UNJ Jalin Kemitraan dengan Bina Mutu Bangsa dalam Sertifikasi Dosen

Dosen merupakan salah satu komponen esensial dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi. Peran, tugas, dan tanggungjawab dosen sangat bermakna dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia, meliputi kualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab.

Namun disamping itu, masih terdapat dosen yang belum melaksanakan satu hal yang dinilai penting bagi dosen itu sendiri yaitu sertifikat. Pemerintah padahal telah mencanangkan aturan bahwa dosen harus memiliki sertifikat yang tujuannya meningkatkan mutu pendidik dan profesionalitas dan demi mendapat tunjangan maka dosen harus memiliki sertifikat melalui proses sertifikasi.

Sertifikasi dosen adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk dosen. Program ini merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional, dan memperbaiki kesejahteraan hidup dosen, dengan mendorong dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Untuk mendapatkan sertifikat pendidik dari pemerintah, seorang dosen harus mengikuti prosedur penilaian yang ada. 

Sertifikasi dosen atau lebih dikenal dengan sebutan Serdos yaitu salah satu upaya pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Cara tersebut dilakukan dengan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.

Pemerintah turut mewajibkan seluruh dosen untuk melaksanakan sertifikasi sebagaimana tertuang dalam PP No. 37 Tahun 2009 Pasal 2 Tentang Dosen dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang berbunyi:

“Dosen wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan satuan pendidikan tinggi tempat bertugas, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional”.

Keuntungan dan Manfaat Serdos

Dikutip dari situs sevima.com, sertifikasi dosen yang diwajibkan oleh Pemerintah ini memiliki beberapa maksud dan manfaat, yaitu :

1.Pemerintah perlu menilai kelayakan dosen dalam menjalankan tugasnya dengan menilai profesionalisme yang bersangkutan

2. Serdos bermanfaat untuk melindungi profesi dosen yang merupakan agen pembelajaran pada universitas (perguruan tinggi)

3. Meningkatkan proses pembelajaran serta hasil pendidikan

4. Mempercepat realisasi tujuan pendidikan nasional

5. Meningkatkan kesadaran yang bersangkutan (dosen) terkait kewajiban untuk mengutamakan kejujuran serta etika akademik. Dalam hal ini larangan untuk mempraktekkan plagiasi.

Manfaatnya pun terdiri dari beberapa poin sebagai berikut :

1. Meningkatkan mutu kinerja serta kreativitas dosen.

2. Merealisasikan penjamin mutu dosen di tanah air atau quality assurance.

3. Meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di tanah air.

Sejalan dengan isu tersebut, setiap perguruan tinggi pastinya memiliki solusi dengan mengikutsertakan tenaga pendidiknya atau dosen untuk berpartisipasi dalam mengikuti rangkaian proses sertifikasi dan pelatihan, seperti salah satunya yaitu Universitas Negeri Jakarta. Kampus yang berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur ini melibatkan sekitar 6 tenaga pengajar untuk diikutsertakan mengambil program sertifikasi dengan focus marketing hospitality yang dipercayakan kepada lembaga Bina Mutu Bangsa.

Bina Mutu Bangsa jalin kemitraan bersama dengan Universitas Negeri Jakarta dalam program Pelatihan dan Sertifikasi Dosen bidang Marketing Hospitality yang diselenggarakan pada 23-24 November 2020 berlokasi di Gedung Kartini, Universitas Negeri Jakarta.

Service excellence, marketing mix, study case dan masih banyak lainnya adalah materi yang disampaikan serta diadakannya simulasi pelayanan tamu yang didampingi secara langsung oleh instruktur.

Pelatihan dan assessment pada bidang marketing hospitality tersebut juga melibatkan Markplus Institute sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK). Pelatihan dan sertifikasi bidang marketing hospitality oleh dosen UNJ ini diharapkan mampu meningkatkan profesionalitas serta jaminan mutu kinerja mereka.

Terimakasih kepada Universitas Negeri Jakarta yang telah mempercayakan Bina Mutu Bangsa sebagai salah satu mitra pelatihan serta Markplus Institute yang berkenan sebagai tempat uji kompetensi, sehingga acara pelatihan ini dapat terselenggara dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Halo Selamat Datang di Bina Mutu Bangsa! Ada yang bisa kami bantu?^_^
Powered by