MENELISIK AWAL MULA KEBERADAAN TABLE MANNER

Dalam kehidupan sehari-hari, ada saja aturan-aturan yang harus dipatuhi dalam melakukan suatu hal, baik itu hal yang besar maupun kecil. Sedari dulu kita telah diajarkan untuk menaati tata tertib atau tata krama yang telah ada.

Misalkan saja kita  ambil contoh yaitu makan. Orangtua kita pasti akan memarahi kita apabila saat sedang makan kita malah asyik mengobrol pada saat mengunyah lalu kita bersendawa setelah menyantap makanan. Nah tahukah anda? Semua itu ternyata juga bagian dari manner, dan berhubungan juga dengan yang namanya Table Manner.

Awal mula Table Manner

Manner (bahasa inggris) yang mana bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia yaitu tata krama. Lalu apa hubungannya dengan table manner? Table manner adalah etika atau tata krama dalam jamuan makan, mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutup.

Table manner dilakukan dalam jamuan makan resmi di tempat/gedung mewah, hotel berbintang, dan restaurant fine dining. Rapat-rapat yang dilakukan oleh para pejabat seringkali dilakukan bersamaan dengan jamuan makan table manner.

Table manner diperkenalkan oleh bangsa Eropa yang merupakan aturan standard terutama saat bersama-sama disebuah acara resmi atau acara makan keluarga besar. Meskipun sebenarnya etika tersebut telah ada jauh sebelum peradaban Eropa menyebar ke seluruh dunia.

Nah, Table Manner pertama kali dilakukan di Prancis pada 1533. Bangsawan Prancis mulai mengenal Table Manner saat Catherine de’ Medici menikah dengan Raja Henry II. Sebagai bangsawan Italia, de’ Medici merasa perlu mengubah etika makan Prancis. Para bangsawan Prancis saat itu masih menggunakan tangan yang berminyak untuk memotong daging makanan mereka. De’ Medici mengubah kebiasaan ini dengan menerapkan sejumlah aturan seperti pemakaian serbet, peralatan makan, hingga penataan letaknya.

Jika mampu menunjukkan sopan santun di meja makan, sebenarnya secara tidak langsung menunjukkan kualitas dan etika pergaulan seseorang .Etika makan tidak dibentuk secara tiba-tiba. Kualitas etika makan harus dilakukan sejak usia anak-anak dan remaja. Bila etika makan dibentuk secara instan maka akan menghasilkan kualitas etika makan yang tidak baik pula. Bila seseorang diundang disebuah restaurant terkenal atau jamuan makan malam resmi dengan meja makan yang sudah disetting sedemikian rupa harus mengikuti aturan etika makan yang baik.

Bina Mutu Bangsa percaya, pentingnya mempelajari Table Manner sangat bermanfaat agar mengakrabkan hubungan rekan kerja. Selain itu Table Manner juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dan tentunya mengajarkan sopan santun. Untuk itu, Bina Mutu Bangsa hadir untuk anda dan tentunya pilihan yang tepat bagi anda untuk mendapatkan pelatihan Table Manner ditempat kami. Anda menginginkan cara makan yang berkualitas bukan? Hubungi Bina Mutu Bangsa untuk upgrading table manner di perusahaan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by