PELATIHAN OFFICE BOY

Tingkat Pelayanan dari suatu perusahaan menjadi kesan pertama sebagai tolak ukur keseluruhan service dan manajemen yang akan berdampak kepada citra baik perusahaan tersebut. Pelayanan dengan tata cara yang baik kepada karyawan internal perusahaan, atasan ataupun tamu luar akan mampu meningkatkan kinerja karyawan ataupun kesan terhadap tamu yang datang ke perusahaan tersebut. Oleh karena itu untuk mewujudkan hal tersebut di dalam perusahaan di butuhkan pelayan (Office Boy) yang terampil dalam Bersikap, Tata Krama dan skill yangg memadai.

Kehadiran seorang office boy sangat penting karena seorang office mempunyai tanggung jawab membuat suasana ruangan kerja menjadi lebih nyaman dan bersih. Office boy menjadi pelengkap aset penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.

Profesi office boy secara umum dapat diartikan sebagai profesi pekerjaan dalam sebuah perusahaan yang membantu dan mendukung kebutuhan yang diperlukan oleh karyawan dan staf dalam melaksanaan tugas dan pekerjaan diluar tanggung jawabnya. Ada beberapa tugas yang biasanya dilakukan oleh office boy guna memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh para pegawai yang ada di dalam sebuah kantor seperti ketersediaan makanan dan minuman, kebersihan, dukungan dokumen, dan berbagai bantuan lain di dalamnya.

Secara garis besar tugas dan tanggung jawab seorang office boy berkaitan dengan beberapa hal tergantung perusahaan yang memakai jasanya seperti

  • Ketersediaan makanan dan minuman serta pelayanannya
  • Kebersihan peralatan makan dan minum
  • Kebersihan dan kerapian setiap ruangan
  • Kerapian dokumen surat menyurat

Dengan tugas yang begitu kompleks , seorang office boy perlu mendapatkan pelatihan agar dalam menjalankan tugasnya lebih disiplin, cekatan, ramah, bertanggung jawab, professional dan handal. Oelh karena itu Bina Mutu Bangsa menawarkan rangkaian pelatihan yang telah dikemas dalam beberapa modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Modul pelatihan resepsionis menitikberatkan pada tugas dan tanggung jawab office boy serta penerapan SOP perusahaan dalam menjalan aktifitasnya sehari-hari.

 Materi         Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan
Office Boy  Kesadaran Profesi

Standar pelayanan kebersihan dan kerapihan

Urut-urutan Pelayanan office boy

Praktek / simulasi

Grooming and Greeting

kantor/ruang umum, pantry

Workshop dokumentasi SOP

Praktek   pelayanan  rutin , tata cara menerima telephone , memberikan  pelayanan makan dan minum.