Ilustrasi pensiunan yang produktif

Pelatihan Kewirausahaan Masa Persiapan Pensiun

Masa Persiapan Pensiun adalah waktu dan kesempatan yang diberikan oleh sebuah instansi atau perusahaan kepada pegawainya yang usianya mendekati batas usia pensiun. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 2015, yang menentukan Batas Usia Pensiun bagi Pekerja adalah 56 (lima puluh enam) tahun.

Masa persiapan pensiun (MPP) menjadi masa yang cukup mengkhawatirkan bagi kalangan pegawai yang usianya menginjak 50 tahun keatas yang belum mempunyai perencanaan menjelang purnabakti. Perencanaan kegiatan yang terpenting untuk tetap produktif ketika memasuki pensiun agar dapat memberikan penghasilan tambahan.

Oleh karena itu Bina Mutu Bangsa hadir memberikan solusi untuk memberikan pelatihan kewirausahaan yang dikhususkan untuk para pegawai yang berada dalam masa persiapan pensiun. Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini untuk menjadikan seorang pensiunan yang hebat dalam hal spiritual maupun finansial. Kesiapan secara psikologi menjadi penting mengingat pensiunan rentan akan stress. Selain itu bagaimana menyiapkan masa pensiun untuk berwirausaha.


Program pelatihan wirausaha pensiunan bertujuan membentuk seorang pensiunan menjadi seorang pensionpreneur atau pengusaha pengusaha . Program ini dirancang khusus bagi perusahaan, institusi pemerintahan, komunitas dan lembaga lainnya yang akan memberikan pelatihan wirausaha untuk persiapan pensiun untuk para pegawainya. Bentuk pelatihan wirausaha pensiun ini cukup unik yaitu berupa pelatihan berbasis kewirausahaan, melalui format training, workshop, coaching, monitoring dan consulting.

Dalam pelatihan yang berbasis kewirausahaan, Bina Mutu Bangsa mempunyai tiga klasifikasi pelatihan. Pertama, pelatihan dengan materi soft skill (penguatan maindset wirausaha dan spiritual). Kedua, pelatihan dengan materi hard skill (penguatan untuk menciptakan produk dan product costing). Ketiga, pelatihan dengan coaching & consulting (pendampingan dalam menjalan usaha seperti pemasaran, analisa pasar, monitoring produk, pengembangan produk dan lain-lain)