Service excellence bagi profesi housekeeper

Profesi satu ini berperan penting dalam menunjang kemajuan hotel apabila pelayanannya sangat baik terhadap tamu. Ya, housekeeping namanya. Housekeeping atau sebutan lainnya tata graha adalah departemen yang memiliki tugas untuk menjaga, merawat, membersihkan, serta memelihara ruangan-ruangan hotel baik di dalam maupun luar hotel. Namun, apa jadinya jika pelayanan secara service excellence tak dimiliki oleh seseorang yang bekerja dibagian housekeeping?

Service excellence menjadi suatu faktor yang sangat menentukan keberhasilan kita dalam menjalani karir. Betapa tidak? Service excellence sendiri yaitu kualitas tingkat pelayanan yang melebihi harapan si pelanggan.

Nah, sebagai contoh kita ambil housekeeping. Housekeeping tidak hanya membersihkan sebuah kamar hotel saja, melainkan juga siap siaga agar kebutuhan tamu dapat terpenuhi. Jika seseorang yang berprofesi sebagai housekeeper ingin membersihkan kamar tamu yang harus dilakukan pertama yaitu ketuk pintu sambil berkata “Housekeeping!” agar tamu mendengar dari balik pintu.

Bekerja dibagian housekeeping, service excellence adalah hal yang wajib diprioritaskan oleh room boy attendant. Service excellence sendiri berarti sangat baik, mendekati nol kesalahan. Apabila seorang room boy sedang bertugas, wajib melakukannya secara maksimal tanpa ada nol kesalahan.

Jika sedang bertugas membersihkan meja, jangan sampai meninggalkan kotoran atau debu sedikitpun supaya tidak mengganggu kenyamanan tamu. Begitupun membersihkan tempat tidur tamu harus rapih agar tidak terkesan asal-asalan, dan membersihkan toilet atau kamar mandi harus bersih dari kotoran-kotoran yang menumpuk di toilet agar siap pakai oleh tamu yang akan datang selanjutnya.

Service excellence selanjutnya yaitu cepat tanggap atau responsive. Seorang room boy harus cepat tanggap apabila ada suatu masalah atau keluhan yang dialami para tamu.  Room boy harus siap siaga menanggapi masalah apa yang sedang dialami oleh tamu untuk kita tolong nantinya. Bekerja juga tepat waktu tak bertele-tele hingga menyebabkan tamu menunggu lama, jangka waktu pelayanan harus diinformasikan secara benar dan tepat kepada tamu atau pelanggan berapa lama kita dapat menyelesaikannya. Yang terpenting jangan berlarut-larut.

Selanjutnya ada tangible atau bukti langsung dalam service excellence. Yang dimaksud bukti langsung/bukti nyata disini adalah room boy harus memberikan bukti nyata kepada para tamu bahwa kinerjanya 100% baik tanpa kesalahan. Karena pelayanan yang diberikan oleh room boy akan dilihat secara langsung oleh tamu. Inilah salah satu service excellence yang penting untuk diingat.

Dan next ada reliability atau handal. Nah seorang room boy harus handal dalam bekerja. Memberikan pelayanan dengan baik dan akurat lalu tidak error, bekerja tentunya harus teliti dan tidak menghabiskan banyak waktu. Memberikan sebuah informasi juga dengan yang keadaan yang sebenar-benarnya.

Bergeser ke aspek selajutnya dalam service excellence yaitu Assurance, yaitu pengetahuan, kesopanan dan kemampuan pegawai membawa kepercayaan dan keyakinan. “5S” yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun menjadi hal penting pada dimensi ini. seorang room boy setiap bekerja jangan pernah memberikan muka yang masam kepada para tamu. Selalu usahakan terlihat wajah yang menyenangkan, tersenyum dan menyapa tamu terlebih dahulu.

Terakhir ada empathy atau empati dalam aspek pemenuhan service excellence. Empathy disini yaitu perasaan kepedulian dan perhatian para pegawai yang diberikan kepada pelanggan. Bedakan dengan simpati yang hanya memiliki rasa kasihan namun tak berbuat apa-apa, empati sejatinya rasa peduli yang tinggi dan juga menolong bagi siapa saja yang sedang kesulitan. Dimensi pada service excellence ini memberikan banyak pelajaran untuk room boy bagaimana kita harus memiliki tingkat kepedulian yang tinggi.

Bayangkan apabila room boy membersihkan kamar yang akan digunakan tamu tetapi tidak bersih. Tamu itu pun akan merasa risih karena kamarnya tidak bersih dan mengganggu ketenangan tamu dalam beristirahat. jika room boy ada di posisi tamu, tidak mengenakkan juga bukan?

Agar dapat memenuhi service excellence dalam pelayanan tingkat tinggi, perusahaan juga wajib mendatangkan instruktur berpengalaman dari suatu lembaga pelatihan atau training centre agar room boy mendapat pelatihan. Mendidik dan mengajarkan bagaimana cara yang benar dan tepat untuk memberikan pelayanan tingkat tinggi kepada para tamu hotel.

Tak hanya mengenai service excellence, bahkan instruktur juga dapat mengajarkan kepada room boy praktek membersihkan kamar yang baik dan benar untuk kenyamanan tamu yang datang. Tak hanya satu keuntungan yang didapat, namun dua keuntungan sekaligus. Itulah tadi pentingnya service excellence untuk dipahami oleh room boy pada departemen housekeeping. Pelayanan yang terbaik dan melebihi ekspektasi adalah harapan semua tamu. Jadi lakukan yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by