Pelayanan Prima, Salah Satu Faktor Penting Dalam Sebuah Pekerjaan

Dalam melakukan suatu pekerjaan dibutuhkan kecekatan, kepintaran, kecakapan, wawasan yang luas, menyelesaikan pekerjaan yang diemban tepat waktu saat deadline telah ditentukan. Apakah hanya itu saja sudah cukup? Nyatanya tidak! Lalu, apa sih salah satu faktor yang melengkapi list yang tadi disebutkan? Untuk itu coba kita simak hal-hal berikut ini.

Sikap atau attitude tak boleh dilupakan apabila melakukan suatu pekerjaan. Bekerja bukan hanya mengerjakan sesuatu lalu selesai. Memang mengerjakan sesuatu dan menyelesaikannya dengan baik dan benar membanggakan. Lalu, tanpa dibarengi sikap yang baik semua menjadi sia-sia saja. Karena pribadi kita yang menilai adalah orang lain, jika orang lain melihat sikap kita kurang baik otomatis citra kita buruk dimata mereka.

Salah satu faktor yang penting dan akan melengkapi daftar yang disebutkan tadi adalah pelayanan prima atau kata kerennya dalam bahasa inggris yaitu service excellent. Apa sih pelayanan prima? Kita awali dahulu dengan  definisi dari pelayanan atau service.

Jasa (service/pelayanan) adalah suatu produk yang tidak nyata (intangible) dari hasil kegiatan timbal balik antara pemberi jasa (produser) dan penerima jasa (customer) melalui suatu atau beberapa aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Jasa diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan dimana interaksi antara pemberi jasa dan penerima jasa mempengaruhi jasa tersebut. Lalu prima/excellent yaitu sangat baik, mendekati nol kesalahan (zero deffect). Jika dijabarkan secara lengkap adalah pelayanan yang baik atau utama, yaitu pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan penerima jasa atau dapat memberikan kesesuaian bahkan melebihi keinginan (harapan) penerima jasa.

Tujuan pelayanan prima tak lebih adalah “Citra”. Citra yang baik akan mampu mendapatkan keuntungan jangka panjang, hal tersebut akan berhasil jika pelayanan diberikan dengan tujuan memberikan kepuasan bagi para pelanggannya.

Ada 5 hal utama yang wajib diprioritaskan dalam Pelayanan Prima seperti Tangible, Responsive, Reliability, Emphaty, dan Assurance. Mari kita tengok satu persatu 5 hal tadi yang wajib ada dalam Pelayanan Prima.

Pertama yang harus ada di dimensi ini dalam Pelayanan Prima yaitu Tangible (bukti nyata), karena suatu jasa tidak bisa dilihat, tidak bisa diraba maka aspek tangible menjadi penting sebagai ukuran terhadap pelayanan. Pelangggan akan menggunakan indera penglihatan untuk menilai suatu kualitas pelayanan. Buktikan bahwa kita dapat melayani dengan baik sehingga pelanggan mengapresiasi dan menilai cara kerja kita yang sangat baik.

Yang kedua dalam Pelayanan Prima ada Responsive atau cepat tanggap, harapan pelanggan terhadap kecepatan pelayanan. Disini sebaiknya proses dalam jangka waktu pelayanan harus dikomunikasikan kepada pelanggan. Apabila ada keluhan atau sesuatu yang disampaikan oleh pelanggan, kita harus cepat tanggap dalam menangani masalah tersebut. Dalam menerima keluhan pelanggan, kita harus cepat memutuskan sesuatu yang tentunya keputusan terbaik untuk pelanggan dan tentunya layani dengan baik.

Lalu yang ketiga, Reliability atau handal. Untuk kategori ini terdapat 2 aspek, yang pertama kemampuan untuk melakukan suatu pelayanan harus sesuai dengan apa yang dijanjikan dan kedua pemberian pelayanan yang akurat dan tidak error.

Selanjutnya yang harus ada dalam Pelayanan Prima di nomor 4 adalah Emphaty yaitu rasa kepedulian untuk memberikan perhatian lebih secara individu kepada pelanggan. Biasanya pelanggan mengharapkan agar perusahaan mengenal mereka. Dimensi ini sesuai dengan teori kebutuhan Maslow. Bayangkan apabila kita ada di posisi pelanggan dan membutuhkan pertolongan, namun tak ada satupun yang menolong. Tak mau kan? Maka dari itu kita harus lebih bersikap empati.

Dan terakhir yang harus ada di dalam Pelayanan Prima adalah Assurance. Assurance berarti jaminan, yang mana jika dijelaskan secara harfiah kemampuan karyawan dalam menanamkan rasa percaya dan keyakinan kepada para pelanggannya. Pada kategori ini juga terdapat 4 aspek yang harus ditanamkan oleh pemberi jasa antara lain keramahan, kompetensi, kredibilitas, dan keamanan.

Jangan lupa dengan satu ini, ada 5 langkah untuk tercapainya Pelayanan Prima. Berikut daftarnya :

  1. Great Behavior, membangun perilaku
  2. Friendliner-Ramah, Bersahabat
  3. Wellgroomed-Kelihatan rapih (terpelihara dengan baik)

Standart penampilan-Percaya diri-Jasmani dan Rohani

  • Politic-Bijaksana, Mudah maklum
  • Recovery Liner-Melakukan banyak introspeksi
  • Personal QualityPersonal Development-Menambah pengetahuan, wawasan
  • Excellence Attitude (berperilaku baik)-perilaku yang menyenangkan orang lain
  • Communication Skill-Melakukan komunikasi dengan baik-Komunikasi dua arah
  • Self Disclipine-(ketertiban diri sendiri)

Nah itu tadi penjelasan mengenai Pelayanan Prima yang wajib diemban oleh para pemberi jasa dalam melakukan suatu pekerjaannya. Karena bekerja tak hanya mengandalkan kepintaran saja, namun dengan attitude atau sikap yang baik pula. Demi kebaikan citra perusahaan dan kebaikan si pemberi jasa itu sendiri. Bagaimana? Penting bukan? Maka lakukan hal ini segera apabila anda belum mempraktekkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by