Review Program Pelatihan Kewirausahaan Masa Persiapan Pensiun PT. Sasakura Indonesia

Dewasa ini kita mengetahui, tidak semua karyawan atau pegawai sadar akan masa depannya nanti dan apa yang akan mereka lakukan setelah pensiun. Untuk saat ini memang mereka bekerja namun hal-hal yang tidak diantisipasi adalah masa persiapan pensiun.

Apabila karyawan tidak mempersiapkan planning dengan matang untuk masa purnabakti, itu akan cukup mengkhawatirkan. Karena apa? Perencanaan kegiatan setelah masa purnabakti itu penting untuk tetap produktif ketika telah pensiun agar dapat memberikan penghasilan tambahan agar nanti pegawai pensiunan tidak menganggur.

Yang namanya memasuki masa pensiun biasanya mereka yang telah menginjak usia 50 tahun keatas, tetapi lagi-lagi kita tidak bisa memprediksi. Salah satu alasannya yaitu pensiunnya seorang karyawan disebabkan beberapa faktor seperti kecelakaan kerja yang mengharuskan pensiun dini hingga berpindahnya lokasi kantor ke kota lain yang menyebabkan pegawai tidak sanggup untuk mengikutinya.

Tapi kita tidak bisa menyamaratakan, karena nyatanya ada salah satu perusahaan yang memberikan pelatihan kewirausahaan menghadapi masa persiapan pensiun bagi pegawainya. Perusahaan tersebut adalah PT. Sasakura Indonesia yang memberikan pelatihan kewirausahaan.   

Terdapat beberapa pelatihan yang dapat dijalani untuk menyambut masa persiapan pensiun, salah satunya yang dapat dilakukan adalah dengan menggelar pelatihan kewirausahaan Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM.

Indonesia, negara kepulauan yang terletak diantara benua Asia dan benua Australia serta dikenal sebagai negara agraris ini tidak lepas dari yang namanya bisnis usaha bersifat Mikro, Kecil dan Menengah atau singkatnya UMKM.

Siomay, salah satu olahan makanan yang dapat menjadi peluang usaha UMKM

Dimanapun Anda tinggal selama masih berada di Indonesia, Anda selalu menemukan orang-orang yang menjajakan produknya seperti salah satunya kuliner. Contohnya, Anda mencari sarapan lalu bertemulah dengan penjual bubur ayam. Anda memasak dan kebetulan minyak goreng di rumah habis, tentu Anda datang membeli minyak goreng ke warung sembako.

Sadarkah Anda? Penjual diatas dapat dikatakan sebagai UMKM. Meskipun skalanya masih terbilang belum terlalu besar, namun dampaknya terhadap perekonomian negara cukup membanggakan.

Mengenal lebih jauh tentang UMKM

Pengertian UMKM telah dijelaskan sebelumnya yang tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2008. Undang-undang menyebutkan bahwa UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan atau badan usaha yang sudah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Usaha ini berskala kecil dan bersifat padat karya dan melibatkan berbagai aktivitas ekonomi dan bisnis, baik dari segi manajemen, teknologi, investasi, ataupun perlindungan hak cipta.

Dari tahun ke tahun, sektor UMKM di Indonesia terus mengalami perkembangan. Oke coba kita kembali ke 12 tahun yang lalu yakni 2009, jumlah UMKM adalah 52.764.750 unit dengan pangsa 99,99%. Memasuki tahun 2014-2016, jumlah tersebut terus mengalami peningkatan menjadi lebih dari 57,9 juta unit.

Lalu, pada tahun 2017, UMKM di Indonesia diperkirakan sudah mencapai lebih dari 59 juta unit. Tidak mengherankan apabila UMKM menjadi salah satu bagian paling signifikan dalam tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN.

Bahkan sebanyak kurang lebih 88,8-99,9% bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM, dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 51,7-97,2%.

