Tuk Barista BMB Hadir Lewat Penunjukkan Langsung Oleh LSK

TUK atau Tempat Uji Kompetensi merupakan tempat kerja atau lembaga terverifikasi yang dapat memberikan fasilitas pelaksanaan uji kompetensi atau asesmen, dan ditunjuk secara langsung oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) berlisensi.

Tujuan didirikannya TUK adalah untuk membantu memastikan pelaksanaan asesmen atau uji kompetensi dilakukan secara valid agar pencapaian kompetensi benar-benar kontekstual dengan lingkungan, sarana dan prasarana di tempat kerja sesuai dengan skema sertifikasi yang diacu.

Jika dilihat dari sisi manfaatnya, berikut ini ada beberapa manfaat terbentuknya TUK:

Bagi Dunia Industri

  • Membantu tenaga kerja/asesi mendapatkan tempat  uji kompetensi yang kontekstual dengan tempat kerja sesuai dengan skema sertifikasi yang diacu
  • Mendapat akses uji kompetensi yang lebih mudah & murah dalam rangka sertifikasi kompetensi
  • Bila TUK dibangun di tempat kerja, akan mengurangi biaya uji kompetensi dan sertifikasi yang signifikan

Bicara mengenai uji kompetensi, mereka yang melakukan uji kompetensi atau asesmen tidak hanya para siswa siswi sekolah. Lebih dari itu, sertifikasi kompetensi dapat diikuti karyawan-karyawan perusahaan agar mereka memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.

Banyak sekali profesi-profesi yang dapat melakukan sertifikasi kompetensi (sertikom), salah satunya yaitu profesi sebagai seorang barista.

TUK Barista Bina Mutu Bangsa
TUK Barista Bina Mutu Bangsa sedang menguji salah satu peserta pelatihan barista dalam program BPJS Ketenagakerjaan

Terbaru, Bina Mutu Bangsa ditunjuk langsung oleh LSK Barista, untuk menjadi tempat uji kompetensi (TUK) barista. Bina Mutu Bangsa hadir sebagai tempat uji kompetensi (TUK) barista bagi mereka yang sedang melaksanakan pelatihan barista.

Keunggulan uji kompetensi atau asesmen di TUK Barista Bina Mutu Bangsa, akan mendapatkan sebuah sertifikat resmi dari pemerintah (berlogo garuda emas) setelah masa uji kompetensi usai. Sertifikat yang didapat adalah bentuk nyata bahwa nantinya jika peserta pelatihan mengikuti asesmen, maka kemampuannya telah diakui secara nasional atau oleh negara.

Baca Juga: Training PPNPN, Badan Kebijakan Fiskal Gaet BMB

Manfaat Yang Didapatkan Peserta Melalui Sertifikasi Kompetensi

Mengikuti sertifikasi kompetensi atau ujikom TUK bukanlah sesuatu yang sia-sia, namun sangat dirasakan manfaatnya. Karena, salah satu syarat yang menjadi tolok ukur kemampuan seseorang telah benar-benar teruji serta berkompeten terletak pada sertifikat kompetensi yang dimiliki.

Selain diatas, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dimiliki peserta setelah mengikuti uji kompetensi atau asesmen:

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Hal ini sangat berperan penting, terutama bagi fresh graduate yang akan melamar pekerjaan. Ketika sudah memiliki sertifikat kompetensi akan memberikan pembuktian kemampuan oleh penguji kompeten.

Selain fresh graduate, untuk karyawan tetap juga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya saat menjalankan tugas dari perusahaan. Karyawan akan merasa bangga karena kemampuannya sudah diakui dan bekerja dengan baik.

Mampu Mengukur Kemampuan Masing-Masing

Sertifikasi kompetensi akan membantu Anda menilai diri sendiri atas kemampuan yang dimiliki. Melalui hasil ujian, Anda bisa mengetahui sejauh mana keahlian Anda dan bisa dipertahankan hingga ditingkatkan menjadi lebih baik.

Membantu Akses Untuk Mengembangkan Diri

Ketika Anda telah memiliki sertifikasi, maka kemampuan Anda akan diakui secara global sesuai dengan bidang yang ditekuni. Bahkan, bisa meningkatkan peluang bekerja di perusahaan yang standarnya lebih tinggi.

Memudahkan Menyaring Calon Karyawan

Ini merupakan manfaat untuk perusahaan yang ingin menyaring karyawan baru sesuai kompetensinya. HRD menjadi lebih mudah menemukan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan dengan tepat.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Ketika Anda ingin menjadi seorang professional, maka perlu mencapai level sertifikasi ini. Ujian biasanya dilakukan oleh lembaga sertifikasi serta diberikan pelatihan untuk menambah pengetahuan di suatu bidang.

Dengan begitu sertifikasi ini memberikan kepastian jika tenaga kerja atau pemiliki sertifikat tersebut sudah terjamin akan kredibilitas kerjanya. Terutama saat melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas serta tanggung jawabnya.

Jadi, jika Anda adalah seorang barista yang ingin diakui kemampuannya secara resmi, jangan ragu untuk menguji skill, kemampuan, dan perlihatkan potensi yang ada pada diri Anda lewat uji kompetensi TUK Barista Bina Mutu Bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *