Bagaimana Menjadi Seorang Office Boy yang Terhormat?

Menjadi seorang Office Boy (OB), bukan hanya soal datang ke kantor, menunggu permintaan atasan untuk membelikan makanan, lalu setelah itu leha-leha, ngobrol dengan rekan kerjanya, tidur atau bahkan berani meninggalkan tempat kerjanya. Hal-hal tersebut menjadi kendala yang dialami oleh salah satu klien kami, PT. Waskita Beton Precast, Tbk.

Pada bulan Maret 2018 lalu, Bina Mutu Bangsa menjalin kerjasama dengan salah satu subsidiary dari PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, yaitu PT. Waskita Beton Precast, Tbk. WBP berkeinginan agar para OB-nya memiliki pengetahuan dan keterampilan lebih dalam melayani para atasan dan juga tamu luar, juga memiliki manner yang baik dan tentunya menjadi pribadi yang well-groomed, karena para office boy disana merupakan tulang punggung operasional di WBP.

Para pegawai office boy di WBP, rerata adalah rekrutmen dari outsource yang belum penah dibekali knowledge dan skill dalam bidangnya, maka dari itu Bina Mutu Bangsa hadir untuk membekali mereka. Dimulai dari materi pelayanan prima, grooming and greeting, sampai kepada urut-urutan pelayanan yang semuanya diselingi role-play, memberikan gambaran tidak hanya kepada para office boy yang dilatih, namun juga kepada jajaran manajemen yang mengikuti pelatihan ini.

Tujuan dari pelatihan ini adalah para peserta paham bagaimana memberikan pelayanan yang prima dalam keseharian mereka ketika melayani atasan. Mereka mengerti bagaimana pentingnya kebersihan diri sendiri dan kebersihan alat kerja mereka, karena pada saat mereka mengantarkan minuman misalnya, terkait dengan hygiene dan sanitasi pada tubuh dan gelas mereka.

Hal lain yang menjadi titik fokus pada pelatihan ini adalah peserta memahami betul bagaimana prosedur-prosedur yang harus dilakukan ketika mau memberikan pelayanan kepada tamu dan atasan, etika yang harus digunakan ketika melayani. Peserta juga dibekali dengan 70% komponen praktek tata cara menghidangkan makanan dan minuman ke ruang direksi, standby ketika sedang ada rapat besar di kantor, dan tata cara pelayanan lainnya.

Kami bangga dan bahagia, dipercaya oleh PT. Waskita Beton Precast, Tbk., menjadi partner terpilih untuk berbagi dengan level low management dari WBP. Kami berharap, perubahan terjadi dalam diri setiap individu pada level office boy yang ada disana. Bina Mutu Bangsa juga membekali mereka sebuah jargon bahwa,”Pelayan adalah manusia terhormat yang melayani orang terhormat, maka hormatilah dirimu sebelum kamu ingin dihormati orang lain..”

Salam hospitality, Waskita Beton!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by