Jenis-jenis UMKM

Ada beberapa jenis usaha yang termasuk UMKM, diantaranya :

Usaha Fashion

source : freepik.com
ilustrasi berbagai baju tertata rapi di toko pakaian

Siapa yang tidak butuh pakaian? Manusia pasti membutuhkan yang namanya sandang apalagi ditengah era gen-z sekarang ini penjualan pakaian meningkat drastis terutama dengan model kekinian ala sekarang. Anda dapat menemui banyak toko pakaian yang bersifat retail maupun on line. Jenis UMKM ini bisa memberikan kesempatan bagi mereka kawula muda mengasah kreatifitas dan menunjukkan hasil produknya di dalam negeri bahkan mancanegara.

Usaha Furniture

source : freepik.com
ilustrasi furniture

Usaha ini bisa disebut UMKM. Usaha furniture atau sebutan lainnya yang tidak asing ditelinga kita yaitu usaha mebel memberikan kesempatan baik bagi masyarakat karena bahan dasar yang digunakan berkualitas, berdampak pada tingginya permintaan dari dalam negeri maupun luar negeri.  

Usaha Kuliner

Rice Bowl, salah satu kuliner yang dapat dipasarkan oleh UMKM. Olahan ini juga menjadi salah satu

Yang terakhir adalah kuliner. Yap, jenis UMKM ini tidak akan pernah mati. Mengapa? Karena bicara kuliner berarti identik dengan makanan. Siapa yang tidak butuh makan? Setiap hari orang pasti butuh makan. Tak kalah dengan yang lain, UMKM jenis ini juga dapat naik dengan mengoptimalkan digitalisasi yakni memasarkan produk secara on line.

Peran penting UMKM dalam Sektor Ekonomi

Usaha mikro kecil menengah adalah kelompok usaha dengan jumlah yang paling besar. Namun, ternyata usaha ini kerap dianggap sebelah mata, padahal berperan besar bagi perekonomian di Indonesia. Hal ini terbukti saat krisis moneter pada tahun 1997, di mana kala itu satu per satu perusahaan besar tumbang, tetapi bisnis UMKM tetap ada dan berperan bagi perekonomian saat itu.

Salah satu perusahaan yang menjalankan program CSR salah satunya adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi logam, yaitu PT. Sasakura Indonesia.

Aktivitas peserta pelatihan UMKM PT. Sasakura Indonesia dalam rangka pelatihan kewirausahaan masa persiapan pensiun

Bina Mutu Bangsa bersama PT. Sasakura Indonesia menjalani pelatihan kewirausahaan Masa Persiapan Pensiun pada Sabtu, 13 Maret hingga 28 Maret 2021. Acara yang dihelat selama 3 minggu (setiap sabtu-minggu) diramaikan dengan sesi cooking class dengan menu western dan lokal.

Pelatihan UMKM PT. Sasakura Indonesia dilakukan dengan tahap 2 batch  per minggunya, total 6 batch (59 orang) mengikuti pelatihan UMKM ini. Tim Bina Mutu Bangsa turut mengajarkan peserta pelatihan bagaimana mengoptimalkan digitalisasi seperti penggunaan google business untuk penjualan produk makanan mereka.

Head of Academy Bina Mutu Bangsa, Harriz Hadi sedang mempresentasikan manfaat google business

Pelatihan CSR Perusahaan dengan bidang UMKM ini dicanangkan oleh PT. Sasakura Indonesia agar ex-karyawan dapat berwirausaha mandiri, menyambut rencana perusahaan yang bergerak dibidang steel fabrikasi tersebut bermigrasi ke Kendal, Jawa Tengah yang semula berada di wilayah Cakung Barat, Jakarta Timur.

Semoga program pelatihan masa persiapan pensiun dari PT. Sasakura Indonesia tersebut dapat bermanfaat bagi ex-karyawan secara jangka panjang. Maju terus UMKM Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by