Service Excellence Berikan Warna Lebih Pada Profesi Driver

Service excellence

Service Excellence adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berasal dari kata Service yang berarti layanan, tugas, jasa, dan Excellent yang berarti baik, unggul, atau sangat baik (lebih dari yang diharapkan oleh pengguna jasa)

Service excellence tanpa disadari berperan penting didalam berbisnis. Sebab, semua bisnis harus mengupayakan yang terbaik (pelayanan secara prima) agar bisa mempertahankan loyalitas pelanggan. Hal ini sudah menjadi pengetahuan umum, mengingat loyalitas pelanggan adalah salah satu faktor penentu kesuksesan perusahaan.

Service excellence atau pelayanan prima harus dimiliki oleh mereka yang bekerja di industri hospitality tak terkecuali dengan seorang driver. Karyawan yang mengedepan sikap hospitality itulah disebut sebagai karyawan yang profesional apapun jabatan yang diemban termasuk tidak terkecuali adalah driver atau supir perusahaan.

Driver atau supir merupakan profesi yang sangat riskan apalagi di kota besar, bisa kita bayangkan setiap hari dan sepanjang jalanan memerlukan kesabaran dari sopir untuk menuju sampai ke tempat tujuan dengan kendala yang berbeda-beda. Menjadi seorang driver merupakan hal yang susah-susah gampang.

Sebab, sebagai seorang driver profesional harus selalu siap menerima keadaan apapun. Memahami apa yang penumpang inginkan atau kehendaki bukanlah perkara yang mudah. Karena keinginan dan kebutuhan seorang penumpang itu berbeda-beda. Di sisi lain, penumpang juga mempunyai keunikannya tersendiri. Untuk itu, driver harus mempunyai sikap service excellence.

Service excellence atau pelayanan prima yang baik dari seorang driver akan berdampak pada kesan driver itu sendiri. Dalam dunia industri yang berhubungan dengan pelayanan jasa, cara bersikap dan penampilan penting untuk menjadi nilai tambah di mata atasan atau perusahaan tempat bekerja.

Bayangkan apabila seorang driver memiliki service excellence seperti membukakan pintu lalu sembari mengucapkan greeting atau salam yaitu selamat pagi, siang, malam dan sore kepada penumpangnya yaitu direksi perusahaan maupun tamu perusahaan. Citra perusahaan tersebut mendapatkan penilaian yang sangat baik karena pelayanannya lebih dari yang diharapkan.

Bukan sampai situ saja, driver dengan pelayanan service excellence juga dituntut memiliki pengetahuan yang baik berlalu lintas, sense of belonging terhadap aset perusahaan seperti cek berkala mesin kendaraan operasional, menjaga kebersihan kendaraan operasional secara rutin beserta kelengkapan di dalamnya.

Service excellence
Simulasi pengecekan rutin mesin kendaraan operasional kantor Mandiri University oleh salah satu driver

Menjadi seorang driver atau supir orang-orang biasanya menganggap sebagai pekerjaan yang biasa saja. Tapi kenyataannya di luar prakiraan karena keberadaan seorang driver/supir di sebuah lembaga dan perusahaan menjadi bagian yang penting dalam alur operasional.

Sebuah perusahaan dan lembaga besar, proses rekrutmen seorang supir dilakukan dengan selektif karena harus memperhatikan beberapa unsur penting seperti skill dalam mengemudi. Keterampilan driver/supir dalam mengemudi terkait dengan keamanan saat mengemudi, selain itu etika atau driver manner seorang supir dalam mengemudi juga berkaitan dengan kenyamanan para pengguna jasanya.

Untuk menjalankan profesi driver perlu persyaratan khusus yaitu surat ijin mengemudi. Namun, persyaratan itu tidak cukup untuk menjadi driver pada sebuah perusahaan. Karena driver perusahaan bukan saja membawa mobil, akan tetapi juga melakukan tugas sebagai kurir pengantar karyawan atau kadang membawa dan mengantar tamu perusahaan dan melayani direksi.

Itulah mengapa pentingnya seorang driver perusahaan tidak hanya dituntut handal dalam membawa kendaraan, tetapi juga mengutamakan etika, komunikasi yang baik, emosional yang stabil serta dapat memanage waktu sebaik mungkin.

Para peserta training excellence driver board of director, Mandiri University terlihat sedang mencatatat materi pelatihan

Demi perubahan tersebut Mandiri University membekali pelatihan kepada para drivernya agar lebih optimal dalam bekerja dan profesional. Mandiri University mempercayakan Bina Mutu Bangsa untuk menggelar Training Excellence Driver Board of Director, pada 11 dan 18 Desember 2021 di Mandiri University Group, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pelatihan berdurasi sepekan tersebut diikuti oleh 31 peserta dan dibagi menjadi dua batch. Tujuan yang diinginkan oleh Mandiri University memberikan pelatihan kepada drivernya yaitu agar para driver dapat mengutamakan service excellence atau memberikan pelayanan yang prima sebagai penanda bahwa driver Mandiri University adalah driver yang profesional.

Materi pelatihan yang dibawakan oleh Bina Mutu Bangsa seperti service excellence, strategi kepuasan pelanggan, dimensi kualitas pelayanan, communication skill, handling complaint, focus group discussion (FGD) dan gelaran simulasi (role play).

Baca Juga: Hospitality “Ubah Wajah” Subaru di Kancah Otomotif Nasional

6 Unsur Service Excellent

Seperti yang telah kita pahami, service excellence adalah upaya pelayanan untuk memenuhi kebutuhan dari orang lain. Dengan memberikan service excellence, diharapkan pelanggan akan merasa senang dan nyaman saat menggunakan jasa dari perusahaan.

Namun pelaksanaan service yang excellence ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terdapat 6 unsur pokok dalam pelayanan prima terhadap konsumen yang dirumuskan oleh Barata (2004), yakni:

Attitude (sikap saat menghadapi dan melayani konsumen)
Ability (kemampuan kerja yang baik untuk menangani konsumen, seperti komunikasi efektif)
Attention (bentuk kepedulian terhadap kebutuhan, pertanyaan, hingga keluhan dari pelanggan)
Appearance (penampilan yang mencerminkan kualitas serta kredibilitas pelayanan kepada konsumen)
Accountability (bentuk tanggungjawab yang diberikan kepada konsumen guna mengatasi keluhan, ketidakpuasan, atau masalah lain yang ditimbulkan)
Action (tindakan nyata saat melayani konsumen)
Foto bersama para peserta pelatihan (driver) Mandiri University dan Instruktur Bina Mutu Bangsa seusai melakoni training

Mandiri University berharap pelatihan excellence driver tersebut dapat menciptakan profesionalisme para drivernya sehingga berdampak terhadap image baik oleh tamu-tamu perusahaan maupun para direksi perusahaan sehingga mereka mendapatkan pelayanan lebih dari yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *