PELATIHAN BARISTA

Penyajian kopi yang nikmat tidak hanya dipengaruhi oleh biji kopi yang berkualitas namun juga proses pembuatannya. Oleh karena itu, peran seorang barista di setiap kedai kopi maupun cafe sangat vital dan dituntut menjadi seorang professional. Nah program short course barista ini dirancang khusus bagi mereka yang ingin belajar dalam waktu singkat guna memperdalam pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) di bidang barista.

Pelatihan Barista ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai jenis-jenis serta karakter kopi, keterampilan teknik meracik dan menyeduh kopi mulai cupping, manual brew, espresso based, cappuccino dan latte art. Selain itu diberikan juga pemahaman tentang profesi dan tugas-tugas seorang barista yang professional dan hospitable.

Kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajarannya menggunakan kurikulum yang mengacu pada SKKNI (Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) serta kurikulum yang dibutuhkan oleh dunia industri barista serta senantiasa up-to-date mengikuti perkembangan tren industri barista sekarang.

Adapun durasi belajar yang ditawarkan pada program short course ini tergantung dari jenis pelatihan barista yang diambil atau dapat ditempuh dalam waktu 1 bulan dengan proporsi pembelajaran 30% teori dan 70% praktek.Pelatihan barista yang Bina Mutu Bangsa tawarkan dikemas menjadi beberapa modul pelatihan yang terbagi menjadi tiga jenis pelatihan diantaranya