PKW 2021 Berakhir, Apa Saja Rintisan Usaha yang Dihasilkan?

Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2021 resmi ditutup pada Jumat, 22 Oktober beberapa waktu yang lalu. Kegiatan penutupan tersebut dihadiri secara langsung oleh instruktur hospitality Purwaningsih Sardewi, Ketua UMKM Cisalak Pasar Munasik, dan seluruh peserta didik PKW 21.

Rangkaian acara penutupan PKW 21 diawali pidato penutupan dari Ketua UMKM Cisalak Pasar, Munasik dan dilanjutkan dengan instruktur hospitality, Purwaningsih Sardewi, penyerahan sertifikat dan sesi foto bersama dengan seluruh peserta didik PKW 21.

Sebelumnya, kegiatan PKW dilakukan selama 5 bulan, terhitung sejak awal Juli 2021 saat sosialisasi program PKW hingga teaching factory yang dilaksanakan di Felfest Faculty Club, Universitas Indonesia. Wajah baru pun menyelimuti pagelaran itu, karena pembelajaran secara teori dan praktek dilangsungkan dengan sistem blended training (onlineoffline).

Terdapat beberapa pihak yang terkait turut serta meramaikan dan memonitoring keberlangsungan program PKW. Diantaranya, kemunculan Staff POKJA Kemendikbudristek, Chaerudin dan Akbar Anas, Kasi Pendidikan Masyarakat (DIKMAS) Dinas Pendidikan Kota Depok, Bambang Pramudyono, Analis Data dan Informasi PTK Paud Dikmas Dinas Pendidikan Kota Depok, Budi Hermawan, dan Ahmad Ramdhoni, selaku Penilik Kecamatan Cimanggis Kota Depok.

Menurut Chaerudin, peserta didik mayoritas mendukung digelarnya program PKW. Disela-sela kunjungannya, Chaerudin juga berpesan kepada anak-anak PKW 2021 agar bersungguh-sungguh dalam menjalankan rintisan usaha tersebut.

“Untuk peserta didik yang tadi kita sudah melakukan interview, wawancara dan mereka rata-rata mendukung dengan adanya program ini” ujar Chaerudin saat ditemui secara langsung di Kantor Bina Mutu Bangsa.

Program PKW yang diinisiasi oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbudristek) tersebut dibuat dengan maksud dan tujuan memberdayakan masyarakat dengan memberi pelatihan keterampilan agar menambah bekal pengetahuan, dan sikap berwirausaha sesuai dengan kebutuhan dan peluang usaha.

Bina Mutu Bangsa sendiri telah ditunjuk oleh Kemendikbudristek untuk menjalankan program berbasis kewirausahaan tersebut sejak edisi 2018 hingga kini dipercaya kembali pada tahun 2021. Lalu, apa saja rintisan usaha yang dihasilkan pada pagelaran program PKW kali ini?

Scuti Keliling

Scuti Keliling, Salah Satu Rintisan Usaha PKW 2021 Yang Menyajikan Aneka Kopi

Rintisan usaha PKW 21 dengan nama “Scuti Keliling” merupakan rintisan usaha dengan produk olahan kopi yang tentunya sangat digemari oleh kawula muda saat ini. Kedai kopi yang bertempat di Jakarta Selatan tersebut memiliki menu-menu aneka kopi seperti aneka kopi susu, manual brew, non coffee dan camilan.

Scuti Keliling dapat kalian kunjungi di Jalan Damai 2 No.1, RT.6/RW.2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Coffee Ride

Tim Bina Mutu Bangsa Melakukan Kunjungan Dalam Rangka Monitoring Salah Satu Rintisan Usaha Peserta Didik PKW 2021, Coffee Ride

Bergeser sedikit ke daerah Depok, “Coffee Ride” menjanjikan tempat nongkrong yang tidak biasa dengan konsep semi warkopnya. Jika biasanya warkop memiliki bangku, maka semi warkop yang diterapkan oleh coffee ride ini adalah tanpa bangku.

Rintisan usaha PKW ini menyediakan kopi, roti bakar, aneka camilan dan aneka olahan minuman. Coffe Ride berlokasi di Warung Indar (Depan Bidan Rohyani), Jalan Tunas Bhakti Raya RT.10 RW.02, Cimanggis, Depok.

Sateology

Sateology, Rintisan Usaha PKW 2021 Yang Menyajikan Sate Taichan

Kalian penikmat sate-satean? Yang satu ini tidak bisa Anda lewatkan. “Sateology” menyajikan makanan dengan menu sate taichan. Dengan rempah-rempah pilihan serta ditambah sambal taichan, dijamin rasanya pasti memuaskan.

Kalian bisa menikmati sajian sate taichan tersebut dengan nasi atau lontong. Jika Anda penasaran ingin mencicipinya, Anda bisa datang ke Jalan Haji Asnawi, Beji, Kecamatan Beji, Depok, 16421.

