Kuota Melimpah, Kesempatan CPMI Kerja di Jepang Menjanjikan

kerja di Jepang

Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Jepang menyatakan mencari tenaga kerja migran dengan kuota SSW yang sangat melimpah mencapai 300 ribu lebih. Dengan kuota sebanyak itu, bisa dibayangkan kesempatan kerja di Jepang untuk CPMI sangat besar. Namun, apa yang menyebabkan Jepang mencari tenaga kerja migran besar-besaran termasuk dari Indonesia?

Indonesia dan Jepang memiliki kesepakatan kerjasama dalam program penempatan kerja di Jepang, lantaran Jepang tengah mengalami aging population (peningkatan jumlah penduduk dengan usia senja) dan shortage tenaga kerja, sehingga butuh banyak pekerja migran.

Kejadian tidak biasa tersebut mungkin bisa dikatakan berkah tersendiri khususnya untuk masyarakat atau CPMI yang kebetulan ingin kerja di Jepang demi memperbaiki perekonomian pasca merebaknya Covid-19 secara masif.

Sisi positifnya, kerja di Jepang memiliki beberapa benefit yang bakal didapat oleh CPMI atau ekerja migran Indonesia. Misalnya, jika Anda kerja di Jepang Anda akan terbiasa untuk disiplin apalagi masalah waktu, sehingga hal tersebut bisa Anda terapkan dan menjadi contoh bagi baik orang lain.

Selain itu, jika Anda kerja di Jepang, Anda akan mendapatkan gaji yang nilainya menggiurkan. Bukan rahasia lagi dan seringkali terdengar kerja di Jepang bakal digaji lebih dari layak untuk rata-rata standar orang Indonesia itu sendiri. Jepang juga merupakan salah satu dari 3 negara yang punya gaji melimpah untuk CPMI (selain Korea dan Polandia).

Lalu, masih banyak benefit-benefit lainnya bila Anda kerja di Jepang seperti jaminan asuransi kesehatan, jaminan tunjangan-tunjangan kerja, Anda pun bisa memiliki relasi yang luas serta pengalaman dan ilmu-ilmu yang sangat berguna dan bermanfaat ketika diterapkan di Indonesia nantinya.

Permintaan Tenaga Kerja Yang Dicari

kerja di Jepang
Jepang Longgarkan Aturan Imigrasi Bagi Pekerja/GettyImages

Indonesia menjadi salah satu negara yang beruntung dapat bekerjasama dengan Jepang dalam program migran worker. Permintaan tenaga kerja yang dicari beragam jenis dan posisi mulai dari pertanian, perikanan, keperawatan, manufaktur, konstruksi bangunan, food and beverages, dan paling baru yaitu bidang hospitality.

Jika Anda menyadari, hospitality sangat melekat dalam kepribadian orang-orang Jepang, karena hospitality mengacu pada hal-hal keramah tamahan antar sesama manusia. Jepang terkenal dengan menjunjung tinggi adab dan norma kesopanan.

Dalam berinteraksi sosial, Jepang merupakan salah satu contoh negara yang mempunyai etika dalam berkomunikasi dan berinteraksi yang unik dan menarik. Etika yang ditunjukkan oleh masyarakat negara matahari terbit itu tidak sebatas antar sesama saja namun demikian etika sopan santun juga ditunjukkan kepada orang asing.

Seperti Ojiki, contoh tradisi adab orang Jepang yaitu membungkukkan badan ketika pertama kali bertemu dengan orang lain, mengucapkan terima kasih, meminta maaf jika melakukan suatu kesalahan.

Hal itu disinyalir untuk menciptakan keharmonisan dalam berinteraksi karena keharmonisan merupakan kunci utamanya. Dari situ, terlihat bahwa Jepang menjunjung tinggi etika, sopan santun, dan ramah tamah sama seperti bidang hospitality, ramah tamah adalah yang utama.

Tentu bukan hal sulit beradaptasi dengan masyarakat sekitar jika Anda kerja di Jepang, karena pekerja asal Indonesia dinilai pekerja keras sopan santun serta memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat Jepang.

Terlebih jika Anda memiliki basic skill dibidang hospitality, tentu kesempatan kerja Anda sangat tinggi. Sebab permintaan tenaga kerja hospitality terhitung meningkat. Lantas, dengan basic skill hospitality yang Anda miliki, maka akan semakin mudah Anda menggaet kesempatan kerja di Jepang.

Baca Juga: Berniat Kerja di Jepang? Wujudkan Bersama Bina Mutu Bangsa

Apabila Anda memiliki latar belakang hospitality yang berkeinginan kuat bisa kerja di Jepang, Bina Mutu Bangsa dan PT. OS Selnajaya dapat mewujudkan hal tersebut.

Bersama PT. OS Selnajaya, Bina Mutu Bangsa berkomitmen untuk mewujudkan impian Migran Worker kerja di Jepang serta sebagai sarana penghubung CPMI memperoleh job order yang telah tersedia sesuai dengan spesifikasi skill pekerja yang dibutuhkan.

Ingin kerja di Jepang? Segera daftarkan diri Anda bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *