Langkah Konkret Pengembangan Pendidikan Vokasi Ditengah Pandemi Dengan Live Webinar

Beberapa waktu yang lalu, Bina Mutu Bangsa berhasil menyelenggarakan webinar bertajuk “Program Pendidikan Vokasi Jalur Cepat Kerja di Luar Negeri”, Sabtu 12 Juni bersama SMA Negeri 58 Jakarta.

Acara tersebut di isi oleh dua pembicara yaitu Dini Anggraini, instruktur Bahasa Inggris serta eks Kapal Pesiar dan Adjie Gumelar selaku CEO Bina Mutu Bangsa dan di moderatori oleh Anniza R. Joenoes.

Kegiatan webinar tersebut merupakan strategi Bina Mutu Bangsa guna memperluas pengetahuan pendidikan vokasi kepada siswa-siswi sekolah, betapa pentingnya vokasi di masa kini dan di masa mendatang.

Mengusung tema program pendidikan vokasi terkait merintis karir di luar negeri, Bina Mutu Bangsa memberikan pemahaman bahwa dengan pendidikan vokasi, mereka dapat meniti karir ke luar negeri.

Sejatinya, kini lulusan vokasi adalah lulusan yang paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar karena menghasilkan sumber daya alam (SDM) yang kompeten, unggul, dan berdaya saing.  

Baru-baru ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Gerakan “Nikah Massal” antara vokasi dan industri. Sebuah konsep link and match yang menegaskan kolaborasi, menempatakan Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) layaknya suami istri.

Seakan mengamini hal tersebut, Presiden Joko Widodo juga menyatakan ingin RI fokus kembangkan pendidikan vokasi. Menurut Jokowi pendidikan vokasi tempati posisi penting dalam strategi pengembangan.

Kendati demikian, mayoritas remaja saat ini tidak sepenuhnya mengerti dan memahami seperti apa itu vokasi, lalu kebanyakan remaja sangat gengsi untuk masuk pendidikan vokasi. Sekolah vokasi masih dijadikan sebagai batu loncatan dengan alasan mudah diterima dan dapat melanjutkan sarjana.

Padahal, ilmu terapan yang diajarkan di sekolah vokasi berbeda dengan program sarjana yang lebih menekankan teori ketimbang praktik. Seiring berjalannya waktu, naiknya kompetensi membuat vokasi tidak lagi dianggap sebelah mata.

Upaya yang ditempuh Bina Mutu Bangsa untuk memperkenalkan pendidikan vokasi dalam Webinar “Program Pendidikan Vokasi Jalur Cepat Bekerja di Luar Negeri” menandakan, BMB secara langsung telah menjalankan yang diinstruksikan oleh Presiden Jokowi, selain Bina Mutu Bangsa sendiri juga lembaga vokasi.

Rencananya, dalam waktu dekat acara webinar serupa akan kembali digelar dengan peserta yang berbeda, yaitu dengan SMA Negeri 99 Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by