Pentingnya Service Excellence Dalam Profesi Driver

Service excellence harus dimiliki oleh mereka yang bekerja di industri hospitality tak terkecuali dengan seorang driver. Seorang driver tak melulu berurusan dengan tamu atau penumpang dalam hal jemput dan mengantar saja. Tetapi, pentingnya service excellence yang melekat pada diri seorang driver agar membuat tamu atau penumpang mendapatkan pelayanan yang berkualitas, mendapatkan pelayanan dan perhatian yang lebih dari yang diharapkan.

Jika begitu, bukan tak mungkin misalkan seorang tamu dan atasan akan sangat menyukai cara kerja kita dan citra kita dengan sendirinya menjadi lebih baik dan disenangi oleh semua penumpang. Bayangkan betapa menyenangkannya apabila melihat tamu atau penumpang sangat senang dan nyaman apabila sang driver dalam bekerja mengutamakan service excellence-nya.

Saat akan menaiki mobil sang driver membukakan pintu, mengucapkan selamat pagi, siang, sore, atau malam. Apabila seorang driver mengutamakan service excellence dibalut dengan komunikasi pribadi yang baik, tamu/penumpang akan merasa senang diajak mengobrol di dalam mobil membuat suasana cair, tentunya dengan hal pembicaraan yang baik tentunya.

Bisa anda bayangkan apabila skill dalam diri seorang driver tidak dibarengi dengan service excellence? Satu per satu komplain akan mendatangi kita karena sikap kita yang kurang baik. Apalagi kita menjadi seorang driverperusahaan milik negara, service excellence sangat wajib diperhatikan dan diberikan setiap ada tamu atau penumpang.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan seorang driver agar dapat melayani secara service excellence? Coba kita simak sedikit beberapa tulisan dibawah ini.

Bagi seorang driver, ada beberapa langkah dalam membangun service excellence seperti membangun perilaku yang ramah atau bersahabat, berpakaian rapih, banyak introspeksi diri dan bijaksana.

Serta dapat berkomunikasi secara dua arah, berwawasan yang luas, perilaku yang menyenangkan orang lain, dan ketertiban atas diri sendiri. Dan juga terdapat 5 hal yang patut di praktekkan seperti tangible (bukti nyata), responsive (cepat tanggap), reliability (handal), emphaty (rasa kepedulian) dan assurance (jaminan).

Apabila anda seorang driver, bayangkan jika anda tidak berpakaian yang rapih. Pasti tamu berfikir anda tidak menghormatinya. Kemudian perilaku anda yang kurang menyenangkan, tamu merasa anda sangat tidak sopan.

Begitu juga dalam hal bijaksana. Sebagai driver anda juga harus dapat mengambil tindakan yang bijaksana dalam menentukan beberapa hal. Maka, pentingnya service excellence sudah tidak diragukan lagi. Unsur-unsur diatas bila dipenuhi oleh anda sebagai seorang driver, bukan tak mungkin tamu-tamu akan menggunakan jasa anda lagi karena tamu merasa nyaman bukan secara antar-jemput saja, namun sikap yang baik.

Disisi lain, seorang driver juga perlu mendapatkan pelatihan agar dapat menjalani itu semua. Bagaimana caranya? Perusahaan tempat driver bekerja juga harus berperan dengan cara mendatangkan instruktur driver dari lembaga pelatihan agar dapat mengajarkan para drivernya bagaimana meningkatkan mutu pelayananannya. Apabila seorang driver mentaati beberapa hal diatas dalam sebuah profesinya, bisa dikatakan dia telah menjalankan service excellence dan ini menjadi sebuah pencapaian yang sangat memuaskan bagi seorang driver dan anda menjadi seorang driver yang profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by