short course: BARISTA

Penyajian kopi yang nikmat tidak hanya dipengaruhi oleh biji kopi yang berkualitas namun juga proses pembuatannya. Oleh karena itu, peran seorang barista di setiap kedai kopi maupun cafe sangat vital dan dituntut menjadi seorang professional. Nah program short course barista ini dirancang khusus bagi mereka yang ingin belajar dalam waktu singkat guna memperdalam pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) di bidang barista.

Program short course ini terbukti praktis dan efektif untuk meningkatkan skill dan karakternya agar lebih professional dalam berkarir di industri hospitality khususnya barista. Tujuan diselenggarakan short course ini adalah untuk mencetak tenaga terampil siap kerja di bidang barista tingkat ahli pratama yang siap untuk melaksanakan kegiatan operasional barista mulai dari penanganan pesanan tamu sampai dengan farewell.

Skill & knowledge yang akan dipelajari mengenai introduction to hospitality, introduction to barista, communication skill, english special purpose, service excellent, expresso/latte/cappucino making  serta mata kuliah lainnya diajarkan melalui teori dan praktek secara langsung. Durasi belajar untuk program short course  ditempuh dalam waktu 3 bulan dengan proporsi belajar 30% teori dan 70% praktek.

Kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajarannya menggunakan kurikulum yang mengacu pada SKKNI (Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dan kurikulum yang dibutuhkan oleh dunia industri perhotelan serta senantiasa diperbaharui mengikuti perkembangan tren industri hospitality sekarang.