bisa dijajal dengan peluang dan pangsa pasar kopi saat ini. Terlebih lagi usaha mikro pada sektor kuliner, sudah teruji selama krisis yang melanda perekonomian beberapa tahun terakhir.

Apa saja sih manfaat yang kita dapatkan jika mengikuti kursus barista? Dikutip dari viva.co.id, terdapat 4 manfaat yang kita dapatkan jika mengikuti kursus barista, yaitu :

Pengetahuan seluk beluk kopi

Apakah anda tahu apa saja jenis-jenis kopi yang ada di dunia? Tahukah anda perbedaan dari masing-masing jenis kopi tersebut? Lalu, apa bedanya kopi buatan manual dengan kopi kemasan?

Lewat kursus barista, kalian akan mendapatkan banyak informasi tentang sejarah dan seluk beluk kopi yang selama ini hanya ada ketahui ceritanya secara turun temurun.

Memahami berbagai aroma dan karakter kopi

source: kumparan.com

Di kursus barista, kalian juga akan mendapatkan pengetahuan mengenali macam-macam aroma kopi serta karakter dari setiap jenis kopi. Anda juga akan dibekali teknik bagaimana mengenali karakter dari setiap aroma kopi tersebut.

Terampil dalam meracik dan membuat kopi

Ini yang paling penting, yaitu bagaimana barista dapat membuat racikan dan seduhan kopi aromatik yang punya ciri khas. Melalui kursus barista, kalian dapat mempelajari sekaligus mempraktekkan cara membuat kopi manual dan membuat kopi menggunakan mesin.

Kalian juga akan mendapatkan keterampilan membuat kopi dengan mesin yang selama ini hanya bisa kalian lihat di televisi atau saat nongkrong di coffeeshop.

Dapat ilmu tentang bisnis kopi

source:smartlegal.id

Tidak sedikit kursus-kursus bertema kewirausahaan di gelar saat ini, namun pada pelatihan tertentu tentang kebaristaan ada materi khusus yang membahas peluang dan pengembangan usaha warung kopi. Bagaimana memulainya, bagaimana menganalisa untung ruginya, serta bagaimana mengelola gerai kopi dengan modal sedikit.  

Menyambut hal tersebut, kini Bina Mutu Bangsa telah membuka kelas baru dan diperuntukkan bagi mereka yang ingin belajar menjadi barista  yaitu dengan hadirnya program short course barista. Apa saja yang akan dipelajari saat kursus barista di Bina Mutu Bangsa?

Skill dan knowledge yang akan dipelajari jika kursus barista di Bina Mutu Bangsa mengenai introduction to hospitality, introduction to barista, communication skill, english special purpose, service excellent, espresso/latte/cappuccino making serta mata kuliah lainnya diajarkan melalui teori dan praktek secara langsung. Durasi belajar untuk program short course ditempuh dalam waktu 3 bulan dengan proporsi belajar 30% teori dan 70% praktek.

Kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajarannya menggunakan kurikulum yang mengacu pada SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dan kurikulum yang dibutuhkan oleh dunia industri perhotelan serta senantiasa diperbaharui mengikuti tren industri hospitality sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by