Sales Skill Training, Ateraland Harap Frontman Lebih Pede

sales

Sales merupakan suatu profesi kompleks, di mana kita harus bisa menjual berbagai produk yang dapat ditawarkan oleh perusahaan. Apapun dapat ditawarkan oleh sales misalkan saja produk berupa barang, hingga kerjasama seperti iklan dan sebagainya.

Dalam praktiknya, apapun produk yang dijual seorang sales, mereka harus dapat menguasai beberapa keahlian tertentu, atau sebutan lainnya adalah sales skill. Sales skill ini yang harus ditingkatkan karena erat kaitannya dengan berhasil tidaknya seorang sales menjual produk perusahannya.

Sales atau sebutan lain tenaga penjualan menjadi ujung tombak bisnis, karena mereka akan berhadapan langsung dengan konsumen, meyakinkan konsumen dan menghasilkan penjualan. Supaya bisa berkembang sesuai dengan perkembangan dan persaingan bisnis yang sangat pesat serta kompetitif, sales skill adalah kuncinya.

Sales skill yaitu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menjual produk, baik itu berupa barang ataupun jasa. Sales skill ini sangat menentukan apa yang akan dapat Anda raih ke depannya; sukses dan tidaknya Anda dalam berbisnis secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh bagaimana kemampuan Anda dalam menjual produk yang Anda miliki.

Sales skill erat kaitannya dengan membujuk, menekan dan menarik perhatian seseorang. Namun, sesungguhnya menjual adalah menjelaskan logika dan benefit dari sebuah keputusan. Semua orang butuh sales skill untuk meyakinkan orang lain bahwa idenya masuk akal, untuk meyakinkan bos atau calon investor bahwa proyek yang direncanakan akan mendatangkan keuntungan.

Setidaknya ada dua kategori besar yang harus dikuasai seorang sales untuk mengasah sales skillnya, yaitu hard skill dan soft skill. Memahami produk yang ditawarkan secara mendetail, kemampuan presentasi, pengelolaan waktu yang baik serta efisien, hingga teknik closing sales untuk dapat memastikan klien membeli produk kita atau tidak merupakan bagian hard skill yang harus dikuasai.

Sedangkan soft skill yang dibutuhkan seorang sales adalah komunikasi (nada bicara, pilihan kata), negosiasi, interpersonal/hubungan antar pribadi hingga fokus pada target yang diminta perusahaan.

Bersumber dari kegiatan tersebut, Ateraland, salah satu perusahaan berbasis property seller, mencoba untuk upgrading para sales property menjadi lebih profesional dengan menggelar training sales skills.

sales
Instruktur Hospitality Communication, Caca Samhudi Sedang Memberikan Pertanyaan Kepada Dua Partisipan Pelatihan Improve Sales Skill

Ateraland akhirnya menggandeng Bina Mutu Bangsa dalam tajuk Training Improve Sales Skills, pada 22 Agustus 2022. Training yang mengikutsertakan sebanyak 16 orang itu digelar di Marketing Office Asana Residence, Cibubur.

Goals dari training tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri sebagai Sales Property profesional, sehingga dapat goal/close deal dengan para calon customer terutama untuk selling property premium.

Manfaat Pelatihan Improve Sales Skill

Training improve sales skill adalah hal yang amat penting karena penjualan yang tinggi pada suatu perusahaan merupakan sumber kehidupan bisnis. Tim sales yang sudah terlatih pastinya akan lebih mudah menjual produk dan layanan bisnis Anda ke para customer daripada pesaing Anda. Memberikan training sales skill dapat menguntungkan bisnis Anda dalam berbagai cara, apa saja manfaatnya?

  • Menghasilkan Banyak Closing Penjualan

Manfaat pertama yang didapatkan oleh training sales skill untuk karyawan adalah kemampuan untuk mencapai lebih banyak closing penjualan. Banyak tim sales membuang waktu dan energi untuk menerapkan strategi yang tidak efisien atau tidak cocok untuk customer.

Training sales skill tidak hanya membekali tim Anda dengan teknik penjualan yang lebih efektif dan efisien, tetapi juga dapat membantu tim memahami teknik mana yang tepat dan mana yang tidak.

Memperoleh wawasan ini akan membantu tim sales mempelajari kapan harus mengganti strategi dan cara memaksimalkan waktu dan merampingkan proses sehingga Anda dapat menutup lebih banyak closing dalam sehari.

  • Mendapatkan Pengetahuan Mendalam Tentang Banyak Skill Selling

Training sales skill dilatih oleh mentor hebat yang akan membantu tim mendapatkan pengetahuan mendalam yang penting untuk menjawab pertanyaan customer dengan lebih percaya diri. Untuk menciptakan seorang sales profesional diperlukan latihan lebih dari sekadar mengikuti skrip.

Seorang sales harus mahir dalam berkomunikasi dan mengajukan pertanyaan untuk dieksplorasi. Memberikan training selling skill pastinya akan memastikan bahwa tim sales Anda dapat melakukan strategi apa pun dengan materi yang diberikan oleh mentor secara efektif.

Training sales skill terbaik akan memberi tahu tim Anda cara menjual yang tepat, membuat mereka lebih berpengetahuan tentang manfaat yang ditawarkan produk Anda kepada customer. Pelatihan keterampilan penjualan juga dapat memberi tim Anda pemahaman yang lebih kaya tentang produk, layanan, dan industri yang mereka layani.

Semakin banyak tim penjualan Anda tahu tentang apa yang dijual, mereka akan semakin efektif dalam menawarkan produknya. Calon customer tidak mungkin terpengaruh jika tim sales tidak percaya diri, tidak komunikatif dan kurang memiliki pengetahuan yang memadai tentang perusahaan, produk, dan layanan Anda.

  • Membangun Brand Loyalty

Training sales skill membenta tim penjualan Anda memahami dengan baik produk atau jasa yang mereka tawarkan kepada customer. Tim yang sudah dilatih pasti tidak akan asal-asalan dalam menjual produk atau jasa bisnis Anda.

Semakin baik skill dan pengetahuan tim Sales Anda, semakin besar kemungkinan customer tersebut kembali kepada produk Anda untuk membeli lebih banyak lagi hingga berkali-kali. Sebagian besar keputusan penjualan didasarkan pada seberapa besar kepercayaan customer terhadap merek dan tenaga sales merupakan perpanjangan tangan dari merek Anda. Training sales skill membantu tim membangun teknik penjualan yang bagus untuk menciptakan brand loyalty.

Baca Juga: Service Excellence Berikan Warna Lebih Pada Profesi Driver

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *