Tingkatkan kinerja cleaning service dengan service excellence

Kita semua pasti setuju bahwa cleaning service hanya bekerja membersihkan area kerjanya atau kantor. Ada lantai yang kotor semestinya di sapu lalu mengepelnya, membersihkan seluruh bagian toilet, membersihkan debu pada bagian-bagian tertentu demi menciptakan kenyamanan untuk karyawan yang akan bekerja hingga mencuci piring dan gelas supaya bersih dan siap untuk digunakan oleh karyawan.

Selain itu, terkadang dia melakukan apa yang seharusnya diluar tugasnya seperti mengantarkan atau mengambil surat-surat/dokumen penting perusahaan.

Tak ayal, peran seorang cleaning service sangatlah penting dan sangat berjasa bagi perusahaan. Karena kebersihan tak mungkin tercipta apabila tidak ada kehadiran seorang cleaning service.

Namun ada satu hal yang dapat meningkatkan kinerja seorang cleaning service untuk menjadi lebih baik lagi. Apa itu? yaitu sebut saja service excellence.

Service excellence dimana pelayanan yang mendekati nol kesalahan (zero deffect) ini akan sangat berarti bagi seorang cleaning service. Selanjutnya, bagaimana seorang service excellence yang dipraktekkan oleh cleaning service sendiri? Ada beberapa dimensi yang harus dilakukan untuk memenuhi service excellence itu beserta apa saja yang harus dilakukan dalam tugas sehari-harinya.

Seorang cleaning service bekerja membersihkan area kantor dan pasti selalu bertemu dengan orang-orang yang berlalu lalang di area kerjanya. Untuk itu, seorang cleaning service harus menyapa dengan senyuman serta sopan santun kepada orang yang lewat. Tak hanya pimpinan atau karyawan, tetapi tamu-tamu perusahaan juga semestinya disapa dengan sopan santun.

Kemudian saat mengepel, cleaning service harus meletakkan floor sign (papan peringatan) agar mengingatkan mereka yang sedang berjalan di area cleaning service tersebut mengepel. Mengingatkan bahwa “hati-hati lantai licin” termasuk bagian dari keamanan dan kenyamanan. Minimal jika tak ada floor sign sebaiknya cleaning service mengucapkan “hati-hati bapak/ibu lantai licin, mohon maaf mengganggu jalannya”.

Bekerja secara handal dan tepat waktu, tak bertele-tele apalagi menghabiskan banyak waktu. Seorang cleaning service tak boleh bekerja sembari mengobrol. Karena itu akan merugikan secara waktu dan keadaan area bekerjanya tak kunjung bersih, malah cenderung bisa bertambah kotor.

Untuk memenuhi service excellence, tentu dibutuhkan pelatihan atau training bagi seorang cleaning service dengan mengikuti pelatihan yang disediakan oleh lembaga-lembaga pelatihan atau training centre. Dengan begitu, dimensi-dimensi untuk pemenuhan service excellence dapat diajarkan dan disampaikan dengan tepat.

Perusahaan tempat cleaning service bekerja juga harus berani mengambil keputusan untuk mendidik para cleaning servicenya dengan mendatangkan instruktur berpengalaman dari suatu lembaga pelatihan/training centre agar dapat meningkatkan skill cleaning service-nya serta mutu pelayanannya menjadi service excellence.  

Lakukan semua hal tersebut, maka seorang cleaning service telah memberikan sebuah pelayanan yang disebut dengan service excellence. Bagaimana, mudahkan mempraktekkan service excellence untuk kinerja yang lebih baik lagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by