ROOM DIVISON


Room Division merupakan sebuah departemen hotel yang terdiri gabungan dua departemen yang mempunyai peran dan tanggung jawab terhadap reservasi kamar dan penerimaan tamu serta memberikan pelayanan kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum di hotel, termasuk penyediaan pencucian pakaian tamu serta pencucian, kecuali kitchen.


Bagian yang bertanggung jawab dalam reservasi kamar dan penerimaan tamu adalah Front office Department atau Departemen Kantor Depan. Sedangkan bagian yang bertanggung jawab terhadap pelayanan kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum adalah Housekeeping Department.

Room division menjadi departemen yang sangat sentral dalam menjalankan operasional sebuah hotel. Room division mempunya tanggung jawab yang luas tidak hanya untuk pelayanan dan kepuasan tamu, namun juga untuk kepentingan departemen lain dan juga untuk manajemen.
Bina Mutu Bangsa menghadirkan program room division yang bertujuan untuk mencetak tenaga terampil dan kerja di bidang Perhotelan tingkat ahli pratama yang siap untuk melaksanakan kegiatan operasional di bagian Room Division mulai dari Bell Boy, Reservation, Front Office Cashie, Room attendant, Public area, linen dan lain sebagainya.

Durasi belajar untuk program short course ditempuh dalam waktu 3 bulan belajar di lembaga dengan proporsi pembelaran 30% teori dan 70% praktek dan 6 bulan on the job training di industri hotel. Kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajarannya menggunakan kurikulum yang mengacu pada SKKNI (Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dan kurikulum yang dibutuhkan oleh dunia industri perhotelan serta senantiasa diperbaharui mengikuti perkembangan tren industri hospitality sekarang.