Pelatihan Front Office

Front office merupakan salah satu departemen kerja dalam hotel yang berfungsi sebagai pusat informasi yang berhubungan dengan apa saja yang terdapat di dalam sebuah hotel. Berada di area Lobby Hotel yang menjadi lingkungan tempat kerjanya, departemen front office ini memiliki beberapa sub bagian profesi seperti Resepsionis, Greeter, BellBoy, Customer Service, Concierge dan lain sebagainya.

Pelatihan front office ini dirancang khusus untuk mereka yang dalam waktu singkat ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang perhotelan khususnya front office. Program ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah pernah memiliki pengalaman kerja di bidang hospitality dan ingin melakukan upgrading skill dan knowledge.

Program short course ini terbukti praktis dan efektif untuk meningkatkan skill dan karakternya agar lebih professional dalam berkarir di dunia industri perhotelan serta memiliki keahlian sebagai Service Attandent dalam pelayanan menuju Service Excellent.

Tujuan diselenggarakan short course ini adalah untuk mencetak tenaga terampil siap kerja di bidang front office hotel tingkat ahli pratama yang siap untuk melaksanakan kegiatan operasional front office mulai dari penanganan tamu check in sampai dengan check out. Biasanya profesi yang paling identik adalah Respsionis atau biasanya juga disebut sebagai Front Desk Agent, bertugas dalam hal pelayanan penjualan kamar hotel, baik yang langsung datang (Check in on Arrival) ataupun dengan sistem revervasi (Reservation Check In).

Senior female filling in registration form at reception

Skill & knowledge yang akan dipelajari mengenai introduction to hospitality, introduction to front office, receptionist,  telephone operator, front office operation, hotel information & administration system,  serta mata kuliah lainnya diajarkan melalui teori dan praktek secara langsung. Durasi belajar untuk program short course  ditempuh dalam waktu 1 bulan dengan proporsi belajar 30% teori dan 70% praktek.

Kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajarannya menggunakan kurikulum yang mengacu pada SKKNI (Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dan kurikulum yang dibutuhkan oleh dunia industri perhotelan serta senantiasa diperbaharui mengikuti perkembangan tren industri hospitality sekarang.

Program short course ini akan dibimbing langsung oleh praktisi yang berpengalaman di bidang perhotelan serta dosen-dosen yang mengajar di Universitas Negeri dan Swasta ternama di Jakarta