Pentingnya “standard recipe” dalam sebuah restaurant

Sebuah makanan bukan hanya sekadar makanan. Tetapi, makanan haruslah memiliki cita rasa yang tinggi dan terdapat nilai gizi yang baik pada makanan tersebut bagi tubuh kita.

Mungkin sebagian besar dari kita barangkali pernah berkunjung ke suatu restoran atau tempat makan dimana terdapat berbagai macam menu yang ditawarkan. Jika kita menilik, pasti pada restoran tersebut menerapkan aturan standar resep pada apa yang disajikan menu restoran tersebut.

Restoran tidak mungkin bertindak gegabah dengan memasak makanan namun tidak adanya ketelitian dalam aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan dalam pengolahan makanannya, agar tersaji dengan lezat dan kaya akan nilai gizi.

Resep makanan adalah alat bantu yang penting untuk memasak yang merupakan serangkaian catatan yang berisi informasi penting tentang masakan tertentu. Pertimbangan dalam memasak ternyata juga diperlukan lho.

Nah lalu mengapa sih standar resep itu sangat penting ?

Dalam memasak makanan, kita wajib memperhatikan apa saja yang harus dilakukan agar dapat menciptakan makanan sesuai selera. Standar resep jelas sangat diperlukan. Dengan standar resep akan menciptakan kualitas dan kuantitas makanan tetap terjaga sehingga pengawasan lebih tepat.

Pada sebuah restoran pastilah standar resep sangat sangat diperhitungkan dan penting. Bagaimana dalam memasak makanan, mereka memperhatikan tata cara ataupun petunjuk dalam persiapan memasak, memperhitungkan porsi dan ukurannya, bahan makanan apa saja yang diperlukan, waktu yang diperlukan untuk memasak, hingga bagaimana cara menghidangkannya. Itulah guna sebuah standar resep pada sebuah restoran.

Semua itu dilakukan untuk menciptakan sebuah masakan yang bermutu tinggi, lezat, kaya akan gizi. Yang mana, dampak dari keberhasilan memasak akan memuaskan para pelanggan restoran tersebut. Pelanggan pasti akan kembali lagi untuk datang ke restoran tersebut karena masakan yang bermutu dan tidak menutup kemungkinan juga, restoran tersebut akan ramai karena diperbincangkan dari mulut kemulu karena kelezatan makanan yang disajikan restoran tersebut. Ya, semua itu tidak lepas dari peran adanya standar resep pada sebuah restoran.

Bagaimana bila memasak tanpa standar resep yang jelas?

Jika kita saksikan secara seksama, memasak makanan tanpa standar resep yang ditentukan jelas menimbulkan masalah. Bisa jadi hasil jadinya tentu merugi baik itu rugi uang, mutu, waktu, dan lainnya hingga salah nilai gizi.

Bila sudah seperti ini apapun yang dihasilkan oleh kesembronoan restoran yang tidak memperhatikan aspek tersebut akan merugi, hingga menyebabkan merosotnya jumlah pelanggan yang datang sebab makanan tidak bermutu tinggi.

Standar resep adalah satu set instruksi yang menjelaskan cara yang spesifik dalam menyiapkan masakan tertentu, dengan menggunakan alat tertentu dan dihidangkan sesuai selera tertentu.

Berikut ada beberapa poin penting dalam standar resep :

  • Nama Resep
  • Hasil, termasuk porsi dan ukuran
  • Bahan makanan dan jumlah
  • Alat yang dibutuhkan
  • Petunjuk dalam persiapan dan pemasak (dibuat sederhana)
  • Waktu yang dibutuhkan untuk persiapan dan memasak
  • Cara menghidangkan (porsi, alat, garnis)
  • Petunjuk untuk menyimpan

Fungsi standar resep antara lain :

  • Pengawasan Mutu       : Hasil sama siapapun yang menggunakan.
  • Pengawasan Jumlah    : Jumlah bahan makanan dan porsi dan hasil yang tepat.

Kembali lagi dipertengahan tulisan ini, dengan adanya standar resep, kualitas dan kuantitas makanan tetap terjaga sehingga pengawasan lebih tepat. Hal tersebut yang menjadi salah satu konsentrasi pelatihan food product yang diselenggarakan oleh bina mutu bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by