Penandatangan MOU Pelatihan Vokasional BPJS Ketenagakerjaan Cab. Jakarta Grogol – Bina Mutu Bangsa

Data dari BPJS Ketenagakerjaan menunjukkan ada sekitar 1,7 juta orang menjadi pengangguran atau berhenti bekerja dengan berbagai alasan, salah satunya adalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Ini menjadi fokus yang menarik perhatian BPJAMSOSTEK, yang akhirnya meluncurkan Program Vokasi bagi pekerja yang kehilangan mata pencaharian.

Apa itu vokasi?

Vokasi atau lebih dikenal di masyarakat dengan sebutan pelatihan kerja merupakan upaya pemerintah untuk membentuk sumber daya manusia unggul dan tangguh sesuai dengan program kerja Presiden Joko Widodo.

Dengan adanya vokasi, maka pekerja yang sempat ter-PHK atau sedang menganggur akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan yang ingin dikembangkan atau yang telah dimiliki. Diharapkan, hal itu dapat membuka peluang bagi mereka untuk dapat bekerja kembali pada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa ahli.

Dalam pelaksanaan ini, peserta diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang diinginkan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Terdapat beberapa bidang yang dapat menjadi pilihan, seperti pariwisata, digital kreatif, perkebunan, manufaktur, garmen, jasa kemasyarakatan, konstruksi, dan tenaga kesehatan non medis.

Demi membantu menyelamatkan pekerja terkena dampak PHK dikarenakan pandemi covid-19 yang menyebabkan keadaan ekonomi disektor perusahaan mengalami kelumpuhan, akhirnya BPJS Ketenagakerjaan membuka program Vokasi Indonesia Asik 2020 dengan menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) agar para peserta yang mengikuti mendapatkan pelatihan untuk upgrading skill yang berguna jika ingin bekerja kembali.  

Penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) antara BPJS Ketenagakerjaan cabang Grogol dan Bina Mutu Bangsa untuk program Vokasi Indonesia Asik 2020 akhirnya telah rampung beberapa waktu yang lalu. Proses penandatanganan yang berlangsung pada 22 juli 2020 ini nantinya akan menciptakan sebuah program yaitu Vokasi Indonesia Bekerja. Peluncuran program Vokasi Indonesia Asik bertujuan untuk memberikan pelatihan kerja bagi masyarakat.

Lewat program ini, BPJS Ketenagakerjaan cabang Grogol tentu ingin berpartisipasi membangun ekosistem baru untuk memberdayakan pekerja yang putus kontrak alias PHK. Tentu tak berjalan sendiri, BPJS Ketenagakerjaan cabang Grogol bekerjasama dengan lembaga pelatihan kerja (LPK) seperti salah satunya bekerjasama dengan LPK Bina Mutu Bangsa. Bina Mutu Bangsa nantinya yang akan melatih para peserta pelatihan yang telah terdaftar.

Pelatihan yang dibuka antara lain seperti Barista, Front Office Hotel, dan Travel & Tourism. Peserta yang nantinya ingin mendaftar pelatihan dapat memilih salah satu dari bidang tersebut. Pelatihan digelar dengan 10 peserta per batch nya. Mendapatkan uang saku selepas pelatihan berdurasi total 6 hari dengan pembagian waktu 5 hari pelatihan serta uji kompetensi di hari terakhir.

Faktor terpilihnya Bina Mutu Bangsa sebagai partner BPJS Ketenagakerjaan pada program ini karena Bina Mutu Bangsa berpengalaman selama 12 tahun dalam menjalankan training hospitality serta pernah mengikuti project serupa, tepatnya pada tahun 2019 pernah menjalankan program Vokasi Indonesia Bekerja program FnB Service dan Housekeeping dengan BPJS Ketenagakerjaan cabang Rawamangun. Maka dari itu, untuk program selanjutnya yang akan running, Bina Mutu Bangsa kembali terpilih menjadi partner bagi BPJS Ketenagakerjaan cabang Grogol untuk penyelenggaraan Vokasi Indonesia Asik 2020.   BPJS Ketenagakerjaan cabang Grogol ingin turut andil ‘menyelamatkan’ mereka yang mengalami PHK saat pandemi covid-19 dengan memberikan pelatihan untuk mengasah skill dan keterampilan agar dapat dipergunakan keahlian tersebut dalam mengarungi industri yang baru. Program ini diharapkan dapat dimaksimalkan dengan baik dan dijalankan penuh dengan tanggungjawab serta sangat bermanfaat bagi yang menjalankan.

Komentar ditutup.

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by