PMI Wajib Tahu! Lima Alasan Harus Kerja Di Luar Negeri

PMI

PMI atau Pekerja Migran Indonesia adalah istilah baru sebagai pengganti istilah TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Sama halnya dengan TKI, sebutan PMI disematkan kepada seorang warga negara Indonesia yang akan, sedang, atau telah melakukan pekerjaan dengan menerima upah di luar wilayah Republik Indonesia.

Ada beberapa alasan yang mendasari seseorang mau bekerja menjadi PMI. Bisa jadi karena dia memiliki satu impian bisa jalan-jalan ke luar negeri dan merasakan atmosfer dan budaya negara lain, hingga konversi pendapatan yang terbilang paling dasar.

Menjadi seorang PMI sangat menjanjikan, karena dapat menyelamatkan ekonomi setelah negara dilanda pandemi seperti Indonesia salah satunya, menyebabkan perekonomian tidak stabil. Seluruh sektor industri terdampak dan buruknya lagi angka pemutusan hubungan kerja ikut melonjak naik karena daya perusahaan yang sudah tidak mampu.

Demi bisa survive dan memenuhi kebutuhan hidup, maka mereka yang terdampak harus bisa mencari jalan keluar mendapatkan kepastian pekerjaan dan salah satu caranya yaitu menjadi PMI di luar negeri. Terkait dengan pembahasan mengenai alasan berikut ini kita akan sedikit mengulas lima alasan harus kerja di luar negeri.

Mendapatkan Gaji Yang Nilainya Lebih Besar

Ini adalah salah satu alasan paling logis yang umumnya dilontarkan oleh para eks PMI. Tidak dapat dipungkiri, bahwasanya beberapa orang memilih untuk bekerja di luar negeri karena pendapatan yang terbilang lebih tinggi bahkan fantastis dibanding di Indonesia itu sendiri. Seperti yang kita tahu, mata uang negara Indonesia secara nilai tukar masih dibawah negara-negara destinasi PMI seperti umumnya Arab Saudi dengan riyal-nya, Uni Emirate Arab dengan dirham-nya, dan negara-negara lainnya yang menggunakan mata uang dollar.

Dapat Melanjutkan Pendidikan Dengan Kualitas Lebih Baik

Jika menjadi PMI maka kamu berkesempatan melanjutkan pendidikanmu di negara yang kamu tinggali saat menjadi PMI. Tidak sebatas hanya menjadi workers saja, namun kamu diizinkan untuk mengenyam pendidikan lagi dengan kualitas pendidikan yang sedikit lebih baik, tentunya sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku ya di tempat kamu bekerja.

Bisa Berkunjung ke Destinasi Wisata Terkenal Di Dunia

Pernah dengar Burj Khalifa? Bangunan dengan tinggi mencapai 828 meter itu sekarang menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat mendunia. Lokasi bangunan tertinggi di dunia itu terletak di negara Uni Emirate tepatnya di Dubai.

Selain Burj Khalifa, ada banyak lagi tempat wisata yang dapat kamu kunjungi seperti Burj Al Arab, Pulau Buatan Palm Tree Island, pasar Souq Waqif, Museum Seni Islam dan masih banyak lagi.

Kemudahan Akses Untuk Ibadah Haji dan Umroh

Bagi seorang muslim/muslimah, salah satu impian terbesarnya adalah dapat menjalankan ibadah haji maupun ibadah umrah. Beruntungnya, salah satu kemudahan bakal didapatkan PMI yaitu menjalankan ibadah di tanah suci tanpa perlu menempuh jarak jauh serta mengeluarkan biaya tidak sedikit.

Bila PMI di area Mekkah dan Madinah, maka mereka diuntungkan dengan jarak yang dekat dan bisa saja biaya ibadah umrah bakal ditanggung oleh user.

Pengalaman Kerja Menjadi Bekal Berharga

Banyak sekali pengalaman kerja menjadi bekal berharga ketika PMI tiba waktunya pulang ke Indonesia. Adapun pengalaman kerja yang didapat seperti masalah disiplin waktu dapat diterapkan. Bahkan PMI pun dapat merealisasikan ilmu apa yang mereka dapat untuk dapat dimanfaatkan nantinya setelah pulang ke Indonesia.

Masih banyak lagi sebenarnya alasan mengapa saat ini kamu wajib mencalonkan diri sebagai CPMI. Tapi perlu diingat CPMI selayaknya harus selektif dan waspada memilih lembaga yang akan memberangkatkan kamu dengan proses yang resmi.

Jika kamu berniat menjadi PMI namun khawatir dengan isu illegal process, kamu sekarang tidak perlu khawatir lagi. Bina Mutu Bangsa bersama dengan Tarteeb dan Errena bisa memfasilitasi kamu untuk mencalonkan diri sebagai PMI dengan proses yang legal. Yuk, daftar Penempatan Kerja Timur Tengah hanya di Bina Mutu Bangsa sekarang juga!

Baca Juga: Job Order Timur Tengah Meningkat Pesat, CPMI Harus Bersiap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *