Pentingnya Service Excellence Dalam Sebuah Pekerjaan

Apakah kamu pernah ke sebuah restoran tapi pelayanannya kurang menyenangkan serta tidak cepat tanggap? Tandanya, restoran tersebut belum memiliki sikap service excellence. Padahal, service excellence penting karena bertujuan memberikan kepuasan bagi para pelanggan.

Membahas service excellence berarti juga menyangkut hospitality, karena sudah pasti kedua hal tersebut saling berkaitan dan satu kesatuan. Hospitality merupakan sikap keramahtamahan yang dilakukan antar sesama manusia. Yang mana berarti service excellence sudah pasti masuk dalam materi hospitality.

Lalu, kita akan pelajari apa itu service excellence dan 5 hal yang harus diprioritaskan dalam service excellence. Maka dari itu, yuk coba kita simak penjelasannya berikut ini :

Service excellence

Jasa (service/pelayanan) adalah suatu produk yang tidak nyata (intangible) dari hasil kegiatan timbal balik antara pemberi jasa (produser) dan penerima jasa (customer) melalui suatu atau beberapa aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Jasa diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan dimana interaksi antara pemberi jasa dan penerima jasa mempengaruhi jasa tersebut lalu prima/excellence yaitu sangat baik, mendekati nol kesalahan.

Jika dijabarkan secara lengkap, service excellence adalah pelayanan yang baik dan utama atau pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan penerima jasa atau dapat memberikan kesesuaian bahkan melebihi keinginan (harapan) penerima jasa.

Ada 5 hal utama yang wajib diprioritaskan dalam service excellence :

Tangible (bukti nyata)

Karena suatu jasa tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, maka aspek tangible menjadi penting sebagai ukuran terhadap pelayanan

Responsive (Cepat Tanggap)

Disini sebaiknya proses dalam jangka waktu pelayanan harus dikomunikasikan kepada pelanggan. Apabila ada keluhan atau sesuatu yang disampaikan oleh pelanggan, kita harus cepat tanggap dalam menangani masalah tersebut.

Reliability (Handal)

Untuk kategori reliability terdapat dua aspek, yang pertama kemampuan untuk melakukan suatu pelayanan sesuai dengan apa yang dijanjikan. Aspek kedua yaitu pemberian pelayanan yang akurat dan tidak error.

Emphaty (Empati)

Empati atau rasa kepedulian untuk memberikan perhatian lebih secara individu kepada pelanggan

Assurance (Jaminan)

Kemampuan karyawan dalam menanamkan rasa percaya dan keyakinan pada pelanggannya.

Itulah tadi 5 hal utama yang wajib diprioritaskan dalam service excellence. Service excellence begitu penting dalam sebuah pekerjaan apalagi jika bekerja pada industri perhotelan. Sudahkah kamu melayani pelanggan secara service excellence? Jika belum, segera lakukan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by