Mengenal apa itu Vokasi


Dunia pendidikan tak ada habisnya melahirkan segenap anak-anak bangsa yang cerdas, kreatif, rajin, tekun, dan masih banyak lainnya. Namun kenyataannya, hal tersebut masih belum cukup karena banyak lulusan baru atau fresh graduate yang tak dapat terjun ke dunia industri. Akhirnya, pemerintah berinisiatif menangani masalah tersebut dengan lebih menggenjot pendidikan vokasi untuk menghasilkan SDM yang berdaya saing.

Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan keterampilannya di bidangnya, siap kerja, dan mampu bersaing secara global.

Pendidikan vokasi mengacu pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Dengan demikian, pendidikan terapan yang akan kamu dapatkan, kamu akan lebih banyak praktik ketimbang teori.

Secara umum pendidikan vokasi bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarianto mengatakan syarat dari lulusan vokasi yang mutlak adalah kompetensinya benar-benar sesuai kebutuhan industri dan bukan hanya mengandalkan ijazah.

Melalui pernikahan vokasi dengan dunia usaha dan industri, Ditjen Vokasi tengah menggenjot sinergi dan peningkatan kompetensi guru, hingga penyusunan kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan industri.

Direktur MITRAS DUDI, Ahmad Saufi juga memberi pernyataan bahwa pendidikan vokasi dapat memberikan kontribusi positif pada perekonomian daerah dan masih ditingkatkan sesuai dengan potensi daerah masing-masing. Apalagi saat ini lembaga vokasi terdiri dari 17 ribu lembaga pelatihan, 14 ribu SMK, dan 2200 politeknik dan sekolah vokasi.

Salah satu upaya yang ditempuh adalah melalui balai besar penjaminan mutu pendidikan vokasi bidang bisnis dan pariwisata yang banyak dicari oleh dunia industri

Tantangan Kualitas SDM :

  1. Perkembangan teknologi, terutama Teknologi Informasi dan Komunikasi
  2. Internasionalisasi dan Globalisasi:
  3. Perdagangan barang dan jasa lintas negara
  4. Mobilitas lintas negara
  5. Kompetisi antar negara
  6. Perkembangan ekonomi berbasis IPTEK dan ekonomi kreatif
  7. Globalisasi mengubah kondisi lapangan kerja : keterampilan baru, multi-bahasa, kemampuan komunikasi, negosiasi, pemahaman budaya antar bangsa
  8. Standar kualifikasi dan kompabilitas kualifikasi antar negara
  9. Kualitas tenaga kerja (ditentukan oleh kualitas pendidikan dan pelatihan) menentukan daya saing bangsa
  10. Kebutuhan akan kualifikasi yang makin tinggi untuk memasuki lapangan kerja lokal dan global

Mengapa Pendidikan Vokasi?

Kebutuhan akan kompetensi terapan yang langsung dapat memenuhi kebutuhan industri dilahirkan oleh lulusan pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi dalam prosesnya menekankan pada pengembangan praktek/terapan dibanding yang sifatnya teoritis. Peserta didik diberikan kemampuan yang dapat memberikan solusi dan pengembangan kreativitas berbasis potensi individu.

Memenuhi Kebutuhan Industri

Industri memerlukan sunber daya manusia yang dapat mengoperasikan program perusahaan. Proses adaptasi (probation period) menjadi lebih singkat, karena lulusan pendidikan vokasi dapat langsung memahami dan melakukan pekerjaan karena sesuai kebutuhan industri. Industri memerlukan level kompetensi dari mulai teknis, manajerial, dan practice.

Seperti lembaga pelatihan kerja Bina Mutu Bangsa, training centre yang berlokasi di Depok, Jawa Barat ini memiliki program short course yaitu barista. Bina Mutu Bangsa meneruskan semangat menjalankan pendidikan vokasi yang dicanangkan pemerintah demi memperbaiki kualitas SDM yang unggul dan berdaya saing.

Minat tinggi terhadap pekerjaan tersebut membuat barista menjadi salah satu pendidikan vokasi yang dibuka. Program-program yang membuka pelatihan barista banyak digelar seperti beberapa waktu yang lalu BPJS Ketenagakerjaan cabang Grogol dalam program Vokasi Indonesia Asik pelatihan barista dan beberapa sekolah, kampus ataupun lembaga vokasional seperti Bina Mutu Bangsa yang membuka kursus singkat atau sebutan lainnya short course pada bidang barista.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by