Profesi sebagai Chef, Bagaimana Prospeknya?

Dahulu jenis profesi sebagai koki (chef) memanglah kurang diminati. Namun siapa sangka, profesi yang kesehariannya tak lepas dari perihal masak-memasak ini pun menjadi profesi yang kini mulai dilirik beberapa pihak dan dianggap cukup memiliki kans.

Siapa yang tak kenal dengan chef Marinka, chef Arnold Poernomo, chef Juna, chef Farah Queen, hingga yang terkenal dari kalangan mancanegara yang disiplin, keras, dan tak kenal kesalahan seperti chef Gordon Ramsey. Ya, mereka adalah daftar orang-orang ternama yang namanya melambung naik berkat profesi ini.

Profesi menjadi juru masak (chef) profesional kini tak bisa dianggap sebelah mata. Chef profesional bisa saja bergaji puluhan juta rupiah per bulan, bahkan lebih. Secara umum gaji chef hanya kalah dari general manager (GM) di sebuah hotel. Namun untuk beberapa chef ternama tentu saja gaji yang ia terima dapat mengalahkan gaji GM di satu hotel.

Berapa sih kisaran gaji chef untuk saat ini?

Menurut beberapa informasi yang dihimpun, gaji chef untuk sekelas kafe bisa diatas 3 juta rupiah per bulan. Sementara chef di hotel berbintang gaji yang mereka dapatkan bisa sampai Rp 10 juta hingga Rp 25 juta per bulan. Yang tak kalah mencengangkan, ada yang digaji dengan dollar AS. Bahkan tak jarang gaji yang diterima lebih besar daripada general manager (GM).

Bagaimana pendapat dari penggelut dunia masak itu sendiri?

Dikutip dari medcom.id, profesi ini tidak semudah yang orang pikirkan dimana segala sesuatu harus dimulai dari dasar dengan jangka waktu yang cukup lama dan tekanan kerja yang tidak sedikit, terutama dalam hal fisik.

“normalnya orang bekerja selama 8 jam namun chef bisa bekerja lebih dari 12 jam terkadang. Selain itu posisi yang lebih sering berdiri membuat chef harus memiliki betis dan tangan yang kuat” ungkap Chef Stefu Santoso.

Meskipun perlu memerlukan usaha yang ekstra, namun Chef Stefu mengungkapkan semua itu akan terbayar ketika sudah memiliki nama besar karena banyaknya pengalaman di bidang tersebut. Jika demikian, karir akan semakin cepat menanjak karena banyak orang akan tertarik untuk mencoba masakannya.

Masih mengenai karir, bila melihat kesempatan di bidang ini Chef Stefu merasa peluang besar justru akan lebih mudah didapatkan bila berani mencoba ke luar negeri. Apalagi ditambah dengan pengenalan makanan nusantara yang dapat dimodifikasi oleh chef itu sendiri menjadi daya tarik bagi orang-orang di luar negeri. Banyak makanan

“Australia banyak mencari chef dari luar karena orang mereka tak ada yang berminat, ini adalah kesempatan besar bagi kita. Selain itu, banyak chef kita bekerja di Dubai karena kredibilitas orang Indonesia yang terkenal royal, tekun, dan pekerja keras”, ungkapnya.

Senada dengan penilaian tokoh-tokoh tersebut, Denny Loka, Chef Western Resto, Bar & Lounge de Kastel Surabaya mengatakan saat ini di Indonesia profesi sebagai chef mendapat respons yang sangat bagus.

“Profesi sebagai chef sangat menjanjikan. Jangan kuatir, dari segi finansial pun akan terjamin. Selain itu, saya memiliki banyak waktu bersama keluarga”, ungkapnya.

Ditanya mengenai pendapatan finansial dari profesi ini, Denny enggan membeberkan secara detil. “Ya pokoknya ada dua digit lah. Tidak etis rasanya saya menyebutkan angka detil”, pungkas Denny Loka.

Memang semua tak ada yang instan ya sahabat, tetapi jika kita selalu bersemangat pantang menyerah, bersungguh-sungguh dan selalu ingin tahu hal-hal yang penting dipelajari dalam dunia chef maka tak diragukan lagi kamu pasti bisa menjadi seorang koki (chef) kelas atas yang sangat profesional di kemudian hari.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by