Perlukah Office Boy utamakan Service Excellence?

Service Excellence adalah umumnya hal yang harus dilakukan bagi mereka yang bekerja dibidang penjualan jasa. Katakanlah seperti hotel, rumah sakit, dan lain-lain. Sebenarnya, apapun sektor jasanya haruslah mengutamakan service excellence.

Service excellence adalah suatu produk tidak nyata (intangible) dari hasil kegiatan timbal balik antara pemberi layanan kepada penerima layanan melalui suatu atau beberapa aktivitas untuk memenuhi kebutuhan rekan kerja dan pimpinan.

Service excellence merupakan pelayanan yang berfokus kepada pelanggan, baik kepada pelanggan internal seperti rekan kerja dan pimpinan maupun pelanggan external yaitu tamu dengan memberikan pelayanan terbaik (pelayanan dengan hati).

Semua profesi yang dijalani sejatinya harus mengaplikasikan service excellence dalam melayani orang lain. Pertanyaannya lalu muncul, apakah service excellence wajib dipraktekkan pada satu profesi ini yaitu Office boy?

Jawabannya adalah ya tentu saja service excellence penting, apalagi untuk seorang office boy. Office boy pekerjaannya sehari-hari yaitu membantu dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh staff umum, bertanggungjawab atas kebersihan dan kerapian kantor dan sekitarnya dan bertanggungjawab kepada staff umum.

Seperti yang kita ketahui melihat posisi pekerjaannya yang dibelakang sendiri, seringkali para pemimpin yang menyepelekan kehadirannya, tapi faktanya kehadiran office boy sangatlah menunjang kepuasan pelanggan.

Untuk membuktikannya kita dapat menyaksikan sendiri tugas office boy seperti :

  1. Membersihkan ruangan
  2. Mengepel ruangan
  3. Menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan
  4. Membuang sampah
  5. Mempersiapkan kebutuhan atas seperti minuman dan makanan
  6. Menjadi pesuruh pada perkantoran/perusahaan

Bagaimana dari sini tergambar seorang office boy sangat penting kehadirannya hingga membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan bersih. Lalu bisa dibilang bahwa office boy menjadi pelengkap aset penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tugas utama seorang office boy adalah menjaga kebersihan dan kenyamanan, dan tugas ini pun termasuk ke dalam service excellence pada sebuah perusahaan.

Pemahaman yang harus diberikan bagi untuk seorang office boy agar bisa diterapkan seperti :

  • Mengajarkan kepada office boy untuk selalu memberi sapaan dan santun kepada siapapun yang mereka temui tak hanya pimpinan tapi juga pada pelanggan ataupun bisa dengan sesama karyawan
  • Mengajarkan selalu ramah pada siapapun yang mereka temui
  • Mengajarkan pada office boy mengenai kedisiplinan dan ketepatan kerja.
  • Mengajarkan office boy untuk selalu mengucapkan kata permisi ketika sedang bekerja dan akan mengganggu orang lain. Contohnya seperti office boy saat akan mengepel lantai namun disitu ada pelanggan yang sedang berdiri. Jadi office boy harus mengatakan permisi sebelum mereka mengepel. Sikap seperti ini merupakan tindakan sopan santun dan menghargai tamu/pelanggan.
  • Meminta maaf apabila melakukan kesalahan. Namun service excellence adalah pelayanan yang mendekati nol kesalahan sehingga kesalahan harus dihindari secara maksimal.
  • Saat office boy bekerja harus teliti dan menjaga keamanan orang lain. Misalnya saat mengepel lantai wajib memberika papan peringatan agar orang-orang yang lewat tidak terpeleset atau juga bisa office boy itu sendiri yang mengatakan “hati-hati licin” saat ada orang lain yang lewat

 Itulah tadi beberapa poin yang harus dipahami oleh seorang office boy dalam melayani secara service excellence. Meraih kepuasan pelanggan terkadang tak melulu didapat dari seseorang dengan posisi yang lebih tinggi. Namun, dari seorang office boy pun juga bisa meraih kepuasan pelanggan terhadap jasa kita apabila seorang office  boy melayani dengan service excellence. Bagaimana, apakah anda masih berfikir bahwa service excellence tak perlu dimiliki oleh seorang office boy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by