Lestari 88

Potret Anak Kecil Sedang Membawa Produk Rice Bowl Lestari 88, Hasil Rintisan Usaha PKW 2021

Rintisan Usaha PKW dengan nama “Lestari 88” ini, menghadirkan makanan berupa Rice Bowl. Rice bowl adalah sebutan untuk olahan nasi dan lauk yang disajikan dalam mangkuk atau wadah khusus. Kreasi rice bowl kini sudah beragam rasa, hingga memadukan resep nusantara.

Menu saus pada rice bowl Lestari 88 yang ditawarkan ada saus teriyaki dan sambal geprek dengan isian mayonaise, selada, tomat, timun, dan saos sambal yang dijamin sangat nikmat untuk disantap. Kalian bisa pesan rice bowl “Lestari 88” di Jalan Koja Cisalak Pasar, Cimanggis, Depok.

Salad Buah Neng Kia

Rizkia, Salah Satu Peserta Didik PKW 2021 Menjalankan Rintisan Usaha Dengan Produk Salad Buah

“Salad Buah Neng Kia” merupakan rintisan usaha yang dijalankan oleh salah satu peserta didik PKW yang bernama Rizkia. Isi dari salad buah biasanya ada buah apel, stroberi, pir, kiwi, buah jeruk, anggur, dan buah naga.

Salad buah yang diinisiasi oleh Rizkia ini dapat kalian temukan di gofood dengan nama Salad Buah Neng Kia. Selain lewat platform digital, kalian juga bisa temukan secara langsung di Jalan Raya Bogor Gg Soka RT 6/5 No. 64 Cisalak Pasar, Cimanggis, Depok.

Chocolato Safira

Chocolato Safira, Rintisan Usaha PKW 2021 Yang Menyajikan Aneka Olahan Minuman Kekinian

Rintisan usaha PKW 21 kali ini ada “Chocolato Safira”. Chocolato Safira memiliki aneka minuman dengan banyak varian rasa. Sebut saja blueberry latte, choco-red velvet, tiramisu, greentea latte, dan masih banyak lagi.

Kalian yang ada disekitaran Depok dan ingin pelega tenggorokan yang manis-manis, nggak ada salahnya buat dateng ke Chocolato Safira di Jalan Gadog Raya No. 23A RT 07/07, Cisalak Pasar, Cimanggis, Depok.

Savor Mix Platter

Savor Mix Platter, Sajian Camilan Rintisan Usaha PKW 2021 Bina Mutu Bangsa

Mix Platter adalah beberapa gabungan dari camilan cepat saji. Biasanya, dalam satu piring terdapat nugget, sosis, atau pun kentang. Nah, di Savor Mix Platter, menawarkan tiga package dalam penyajiannya. Ada single package, couple package, dan party package.

Untuk pemesanan, kalian bisa datang ke Puri Bojong Lestari 2, blok Ci No. 13, RT 002/RW 017, Pabuaran Bojong Gede, Bogor, atau kalian bisa cek di instagram @savorfood_ kalau ingin memesan secara online. Kamu tertarik?

Sabua Kawanua (Sakaw)

Sakaw (Sabua Kawanua), Rintisan Usaha PKW 2021 Yang Menyajikan Masakan Khas Sulawesi Utara

Sakaw atau Sabua Kawanua adalah kedai yang menyajikan masakan dengan menu utama seperti Ayam Tuturuga, Ayam Woku, Bubur Manado, Mie Cakalang dan lain-lain. Rintisan Usaha PKW yang satu ini sangat unik dari segi nama, yaitu Sakaw berasal dari kata Sabua (Tenda) dan Kawanua (Kaum Minahasa/Orang Sulawesi Utara).

Bagi kalian warga Depok yang ingin mencicipi masakan tersebut, bisa datang ke Jalan Gede (Samping Erafone Sebrang Indomaret Kerinci), Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Banabro

Camilan Kekinian Pisang Nugget Yang Dibuat Oleh Banabro, Salah Satu Rintisan Usaha PKW 2021 Bina Mutu Bangsa

Bukan hanya sekedar nugget biasa, namun Banabro menjual pisang nugget dengan aneka rasa yang tentunya sangat menggugah selera. Pisang nugget adalah camilan manis berbahan dasar pisang yang digoreng. Namun, pisang nugget berbeda dengan pisang goreng mulai dari sisi bentuk, proses pembuatan, adonan balur atau celup, dan topping pendamping.

Pisang nugget Banabro memiliki varian rasa seperti coklat susu keju, green tea susu keju, oreo coklat susu, dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik untuk mencicipi pisang nugget Banabro, Anda dapat berkunjung ke Jalan Raden Sanim RT 020/011 Beji, Depok.

Masih banyak rintisan usaha PKW 2021 Bina Mutu Bangsa seperti Be Sky x Sate Kejutan, Kesoemoer, Rindoe Djajan, Sefrekuensi Coffee, Nasi Uduk Morning Night, Titas’s Chicken, Puri Coffee, Bronx Burger, dan Warung Fams. Masih ada 9 rintisan usaha lainnya yang belum kami sebutkan. Penasaran dengan rintisan usaha selanjutnya? Ikuti terus di Bina Mutu Bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by