Program Pelatihan Food & Beverage Product dan Sertifikasi Kompetensi PT PELNI (Persero) – KM Kelud

Proses sebuah institusi dalam menjalankan sebuah misi – apalagi perusahaan tersebut adalah milik Negara – adalah menjadi bagian yang paling penting, karena Pemerintah telah mencanangkan sebuah program dengan moto “SDM Unggul, Indonesia Maju”. PT. Pelni (Persero) adalah salah satu perusahaan BUMN yang menjalankan program tersebut. Hal ini dibuktikan dengan serangkaian program pelatihan yang telah berlangsung, dari program Hospitality hingga F&B (Food and Beverages) Product.


Salah satu bagian penting dalam industri pariwisata adalah makanan dan minuman, karena dalam men-service tamu, makanan yang memiliki standard receipe dan gramisasi adalah sebuah keharusan. Sehingga membuat tamu merasa dihargai, sekalipun tamu/customernya kelas ekonomi.


Sejalan dengan misi tersebut, Pelni kembali menjalin kerja sama dengan Bina Mutu Bangsa. Kami kembali terpilih sebagai lembaga yang bekerja sama dengan PT. Pelni (Persero) dalam rangkaian pelatihan untuk para Juru Masak di KM. Kelud.


Tidak hanya memasak dan membuat standard receipe bagi para penumpang seluruh kelas hingga pejabat kapal, Pelni juga ‘membalut’ para juru masak KM. Kelud tersebut dengan sertifikat kompetensi berskala ASEAN di bidang food & beverage product. Dalam ranah sertifikasi kompetensi, Bina Mutu Bangsa berkolaborasi dengan LSK Perhotelan dan Kapal Pesiar Indonesia.


Tidak main-main, pilot project Pelni dengan BMB kali ini, dengan total 20 peserta dari beberapa awak kapal Pelni pilihan, memakan waktu selama seminggu perjalanan, dengan rute Jakarta-Belawan-Jakarta. Kami membantu mempersiapkan makanan dari breakfast hingga dinner.
Food & Beverage Product, sejatinya masih menjadi bagian dari industri pariwisata dan transportasi. Makanan (culinary) menjadi alasan orang yang ingin berwisata. Menangkap sinyal itu, dimana saat ini tiket pesawat cenderung naik, Pelni berkeinginan kapal-kapalnya diingat bagi para penumpangnya, tidak hanya dari sisi murahnya tiket, tetapi juga dari sisi makanan yang berstandard tinggi.


Nantinya, makanan di Kelud tentu akan berbeda dengan makanan di kapal jurusan Indonesia Timur, dikarenakan lidah masyarakatnya yang berbeda. Bina Mutu Bangsa, selalu akan memberikan value lebih kepada para perusahaan yang akan meningkatkan value-nya bagi masyarakat, dari sisi pengelolaan pelayanan, penginapan, dan makanan.
Tak hanya pelatihan food & beverage product, Bina Mutu Bangsa juga melatihan para ABK PT Pelni (persero) untuk melayani dalam menyajikan makanan sesuai standar internasional yang dikemas dalam pelatihan food & beverage service.
Bravo Pelni, Bravo Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by