Kenali Perbedaan Resepsionis dan Front Office

Resepsionis

Resepsionis dan Front Office, adakah dari Anda yang sulit membedakan dua profesi tersebut? Mungkin Anda bukanlah satu-satunya orang yang merasa kesulitan untuk membedakan dua profesi tersebut. Bagaimana tidak? Secara kasat mata, dua pekerjaan tersebut memanglah memiliki standar yang hampir sama, namun berbeda.

Sama Namun Berbeda, Maksudnya?

Nah, jika Anda masih ragu untuk mengartikan sama namun berbeda, kita akan coba bedah dahulu satu persatu, apa itu resepsionis dan apa itu front office.

Resepsionis

Resepsionis adalah pegawai yang mempunyai tugas untuk melayani, memberikan informasi kepada tamu atau pengunjung, pelanggan, serta pihak yang memiliki kepentingan terkait tujuan yang diinginkan.

Seorang resepsionis harus bisa menjadi media atau menjembatani sebuah informasi antara pihak manajemen perusahaan dengan tamu tersebut. Definisi lainnya dari seorang resepsionis yaitu seseorang yang bertanggungjawab sebagai penerima tamu.

Umumnya, seorang resepsionis akan bertempat di bagian depan kantor, hal itu bertujuan agar memudahkan tamu untuk mencari informasi dan gambaran terkait suatu perusahaan yang dikunjungi.

Front Office

Resepsionis

Sekarang kita bahas mengenai front office. Front office merupakan representasi dari divisi pada perusahaan yang langsung berhadapan dengan pelanggan. Misalkan saja layanan pelanggan, penjualan, dan pakar industri yang memberikan layanan konsultasi.

Tanggung jawab seorang front office langsung untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Namun, front office juga mengandalkan back office sebagai pendukung untuk sumber daya manusia, teknologi dan internet, akuntansi, serta fungsi administrasi.

Seperti halnya resepsionis tadi, front office juga bertempat di bagian depan kantor sebagai garda depan yang berkomunikasi dengan pelanggan. Di dalam sebuah industri perhotelan, front office turut menjadi titik awal untuk melayani tamu dan memberikan jasa terbaik dan teramah bagi pelanggan.

Dari sini, kita bisa lihat terdapat beberapa persamaan pada workflow resepsionis dan front office . Sama-sama berada di garda terdepan untuk melayani tamu dengan ramah dan sopan, pun dengan komunikasi sebagai jembatan informasi kepada pelanggan.

Baca juga: Tuk Barista BMB Hadir Lewat Penunjukkan Langsung Oleh LSK

Letak Perbedaan Resepsionis dan Front Office

Resepsionis explain

Pembahasan ini adalah yang paling menarik untuk dibahas, yaitu perbedaan dari seorang resepsionis dan front office. Kita akan coba bedah untuk mengetahui letak perbedaannya.

Seorang resepsionis, biasanya berada di sebuah gedung perkantoran. Ia menjadi orang nomor satu yang akan berkomunikasi dengan pengunjung mengenai informasi kantor tersebut. Tidak sampai disitu saja, seorang resepsionis juga memiliki data-data yang terintergrasi antar lini seperti data security, cleaning service dan lain-lain.

Di sisi lain, yang disebut front office yaitu mereka yang bekerja di sebuah hotel. Mereka langsung bersinggungan dengan tamu perihal informasi terkait, ketersediaan kamar, hingga mengantarkan tamu ke kamar yang telah dipesan.

Jika kita sederhanakan lagi, perbedaan mendasar antara resepsionis dan front office adalah tempat dimana mereka bekerja. Jika Anda masuk perkantoran, yang akan Anda temui adalah resepsionis. Namun, jika Anda ke hotel, Anda akan menemui seorang front office.

Satu hal yang pasti, meskipun kebanyakan dari kita melihat tidak ada perbedaan yang berarti diantara dua profesi tersebut, nyatanya jika kita telaah secara mendalam akan ditemukan banyak sekali perbedaan.

Secara dasar, mudah bukan cara membedakannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *